Do You Know, Senin, 01/09/2014 16:00 WIB

Kalau Kamu Melakukannya, Berarti Kamu Produktif!

Lima hal di bawah ini menandakan kamu termasuk orang yang produktif!
Kalau Kamu Melakukannya, Berarti Kamu Produktif!
Pernakah kamu menghitung berapa banyak waktumu terbuang sia-sia dalam sehari?  Bisa saja kebiasaan mengecek email dan ‘say hello’ berkepanjangan dengan kolega termasuk dalam aktivitas tak produktif di kantor, lho. Kebiasaaan ini seringkali dipicu karena tingginya beban kerja, rasa bosan, hingga stres yang mendera.
Refreshing memang dibutuhkan tetapi jangan sampai mengurangi waktu produktif. Stres hilang, beban baru juga datang. Pengelolaan stres yang salah tak akan menyelesaikan tugas yang menumpuk. Lalu, kebiasaan apa saja yang dapat mengurangi waktu produktifmu? Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips selengkapnya, dikutip dari smallbiztrends.com dan hasil wawancara dengan Sri Muliati Abdullah, Senior Assessor ECC UGM berikut ini!


1. Email
Mengecek email yang berhubungan dengan pekerjaan tentu bukan masalah. Namun, jika email yang masuk ternyata promo tiket pesawat murah, waktu produktifmu tentu tersita untuk hal yang tak perlu. Dalam sehari mungkin hanya beberapa menit saja tetapi jika diakumulasikan dalam sebulan, berapa banyak waktu yang terbuang?

Menurut Lia, sapaan akrabnya, hal ini sering terjadi karena seseorang terbiasa mencampur antara email kantor dengan email pribadi. Jadi saat bekerja pun kamu akan membuka email yang masuk ke akun pribadi karena berpikir email tersebut dari klien. Solusinya, pisahkan antara email kantor dan email pribadi. Tak memakai akun kantor untuk belanja online merupakan salah satu langkah tepat agar terhindar dari email yang berisi promo.   

2. Internet Browsing
Kebutuhan manusia akan informasi memang sulit dibendung, tak terkecuali saat bekerja. Saat rasa bosan datang, internet pun menjadi pelarian sesat untuk membunuh jenuh. Namun, bukankah surfing koleksi terbaru tas branded bukanlah termasuk dalam pekerjaan?

Dikutip dari penelitian OfficeTime.Net, disebutkan bahwa delapan dari sepuluh orang  menghabiskan waktu dua jam dalam sehari untuk surfing internet. Kamu tak harus meninggalkan kebiasaan ini lho agar dapat lebih produktif. Caranya?Coba surfing informasi seputar pekerjaan. Dijamin kamu akan makin kaya dengan informasi seputar karirmu tanpa merasa jenuh!  

3. Watching Television
Di beberapa tempat pelayanan publik, disediakan televisi sebagai media refreshing para pengunjung yang tengah antre. Namun, sayangnya tak sedikit pegawai yang mencuri-curi waktu untuk update kasus percerian artis nasional.

Penyediaan televisi ini belum tentu salah sasaran tetapi kesadaran si pegawailah yang dibutuhkan. Selalu ingat target yang menumpuk dan agenda yang harus dipenuhi. Jika kesadaaran ini ada, mana sempat kamu bergosip?

4. Procrastination
Orang terbiasa menunda karena tahu besok masih ada kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kebiasaan ini akan menuntut kamu lebih fokus hanya pada detik-detik terakhir, seperti misalnya hanya dapat berpikir dalam kondisi terdesak.

Kamu tak sendiri lho! Ada banyak orang yang lebih suka menunda daripada mengerjakan pekerjaan dengan segera. Jika kamu berencana menunda pekerjaan, pastikan bahwa setidaknya separuh dari pekerjaanmu sudah selesai.

Buat tahap-tahapan yang harus kamu lalui. Misalnya ada pekerjaan menulis laporan, kamu harus memikirkan apa judul laporan, sumber atau bahan laporan (buku atau wawancara), sampai pada tahap penyelesaian.

5. Meetings
Berapa kali kamu meeting dalam sehari? Dua atau tiga kali meeting dalam sehari  tentu akan banyak menyita waktu produktifmu. Saat satu meeting selesai, kamu harus mengikuti meeting yang lain. Tujuh dari sepuluh responden menghabiskan dua jam waktunya untuk meeting setiap harinya. Lalu, apakah meeting dapat menjamin bahwa kamu dapat segera melaksanakan instruksi si bos?

Prioritaskan setiap instruksi yang ada agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaan yang mendesak. Sisipkan setiap hasil meeting pada agenda pekerjaanmu agar tidak ada satu instruksipun yang ‘tercecer’. Kerjakan yang paling mendesak agar waktu yang tersisa dapat dialokasikan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Cara paling ampuh untuk melawan kebiasaan buang-buang waktu adalah kesadaran akan pentingnya waktu. Buat prioritas dan agenda untuk waktumu yang berharga. Saat mengalami stres atau bosan, kamu harus memiliki manajemen refreshing yang tepat. Menyeduh kopi favorit ataupun menyemprotkan parfum aroma stroberi dapat membantumu menghilangkan stres.

Kata Benjamin Franklin, ‘time is money’. Jadi apakah kamu masih ingin membuang uangmu dengan sia-sia? [CN]


Penulis       : Dewi Ayu Nurjanah
Editor        : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis        : Ben 'shoot' Dani
   

Tags : tip jadi produktif, cara menjadi produktif, menjadi orang sukses
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Kalau Kamu Melakukannya, Berarti Kamu Produktif! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png