Do You Know, Jumat, 19/07/2013 11:25 WIB

Lapar Bikin Ceroboh

Tahukah Anda bahwa ternyata rasa lapar dan kecerobohan memiliki korelasi yang cukup erat. Bagaimana bisa demikian? Penasaran? Nah, kita simak ulasan berikut yuk.
Lapar Bikin Ceroboh
Tahukah Anda bahwa ternyata rasa lapar dan kecerobohan memiliki korelasi yang cukup erat. Bagaimana bisa demikian? Penasaran? Nah, kita simak ulasan berikut yuk.
Berdasarkan artikel yang dikutip dari intisari-online.com, pada penelitian baru-baru ini, orang yang membuat keputusan saat lapar cenderung memilih cara yang lebih berisiko. Para peneliti juga mengklaim bahwa kelaparan menggeser pola pikir seseorang ketika memutuskan sesuatu. Begitu banyak keputusan akhirnya diambil secara refleks dan ceroboh.

Di samping itu, sumber lain memberikan ilustrasi, predator juga cenderung mengambil risiko untuk mengejar mangsa yang lebih berbahaya saat mereka lapar. Para ilmuwan dari Max Planck Institute of Neurobiology di Martinsried, Jerman, menguji teori bahwa sel syaraf tertentu yang memengaruhi pengambilan keputusan dapat diaktifkan dan dinonaktifkan dengan berbagai tingkatan lapar.

Rasa lapar ternyata bisa mengubah pengambilan keputusan antara bagian-bagian otak yang berbeda pada predator. Refleks fight-or-flight alami yang terjadi pada hewan jadi berubah. Refleks tersebut adalah reaksi fisiologis yang terjadi sebagai respons atas bahaya, serangan, atau ancaman kelangsungan hidup.

Pilihannya adalah berjuang (fight) atau melarikan diri (flight). Predator cenderung mengambil risiko menangkap mangsa berbahaya ketika sedang kelaparan dibanding ketika kenyang. Sebuah percobaan pada manusia juga menunjukkan hasil serupa, yakni orang cenderung mengambil risiko keuangan ketika belum makan.

Begitu juga halnya pada manusia sehingga tentunya harus dapat menghindari lapar berlebihan. Seperti dilansir pada detik.com, Anda dapat menghindari lapar dengan menyeduh secangkir teh hitam atau hijau. "Teh hijau bisa meredam rasa lapar sehingga Anda bisa melakukan keputusan rasional," tutur The Nutrition Twins, Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames, penulis The Secret to Skinny.

Pun begitu dengan teh hitam yang dapat membantu tubuh kembali seimbang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychopharmacology menemukan bahwa partisipan yang rutin minum teh hitam mempunyai kadar cortisol pasca stres menurun hingga 47% dan efek rileks lebih terlihat. Secangkir teh hitam mengandung asam amino theanine yang menghasilkan efek rileks. Kandungan dalam teh hitam juga bisa meningkatkan kadar hormon dopamine. Selain memperbaiki suasana, produksi hormon tersebut membuat tubuh kembali berenergi.

Nah, jangan sampai lapar mengganggu kinerja Anda ya! [CN/OCH/CRTV] ^^

Tags : lapar dan ceroboh, lapar bikin ceroboh, cara menguruskan badan alami, tip ECC UGM, kasus kelaparan
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 08/11/2017 15:00 WIB Kini Kamu Bisa Ungkap Kepribadianmu Melalui Gadget!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Senin, 09/10/2017 15:00 WIB Nah, Ini Dia 'Momok' Bagi Mimin Medsos!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Rabu, 14/06/2017 15:00 WIB Mau Kerja di IKEA? Pahami Budaya Perusahaannya
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 08/06/2017 00:00 WIB Dari Fashion Hingga Sayur Mayur, Ini Potret Start Up 2017
Lapar Bikin Ceroboh | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png