Jobseeker / workplace, Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB

Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!

Mengaku kreatif, dinamis, dan ingin menggeluti dunia iklan? Mereka siap menampung passion besarmu di bidang ini!


Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Sampai saat ini, perkembangan dunia iklan yang sangat pesat telah memanggil para generasi penerus untuk berkarya. Apakah salah satunya itu kamu?

Terdapat sebuah ide kunci yang bisa kamu gunakan untuk bias lancar jaya diterima bekerja di agensi periklanan. Ide tersebut adalah bagaimana kamu bisa menunjukkan pada perusahaan bahwa kamu berkualitas dan siap bekerja di bidang ini.


Buat kamu lulusan baru

Menurut Kiki, lulusan baru yang ingin melamar ke bidang iklan sangat wajib untuk terus beride. “Implementasikan idemu ke dalam bentuk apapun dan buat orang lain bisa melihatnya,” ujarnya. Kalau idenya bagus, kamu bisa juga mengikuti ajang kompetisi. Syukur-syukur kamu bisa menang dan tentu saja prestasi ini bisa menjadi portofolio untukmu melamar kerja di perusahaan iklan.

Bagaimana menemukan ide yang menarik untuk dijadikan sebuah iklan? Kiki mengungkapkan bahwa salah satu cara menemukan ide iklan menarik adalah mencari referensi-referensi iklan dari luar negeri. “Lihat bagaimana cara mereka menerjemahkan masalah menjadi sebuah ide iklan,” ujarnya. Dari sini kamu bisa mulai membuat sebuah karya-karya. Sederhana saja dulu yang penting orang paham tentang pesanmu. Hal ini mungkin saja bisa kamu lakukan sebelum lulus kuliah. Jadi kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk membuat portfolio serta memperluas jaringan komunikasi dengan sesama pegiat iklan.

Memiliki portofolio dan kualitas kerja yang bagus juga memberi kamu kesempatan besar menjadi seorang freelance. “Kalau udah bagus pasti deh dicari buat jadi freelance,” ujar Kiki. Jadi, kamu tetap bisa bekerja di bidang iklan tanpa terikat dengan hanya satu perusahaan dan pekerjaan.


Harus aktif dan inisiatif

Sebelum memasuki dunia iklan, kamu juga harus jadi orang yang lebih aktif dan inisiatif. Banyak ngobrol dengan orang dan ikuti magang untuk mendongkrak kemampuanmu di bidang iklan. “Kalau sudah magang, jadilah orang yang inisiatif. Jangan cuma di depan meja kerja. Kalau ada kualitas kerja yang jelek saat magang, orang lebih bisa memaklumi mereka yang guyub daripada mereka yang tidak bergaul sama sekali dengan lingkungannya,” terang Krishna.

Banyak lho yang dapat kerjaan karena magang. So, jangan lewatkan kesempatanmu untuk magang di agensi iklan ya. Dari sini kamu bisa menunjukkan bagaimana kualitas kerjamu pada perusahaan. Siapa tahu kamu bisa mendapat bahan skripsi dari magangmu. Selain itu, dengan magang kamu jadi punya banyak kenalan di industri ini. Mereka bisa kamu kontak lagi jika kamu ingin mendapatkan info terkait lowongan pekerjaan. Sekali mendayung banyak pulau bisa kamu lewati kan.

Di sisi lain, ada pula perusahaan iklan yang lebih suka mengambil SDM yang mereka tahu sudah bisa dan berpengalaman di bidang iklan untuk diangkat menjadi karyawan perusahaannya. Krishna Adhi Nugroho, Creative Group Head Srengenge menyatakan bahwa seringkali SDM yang sudah berpengalaman juga akan diperhitungkan untuk diangkat menjadi karyawan, dibandingkan dengan yang belum berpengalaman sama sekali. Hal tersebut berbanding lurus dengan pernyataan Kiki Lumaela, Senior Copywriter BBDO. Kiki mengatakan bahwa kebutuhan SDM di dunia iklan juga sangatlah besar. Sayangnya, regerasi menjadi lambat karena SDM yang benar-benar siap untuk mengisi posisi di dunia periklanan masih sedikit.

Meskipun demikian, kamu yang ingin berkiprah di industri ini, saatnya kamu beraksi dari sekarang. Tunjukkan idemu melalui karya, perbanyak jaringan pertemanan, perluas referensimu, dan mulailah membuat lamaran yang menarik. Yuk kita mulai! [careernews.id]

 


Penulis    : Rita Pamilia

Editor     : Vinia R. Prima

Grafis      : Tongki A.W

 

 

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png