Do You Know, Jumat, 17/10/2014 14:00 WIB

If You're Born Poor, It's Not Your Mistake. If You Die Poor, It's Your Mistake!

Dua momen ini tampaknya membuat dunia cukup takjub. Lalu kemudian dunia diam dan berkata, tidak ada usaha yang sia-sia.
If You're Born Poor, It's Not Your Mistake. If You Die Poor, It's Your Mistake!
Ada beberapa momen penting yang terjadi dalam siklus kehidupan manusia, tak terkecuali para petinggi perusahaan.
Nah, tahu enggak sih, kalau ternyata dua petinggi perusahaan ini juga memiliki momen yang mengharukan dan cukup penting dalam hidupnya.


1. Jan Koum, pendiri WhatsApp


Pada 22 tahun yang lalu, mungkin semesta tak tahu siapa itu Jan Koum. Ia masih bekerja sebagai tukang sapu dan merupakan seorang imigran dari Ukraina, yang kemudian pindah dan menetap di Amerika bersama ibunya. Mereka berdua rela tinggal di apartemen sempit hasil bantuan pemerintah dan harus menggunakan kupon untuk bisa mendapatkan makanan. Sementara ayahnya, memilih untuk tetap di Ukraina dan meneruskan pekerjaannya di bidang konstruksi. Koum remaja pun juga terkendala untuk bisa menghubungi ayahnya karena tak punya uang. Bahkan saat itu ia berandai-andai bahwa ia ingin lebih mudah mengirimkan pesan instan ke ayahnya.

Ia mengawali karir dengan bekerja di Yahoo! tetapi kemudian resign karena tak betah. Ia pun menjadi volunteer di supermarket, toko elektronik, juga bekerja sebagai auditor, kemudian mencoba melamar di Facebook tetapi ditolak mentah-mentah. Namun siapa sangka, beberapa tahun setelahnya, ia berhasil mendirikan perusahaan WhatsApp Inc. di California pada tahun 2009 bersama Alex Fishman dan kemudian melengkapinya dengan fitur pesan instan yang dapat digunakan oleh publik. Pada Februari 2014, saham WhatsApp secara resmi dibeli oleh Facebook, perusahaan yang pernah menolaknya, dengan nilai sekitar Rp 230 triliun.

Saat itu, Koum hampir tak percaya dengan kontrak dan kejadian yang baru saja terjadi. Sebagai bentuk selebrasi, sesaat setelah penandatanganan itu, ia berlari ke tempat di mana dia dulu pernah mengantre makanan jaminan pemerintah bersama ibunya. Ia bersandar di tembok dan masih tak percaya bahwa saat itu hidupnya telah benar-benar berubah. Ternyata, cita-citanya untuk bisa mengirimkan pesan instan kepada ayahnya terjawab sudah.

2. Pidato Bill Gates


Kamu sudah pasti tahu kan kalau Bill Gates seorang drop out yang paling sukses? Ya, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah di Harvard University, salah satu universitas terbaik di dunia. Setelah memutuskan berhenti dari kuliah, ia kemudian menelepon dari asrama ke sebuah perusahaan di Albuquerque yang sedang mulai membuat komputer personal pertama di dunia pada tahun 1975 dan menawarkan software yang ia buat kepada mereka. Sejak itulah, ia memulai perjalanan hidupnya, menjalani jatuh bangun membangun sebuah brand bernama Microsoft. Ia pun dijuluki sebagai drop out yang paling sukses sepanjang sejarah.

Dan siapa sangka, tahun 2007 lalu ia mendapatkan gelar sarjana kehormatan dari Harvard tersebut saat dirinya diundang sebagai pembicara di depan lulusan wisudawan Harvard saat itu. Beberapa kalimat pidatonya yang sangat diingat orang adalah, “Aku sudah menunggu lebih dari 30 tahun untuk mengatakan ini, Ayah. Aku selalu bilang kepadamu bahwa aku akan kembali (ke Harvard) dan mendapatkan gelar." Dari pertemuan itu, hampir seluruh dunia mengingat pesan singkat yang sangat mengena dari pidatonya, "If you're born poor, it's not your mistake. But, if you die poor, it's your mistake."
If You're Born Poor, Its Not Your Mistake. If You Die Poor, Its Your Mistake! _Bill Gates


Jadi, kamu masih diam saja dan meratapi nasib? Perubahan hanya bisa diawali dari diri sendiri, bung! [CN]


Penulis       : Vinia Rizqi
Editor        : Rifki Amelia
Grafis        : Tongki A.W


Tags : jan koum, kisah sukses pendiri whats app, kisah sukses bill gates, pidato bill gates
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
If You're Born Poor, It's Not Your Mistake. If You Die Poor, It's Your Mistake! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png