Do You Know, Selasa, 14/10/2014 09:00 WIB

Wah, di Luar Negeri, Ada 18.764 Lowongan Kerja untuk Difabel! Apa Saja?

Kekurangan bukanlah batasan untuk berkarya. Bukan juga sebagai sebuah pembeda.
Wah, di Luar Negeri, Ada 18.764 Lowongan Kerja untuk Difabel! Apa Saja?
Setiap orang dikaruniai  kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun sayang, terkadang kekurangan justru dijadikan sebagai salah satu 'pembeda' yang menyebabkan adanya kesenjangan antara satu orang dengan orang lainnya.

Warga difabel (different ability) adalah salah satu contohnya. Mereka agaknya masih mengalami diskriminasi, baik di lingkungan sosial, sarana dan prasana publik, bidang pendidikan, maupun pekerjaan. 


Mengutip regional.kompas.com, berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial, Badan Pusat Statistik, jumlah difabel di Indonesia tahun 2009 adalah 2,1 juta dan menyentuh angka 3,84 juta di tahun 2012. Ada kekhawatiran bahwa angka dari Badan Pusat Statistik tersebut belum akurat, mengingat masih terdapat difabel yang disembunyikan oleh keluarganya karena dianggap aib. 


Types of jobs for disabled in foreign country


Nah, berbicara soal karir, belum banyak perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga difabel di Indonesia. Harus diakui bahwa masih banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya agar sehat jasmani maupun rohani.


Padahal, sebenarnya ketidaksempurnaan fisik tidak lantas membuat warga difabel tak bisa melakukan apa-apa. Mereka juga punya kemampuan lho! Bahkan terdapat undang-undang yang melarang diskriminasi terhadap difabel. Contohnya, Undang-undang No. 4 Tahun 1997 yang menyebutkan bahwa dari jumlah 100 karyawan perusahaan, harus ada kuota bagi satu difabel.


Selain itu, ada Peraturan Pemerintah No. 43/1998 tentang upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bagi difabel. Kemudian, ada juga Undang-undang No. 19/2011 tentang Pengesahan Convention on The Rights of Persons with Disabilities.  Sayangnya, peraturan terkait difabel tersebut belum berjalan dengan sempurna di lingkungan negara berkembang seperti Indonesia.


Di sisi lain, meskipun belum menyeluruh, beberapa perusahaan di Indonesia telah memiliki kesadaran untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi difabel, salah satunya PT PLN (Persero). Pun juga yang dilakukan oleh pemerintah yang mengalokasikan sebanyak 300 formasi khusus bagi difabel melalui seleksi CPNS 2014, seperti dilansir oleh news.okezone.com.


Berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, difabel di luar negeri memiliki akses pekerjaan yang lebih luas.  Seperti  dilansir oleh jobaccess.gov.au, difabel memiliki kesempatan untuk bekerja di sektor pertanian, kehutanan, perikanan, transportasi, pos (postal), dan pergudangan. Sedangkan untuk posisi pekerjaan, jobaccess.gov.au menyebutkan bahwa di tahun 2009, difabel bekerja sebagai profesional (19%), juru administrasi (15%), dan teknisi atau di bidang perdagangan (15%). Di sana juga disebutkan, bahwa difabel cenderung untuk berbisnis (13%) atau bekerja di rumah (9%).


Lalu, menurut americanbar.org, difabel juga berkesempatan menjadi pengacara atau advokat melalui program yang ada di American Bar Association (ABA). ABA berkomitmen mewadahi difabel untuk berpartisipasi  penuh dan setara dalam profesi hukum. Keren kan?


Sektor pekerjaan luar negeri banyak rekrut difabel


Tunggu, masih ada lagi! Berdasarkan info dari  laman disabledperson.com, berikut ini adalah sembilan sektor pekerjaan di luar negeri yang paling banyak merekrut difabel.
1. Perbankan  (4.737 lowongan),
2. Transportasi (3.200 lowongan),
3. Teknologi informasi (2.448 lowongan),
4. General business (1.828 lowongan),
5. Sales (1.597 lowongan),
6. Manajemen (1.388 lowongan),
7. Admin/clerical (1.289 lowongan),
8. Engineering (1.169 lowongan),

9. Manufaktur (1.108 lowongan).


Nah, ternyata banyak sektor pekerjaan yang bisa diisi oleh difabel. Mengutip  Scott Hamilton, “the only disability is a bad attitude.So, kekurangan pada jasmani seseorang seharusnya bukan penghalang untuk terus maju menggapai mimpi. Yakinlah bahwa selama ada kemauan, di situ pasti ada jalan!


Setuju? And in this world, there's no impossibilities!  [CN]



Penulis          : Elyzabeth Winda

Editor           : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Fotografer    : Adityo R.D

Tags : lowongan untuk difabel, lingkup kerja difabel, lowongan kerja difabel, lowongan PLN Difabel,
Wah, di Luar Negeri, Ada 18.764 Lowongan Kerja untuk Difabel! Apa Saja? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png