Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Jumat, 14/09/2018 17:07 WIB

3 Tips Ini Dapat Menjawab Dilema Lulusan Baru dalam Mencari Pekerjaan

Berikut adalah tip untuk kamu para jobseeker yang sedang berjuang untuk mendapatkan karya

3 Tips Ini Dapat Menjawab Dilema Lulusan Baru dalam Mencari Pekerjaan
Adanya ketidaksesuaian antara latar belakang studi dengan pekerjaan yang ditekuni bukanlah fenomena yang baru. Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, mengatakan kepada Detik Finance bahwa pertumbuhan angkatan kerja baru rata-rata sekitar 2 juta orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 37% angkatan kerja yang bekerja sesuai dengan jurusan pendidikan yang ditekuni. Artinya sebanyak 63% orang Indonesia bekerja tidak sesuai dengan jurusannya. Angka yang cukup besar, bukan? 

Ternyata, latar belakang pendidikan bukan satu-satunya menjadi pertimbangan dalam menentukan pekerjaan apa yang akan ditekuni. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan antara lain: passion, lokasi dan suasana kantor, budaya perusahaan, fasilitas dan kompensasi baik secara finansial maupun nonfinansial, hingga baju yang akan dipakai sehari-hari. Sebagai lulusan baru, penting buat kamu untuk merencanakan dengan tepat kehidupan setelah kuliah yang akan kamu jalani. Perhatikan tips berikut ini supaya kamu mendapatkan informasi tentang memilih tempat bekerja yang sesuai dengan kepribadian kamu.

1. Kenali dirimu dengan baik

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi masih banyak orang yang kurang memahami hal-hal tersebut. Padahal, semakin dalam kamu memahami diri sendiri, maka akan semakin mudah kamu mengembangkan potensi yang kamu miliki untuk meraih kesuksesan. Ada beberapa alat tes kepribadian yang ada di internet seperti www.tonyrobbins.com/disc/ dan www.16personalities.com yang dapat membantu kamu untuk memahami pekerjaan yang ideal, preferensi karir yang cocok, dan kemampuan apa saja yang harus ditingkatkan.

2. Cari tempat bekerja yang sesuai dengan kepribadian kamu

Bekerja di suatu tempat dengan kriteria yang sangat cocok dengan kepribadian kamu tentunya akan nyaman dan menyenangkan. Bukan hanya karena apa yang dikerjakan sesuai dengan minat dan kepribadian kamu, tetapi juga lingkungan kerja dan kolega yang mendukung. Kesesuaian itu pula yang akan membuat kamu lebih mencintai tempat bekerja kamu sehingga kamu bisa bekerja lebih giat dan meningkatkan rasa tanggung jawab. Apakah kamu tipe pribadi yang formal atau kasual, fleksibel atau terstuktur, suka bekerja di korporasi atau startup, hingga lebih suka bekerja secara individu atau dalam tim. Faktor-faktor di atas dapat membantu kamu dalam mempertimbangkan tempat bekerja seperti apa yang sesuai dengan kepribadianmu.

3. Lakukan riset tentang perusahaan yang kamu minati!

Dengan kemudahan untuk berbagi informasi, banyak perusahaan yang “memamerkan” fasilitas yang mereka tawarkan di situs resmi atau akun sosial media mereka. Melalui LinkedIn, kamu dapat mengenali bagaimana budaya yang diterapkan pada perusahaan tersebut, bagaimana pakaian yang dipakai sehari-hari, fasilitas apa saja yang mereka tawarkan, dan apakah visi-misi perusahaan tersebut sejalan dengan visi-misi pribadi kamu. Cocokkan dengan hasil tes kepribadian yang sebelumnya telah kamu lakukan; bila kamu merasa dirimu orang yang fleksibel dan memiliki agility yang tinggi, pastikan kamu memilih perusahaan dengan budaya yang dinamis dan dapat memberikan kebebasan serta mengakomodasi kamu dalam mengekspresikan ide dan kreativitasmu. Bila kamu merasa dirimu lebih nyaman bekerja di tengah budaya yang formal dan terstruktur, pastikan kamu memilih perusahaan yang sudah menyediakan standar dan prosedur bagi karyawannya.

Nah, setelah membaca tips di atas, semoga kamu sudah siap ya untuk menentukan kemana kamu akan melamar kerja setelah lulus nanti. Kunci utamanya adalah jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan. Bila salah memilih, kedepannya mungkin kamu akan merasa tidak nyaman dan ingin resign dalam waktu dekat. 

Sebagai salah satu perusahaan multinasional, Danone Indonesia sangat mengedepankan fleksibilitas, kebebasan dalam berpendapat, memberikan kesempatan kamu untuk berinovasi, dan berkontribusi pada kegiatan sosial dan kelestarian lingkungan. Bila kamu merasa bahwa Danone adalah perusahaan yang cocok dengan kepribadian, visi-misi hidup, dan passion-mu, bergabunglah dengan kami melalui program Management Trainee STAR 2019 dengan mengunjungi bit.ly/MTSTAR2019. Untuk menulusuri tentang bagaimana kehidupan dan budaya kerja di Danone, kamu dapat mengunjungi situs resmi kami www.dancommunity.co.id dan mengikuti akun-akun sosial media resmi Danone di @DancommunityID. Semoga sukses!



Content by Danone Indonesia

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
3 Tips Ini Dapat Menjawab Dilema Lulusan Baru dalam Mencari Pekerjaan | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png