Do You Know, Selasa, 12/04/2016 09:20 WIB

Bahaya Bekerja dari Atas Tempat Tidur

Kamu workaholic? Suka bawa pekerjaan kantor hingga ke tempat tidur?
Bahaya Bekerja dari Atas Tempat Tidur
Dilansir dari kompas.com, ternyata bekerja di atas tempat tidur mampu menurunkan kualitas tempat tidur dan kualitas tidur kita, lho! Wah, bagaimana bisa ya?

Menurut Timothy Purnomo dari Sleep Center, "Dari skala 100 persen, alas tidur mendominasi sampai 50 persen, sedangkan sisanya lagi bisa macam-macam pengaruhnya. Sebagai contoh, atmosfer tingkat kebisingan, suasana hati, atau partner tidur mendengkur," jelasnya.

Dari perbandingan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa alas tidur, baik matras, kasur, atau spring bed, memiliki peranan besar dalam menentukan kualitas tidur seseorang. Ia mencontohkan ada suatu kasus di mana seseorang mengeluh sakit pinggang karena kasur yang tidak nyaman. Bahkan, keluhan tersebut terjadi hingga empat kali. Setelah diteliti ternyata penyebabnya dikarenakan kebiasaan orang tersebut yang sering bekerja di atas tempat tidur.

Berkenaan dengan buruknya kualitas alas tidur, menurut dr Niken Widiarini yang dikutip dari suaramerdeka.com, alas tidur yang buruk dapat berimbas pada posisi tidur yang salah. "Banyak orang yang merasa sakit setelah bangun tidur. Ada pula yang tidak dapat tidur dengan nyenyak sehingga terpaksa terbangun dengan nyeri leher dan punggung karena kesalahan posisi tidur," jelasnya. Ditambah kenyataan bahwa kelainan tulang belakang ternyata dapat mengganggu fungsi syaraf pada tubuh dan bisa berakibat pada kegagalan fungsi organ kekebalan tubuh.

Kembali pada Timothy, Ia menyarankan agar penggunaan ruang dikembalikan pada fungsi awalnya. Bila terpaksa bekerja di rumah, maka usahakan agar melakukan pekerjaan tersebut di ruang kerja. Atau jika tidak memiliki ruang kerja setidaknya lakukanlah pada tempat duduk yang memiliki meja. Jika kamu tetap kekeuh untuk menggarap pekerjaan di ruang tidur, maka tak ada salahnya untuk membuat meja kerja di salah satu sudut ruang tidurmu. "Kalau selalu menghabiskan waktu di atas tempat tidur, lama-lama fungsi ruangnya juga berubah. Kalau berubah, maka pola tidur yang berujung pada kualitas tidur pun kemungkinan bisa berubah," ujarnya.

Jika kamu termasuk orang yang sering melakukan kebiasaan tersebut ada baiknya mulai ditinggalkan dari sekarang dan ubahlah hidupmu jadi lebih sehat. Tetap semangat beraktivitas dan jangan lupa hidup sehat ya! [CN/OCH/AGG]


Tags : Do You Know, bekerja dari kasur, bahaya bekerja di kasur,
Bahaya Bekerja dari Atas Tempat Tidur | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png