Do You Know, Kamis, 02/10/2014 12:00 WIB

Ini Dia Gelar Akademik Generasi Baby Boomers!

Meski kini telah berganti rupa, beberapa gelar akademik ini masih disandang oleh beberapa orang lho! Apa sajakah gelar tersebut?
Ini Dia Gelar Akademik Generasi Baby Boomers!
Kamu pasti familiar dengan guru bergelar Drs., atau Dra., kan? Sebenarnya, bagaimana nasib gelar tersebut sekarang?
Pada tahun 1993, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melalui Keputusan Mendikbud No. 036/U/1993 terkait dengan Gelar dan Sebutan Lulusan Perguruan Tinggi melakukan perubahan. Gelar-gelar ini tidak lagi dipakai untuk mahasiswa yang menyelesaikan studi setelah tahun 1993. Lalu, gelar peninggalan Belanda apa sajakah yang telah berganti rupa sejak tahun 1993? Simak selengkapnya dikutip dari linkedin.com, ngada.org dan edukasi.kompasiana.com berikut ini ya!


1. Ir. (Insinyur)
Awalnya, gelar akademik ini disandangkan untuk sarjana yang menempuh studi teknik tanpa mempertimbangkan disiplin ilmu seperti dari kehutanan, pertanian, ataupun perikanan. Setelah lulus dan diterima bergabung sebagai anggota Persatuan Insinyur Indonesia, kamu dapat langsung mendapatkan gelar insinyur. Kenapa? Kemudahan ini setimpal dengan masa studi yang cukup lama dan syarat kelulusan yang sulit. Dan lagi, masih sedikit orang yang menekuni bidang ilmu yang kini makin digandrungi.  

Namun, pada tahun 1993 setelah kebijakan baru ditetapkan, lulusan teknik tak lagi bergelar insinyur, tetapi S.T atau Sarjana Teknik. Jurusan lain yang sebelumnya juga menggunakan insinyur menyesuaikan dengan nama jurusan masing-masing.

Gelar ini tak hilang begitu saja. Bagi sarjana teknik yang ingin meraih gelar insinyur dapat mengikuti Program Profesi Insinyur yang diselenggarakan oleh pemerintah, PPI, dan pihak lainnya. Kini, insinyur bukan lagi gelar akademik tetapi sebuah gelar profesi yang akan diberikan bagi sarjana teknik yang telah sukses melewati beragam proses seleksi. Setelah lulus dan bersertifikat, gelar insinyur pun baru bisa disandang.

2. Drs., dan Dra.
Dikutip dari edukasi.kompasiana.com, sekitar tahun 1971, gelar Drs., setara dengan Strata Dua. Salah satu sejarawan Indonesia, Edi Suhardi Ekadjati menyadang gelar Drs., setelah menyelesaikan studi Strata Dua. Tak jauh berbeda dengan Edi, Soe Hok Gie, sekitar tahun 1960-an memperoleh gelar Drs., untuk kuliah sarjananya atau Strata Dua dengan menulis "Orang-orang di Persimpangan Kiri Jalan". Kala itu, Strata Satu setara dengan Sarjana Muda atau Bachelor of Arts.

Seiring dengan perkembangan zaman, gelar ini akhirnya hampir setara dengan Sarjana Strata Satu. Bagi mahasiswa yang berencana menempuh Strata Tiga di luar negeri, ia harus mengantongi gelas magister dari luar negeri terlebih dahulu. Karena, di luar negeri, gelar Drs., dinilai belum setara dengan Strata Dua. Pada akhirnya  gelar ini juga turut diganti karena sudah tak relevan dengan kondisi zaman.

3. BA (Bachelor of Arts)
Dulu, gelar ini diberikan kepada mahasiswa yang setara dengan lulusan diploma saat ini. Masa kuliah ditempuh selama dua sampai tiga tahun dan dapat digunakan untuk mendaftar posisi penting di pemerintahan.
 
Jauh berbeda dengan kondisi saat ini, sedikitnya jumlah orang yang bersekolah menjadi faktor pendukung tingginya minat terhadap lulusan BA atau sarjana muda. Lulusan BA dan Drs., dapat bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan jalan yang lebih mudah.  

Jika kamu bertemu dengan orang yang menyadang ketiga gelar ini, jangan ragu untuk saling berbagi cerita!

Semoga studimu lancar ya! [CN]


Penulis         : Dewi Ayu N
Editor          : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis          : Tongki A.W.
  Tags : transformasi gelar akademik, Drs, Dra., Bachelor Arts, gelar akademik tiga generasi
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Ini Dia Gelar Akademik Generasi Baby Boomers! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png