Workplace, Senin, 24/09/2018 10:00 WIB

Kerja di Dunia Iklan Tawarkan Pengalaman Spesial

Pengalaman yang kamu dapatkn jika kamu berkarya di industri ini bisa jadi tak akan kamu temukan di tempat lain. Seperti apa sih?
Kerja di Dunia Iklan Tawarkan Pengalaman Spesial
Dunia iklan adalah salah satu industri yang tidak ada matinya. Lihat saja bagaimana konsep iklan saat ini berkembang demikian pesat.

Penggunaan teknologi sangat berperan aktif dalam kejayaan industri ini. Kesuksesan industri iklan didukung oleh mereka para seniman iklan yang dituntut untuk selalu kreatif dan menciptakan ide-ide baru setiap harinya.


Banyak pengalaman yang tak ditemui di tempat lain

Meski tuntutannya tinggi untuk menciptakan karya berkualitas, industri iklan selalu menawarkan hal menyenangkan dan menarik bagi para pekerjanya. Kiki Lumaela, Senior Copywriter BBDO, misalnya. Menurutnya, bekerja di industri periklanan membuat dia memiliki banyak pengalaman yang mungkin tak dia temui di bidang kerja lain.

Salah satunya adalah dia bisa pergi ke mana saja, ke tempat di mana tidak pernah dia duga sebelumnya. “Pernah suatu saat syuting untuk produksi iklan pestisida, lokasinya di daerah Karawang, aku sampai harus masuk ke sawah, jeblok-jeblok,” kenangnya sambil tertawa. Tidak hanya lokal, kalau produknya harus syuting di luar negeri pun dia punya kemungkinan akan ikut. Bisa sekalian jalan-jalan ya. Sutradara iklan ternyata tidak hanya di level lokal lho. Kalau memungkinkan dan ada kebutuhan, sebuah agensi bisa menggandeng sutradara luar negeri untuk menggarap sebuah produksi iklan.

Selain pengalaman di atas, Kiki juga memiliki pengalaman unik setiap harinya. Yakni dia merasa selalu harus memasang kuping kemanapun ia pergi dan berinteraksi dengan sekitarnya. “Kalau nongkrong dan denger cerita dari siapa saja aku selalu pasang kuping, aku bisa ambil pengalaman orang itu untuk bahan iklan. Bahkan, aku pernah lho bikin iklan dari pengalamanku atau temanku sehari-hari,” jelas gadis berkacamata ini.


Suka duka berkiprah di dunia iklan

Ada banyak pengalaman seru dan juga duka yang bisa dialami oleh seorang seniman iklan. Marselinus Krishna Adhi Nugroho, Creative Group Head Srengenge misalnya. Ia merasa bekerja di industri ini membuatnya memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Jam kerja didasarkan pada kapan ia bisa menyelesaikan deadline. Lembur sudah menjadi makanan sehari-hari. “Kadang dicariin customer juga pas di rumah, pokoknya customer nggak mau tahu kita baru apa,” ujar Krishna sambil tertawa.

Kelelahan bekerja bisa terbayarkan dengan tuntas ketika karyanya bisa dilihat bahkan menginspirasi orang lain. “Kalau lihat iklan kita, kita bisa bilang kalau karya ini aku lho yang bikin,” ujar Krishna.

Senada dengan Krishna, menurut Kiki bekerja di industri iklan membuatnya menjadi individu yang selalu dituntut untuk menghasilkan ide-ide gila. “Dunia ini membuat aku harus terus belajar, ketemu dengan banyak orang yang sama-sama kreatif, dan ketemu dengan orang yang berbeda-beda setiap harinya. Dari situ aku banyak belajar,” terangnya.

Untuk bisa bertahan di industri ini, keinginan untuk selalu belajar bukan lagi jadi kebutuhan. Tapi menjadi passion. Dirimu harus selalu haus untuk mencari ide-ide segar dari mana dan dari siapa saja. Selain hardskill sesuai posisi kerja, kamu juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam teamworking dan berkomunikasi. Dan tentu saja, kamu harus terbiasa melihat sebuah permasalahan dari sisi yang mungkin orang lain tidak bisa melihatnya. Kreativitas sangatlah dibutuhkan di sini.


Cara biar jadi kreatif

Namanya saja industri kreatif, dunia iklan tentu saja bisa bertahan hidup ketika produk yang dihasilkan memiliki nilai kreativitas yang bisa diterima oleh audiens. Karya ini tentu hadir dari manusia-manusia yang berkecimpung di dalamnya. So, gimana sih caranya jadi orang yang kreatif?

Menurut Kiki, hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memiliki pemikiran kreatif adalah peka terhadap lingkungan. Jangan malu untuk mengekspresikan diri. Menurutnya kreativitas bisa dilatih ketika kita bisa kreatif tidak hanya di bidang pekerjaan, tapi di semua bidang. “Gali terus bakat yang kita punya dan tunjukkan apa yang bisa kita lakukan,” ujarnya. Krishna menambahkan bahwa kreativitas bisa muncul ketika kita terbiasa untuk memiliki banyak ide. “Jangan puas untuk mencari jalan keluar, cari teman sebanyak-banyaknya. Mereka bisa memberikan banyak ide pada kita,” paparnya.

Nah, sejauh ini kamu sudah memiliki informasi tentang suka duka dan menariknya bekerja di industri iklan, serta kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja di sini. Sudah siap untuk melamar dong. Lalu, di mana sih biasanya agensi iklan memasang lowongan kerjanya? Nantikan di artikel selanjutnya ya. [careernews.id]

 

Penulis  : Rita Pamilia

Editor   : Vinia R. Prima

 

 

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Kerja di Dunia Iklan Tawarkan Pengalaman Spesial | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png