Do You Know, Jumat, 13/12/2013 13:00 WIB

10 Kebiasaan Seorang Optimis

Hal apa saja yan bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang yang optimis?
10 Kebiasaan Seorang Optimis
Bagaimana selama ini Anda memaknai optimisme? Optimis sendiri biasa dimaknai dengan selalu berpandangan baik atau positif terhadap segala hal. Sikap optimis juga ternyata berimbas pada kesehatan jantung, kecenderungan manajemen stres yang lebih baik, dan risiko yang lebih rendah untuk terserang stroke.
Terbukti, menjadi pribadi optimis akan menuai lebih banyak keuntungan untuk jiwa dan raga. Apakah Anda juga termasuk pribadi yang optimis? Mari simak 10 kebiasaan optimis menurut David Mezzapelle, penulis Contagious Optimism, dikutip dari Huffingtonpost.com:
1.    Banyak Terima Kasih
Berterima kasih dan bersyukur terhadap hal baik yang Anda peroleh akan membuat Anda merasa bahagia. Kegagalan pun harus tetap disyukuri karena itu membuat Anda lebih bijak, memberi kekuatan, dan mengajarkan ketekunan.

2.    Berbagi Cerita
Setiap orang dapat menjadi optimis hanya dengan berbagi cerita tentang kesuksesan maupun kegagalannya. Dari cerita tersebut, Anda sudah menebarkan harapan kepada orang lain yang menjadi kunci utama optimisme.

3.    Memberi Maaf
Memaafkan kesalahan orang lain akan membantu Anda mengambil hikmah dan segera bergerak dari masa lalu. Bila Anda mampu memaafkan, Anda akan menjalani kehidupan yang lebih positif dan bahagia.

4.    Menjadi Pendengar yang Baik
Dengan mendengarkan orang lain, Anda membuka diri untuk pengetahuan baru sekaligus menunjukkan kepercayaan diri dan rasa hormat. Pengetahuan dan kepercayaan diri adalah bukti bahwa Anda merasa positif dengan diri sendiri sehingga mampu menebarkan energi positif.

5.    Mengubah Iri Jadi Energi
Merasa iri akan kelebihan orang lain hanya akan menyakiti diri Anda. Ubahlah perasaan iri menjadi katalisator bagi Anda untuk meraih prestasi. Pusatkan energi untuk membangun kepribadian dan profesionalitas.

6.    Murah Senyum
Senyum mampu menciptakan kegembiraan dan memberikan pengaruh yang sama kepada lingkungan sekitar. Anda juga lebih banyak menghasilkan hormon serotonin yang membawa kebahagiaan. Hari terberat pun jadi mudah Anda atasi.

7.    Olahraga, Makan Sehat, dan Vitamin D
Energi dari olahraga, makanan sehat, dan paparan vitamin D dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan memiliki sikap positif. Bila tak sempat olahraga, Anda bisa gunakan tangga di kantor. Menikmati sinar matahari pagi selama 15 menit pun sudah cukup membuat Anda lebih baik.

8.    Berpikir Positif
Selalu bayangkan hasil terbaik dari setiap aktivitas yang Anda jalani. Percayalah bahwa apa yang Anda lakukan adalah pilihan terbaik dan akan berdampak baik pula bagi Anda.

9.    Berhenti Menyalahkan Orang Lain
Begitu mudahnya menyalahkan pihak lain atas banyak hal, misalnya kondisi ekonomi, pemerintah, atasan, dan sebagainya. Yakinlah bahwa Anda pemegang kendali hidup Anda. Dengan demikian, sukses akan lebih mudah untuk Anda raih.

10.    Kegagalan Bukan Cerminan Masa Depan
Hanya karena Anda pernah mengalami kesulitan, bukan berarti semuanya akan berakhir buruk. Yakinlah bahwa petunjuk akan selalu ada dan jalan masa depan Anda masih terbentang luas.

Yuk, biasakan untuk lebih optimis mulai hari ini! [CN/RFK/VIN/CRTV] ^^

Tags : ciri orang optimis, kebiasaan seorang optimis, personal development ecc ugm
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
10 Kebiasaan Seorang Optimis | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png