Jobseeker / workplace, Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB

Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!

Gagal maning, gagal maning! Cuma kurang satu tahap lagi, selalu gagal terus dapat kerja! Kira-kira apa ya penyebabnya? 
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!


Kedengarannya sepele, namun kadang kamu abai terhadap hal kecil yang berakibat fatal untuk masa depanmu. Kira-kira apa saja ya, hal sepele yang bisa gagalkan prosesi wawancara kerjamu? Pernah mengalaminya? 



Serangkaian proses rekrutmen tak akan paripurna tanpa tahapan wawancara. Di tahap ini akan ‘dipindai’, dan bertemu perusahaan secara langsung kamu. Maka tahap yang sangat penting ini harus dijalani jobseeker dengan baik. 

Kalau sudah berkali-kali melaksanakan interview kerja dengan baik namun tak kunjung mendapat lampu hijau dari perusahaan, apa masalahnya ya? Salah satu Psikolog ECC UGM, Ria Aprilia Ariestiani, M. Psi menyebutkan beberapa poin di bawah ini bisa saja menjadi alasan kegagalan kamu saat interview kerja. Apa saja ya? 

1. Kurang Teliti Dengan Informasi Rekrutmen 

Hal sepele yang sering dilewatkan jobseeker setelah mendapat notifikasi undangan wawancara kerja adalah membaca, dan memahami isi pesan. “Ada kasus jobseeker datang tidak pada waktu dan tempat yang sesuai pada undangan wawancara. Datang ke Kantor ECC, padahal lokasi wawancaranya bukan di ECC, “ tutur Ria. 

Hal tersebut tentu saja sangat fatal dan menggagalkan kesempatan untuk masuk ke perusahaan yang diinginkan. “Sayang sekali karena enggak baca teliti, kesempatan kita masuk ke perusahaan besar, hangus, “ ungkapnya. 

2. Telat Datang

Tidak datang tepat waktu menyebabkan perusahaan berpikir bahwa kamu bukan orang yang disiplin. “Kalau sudah dijadwalkan jam 8, seharusnya kamu harus sudah tiba di lokasi sebelum jam 8, “ tegas Ria. 

Hal ini menjadi salah satu penilaian perusahaan terhadap kepribadianmu. “Meski nantinya bakal ada antrian saat wawancara, tapi komitmen tepat waktu ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan proses wawancaramu, “ kata Ria. 

3. Pakaian Enggak Rapi

“Ketika penampilanmu tidak rapi, perusahaan akan menilai kamu sebagai orang yang belum siap bekerja, “ tambahnya. Ini juga bisa jadi catatan buruk yang disematkan oleh interviewer kepada kamu.

 “Yang penting dalam wawancara adalah kesan, ketika pakaian tidak rapi maka kesan yang ditimbulkan adalah buruk, “ Ria menuturkan. 

4. Gawai Tak di-Silent Mode

Keadaan gawai yang tidak diubah ke silent mode akan mempengaruhi konsentrasi, baik konsentrasimu maupun interviewer. Terkadang gawai sudah kita ubah ke mode senyap namun ternyata suara dari getaran masih bisa dirasakan. Ini biasanya menimbulkan keinginan untuk segera melihat, padahal mungkin bukan pesan yang penting untuk segera dibaca. 

Kemudian jangan lupa untuk memberitahu orang terdekatmu bahwa hari itu adalah hari spesialmu untuk menjalani job interview, sehingga mereka paham akan waktu berhargamu ini. “Antisipasi dengan mematikan ponselmu. Toh, proses interview itu enggak lama kok, kurang lebih 20 menit saja, “ kata Ria. 

Enggak mau kan 20 menit berhargamu rusak gara-gara keganggu suara gawai?

5. Kurang Bijak Memilik Agen Perjalanan

Ini berlaku bagi kamu yang menjalani interview di luar kota. Tentunya memperhitungkan waktu dan jarak menjadi hal terpenting. Maka, pilihlah agen perjalanan yang terpercaya. Bikin perencanan jauh hari. Googling dulu lokasi wawancaranya, pilih transportasi yang paling pas untuk menuju kesana. Baca review tentang agen perjalanan yang kamu pilih. “Kalau punya budget lebih, kamu bisa datang H-1 untuk cek lokasi, tapi kalau dananya terbatas harus pintar menyiasati supaya datang ontime, “ tip dari Ria. 

6. Tak Jaga Kesehatan 

Ketika wawancara seringkali kita mendapati kondisi antri dengan jobseeker lain karena umlah interviewer yang terbatas. Kalau kondisi kesehatan tak dijaga mungkin bikin keadaan yang tidak nyaman saat antri. Kondisi tak nyaman ini akan mempengaruhi mood-mu juga lho! Mood buruk hanya akan menghancurkan konsentrasimu saat menjawab pertanyaan. 

Abai kondisi tubuh akan berakibat fatal bagi kelancaran wawancara kerja. Pahami dirimu, bawa air minum, camilan, dan multivitamin bila perlu. 

7. Tiba-Tiba Blank 

“Wawancara kerja ga cukup hanya bawa diri saja, melainkan harus ada kesiapan tentang materi yang sekiranya nanti muncul dalam wawancara, “ ungkap Ria. 

Yang perlu kamu ingat adalah saat wawancara nanti tidak ada satupun yang bisa menyelamatkanmu dari kondisi blank.

“Pengetahuan tentang perusahaan, pertanyaan yang sering ditanyakan, bagaimana cara bersikap, bagaimana memberi umpan balik ke interviewer, dan detail lain terkait adalah hal dasar yang perlu kamu kantongi, “ tandas Ria.

Kamu perlu menghidarkan dirimu dari kondisi blank ini dengan persiapan yang matang, dan mental yang siap. Selain itu mengikuti training terkait persiapan menghadapi wawancara adalah sesuatu yang sangat berguna. Kalau bisa mempersiapkan secara baik, kenapa tidak? 


Salah satu training yang bisa memantapkan dirimu menghadapi wawancara kerja adalah Recruitment Preparation Job Interview and LGD (RPJI). Di dalam training tersebut kamu dilatih oleh trainer ECC UGM secara langsung. Kamu akan paham tentang apa saja tahapan, teknik, dan tip seleksi proses interview serta mengikuti praktik wawancara. 

Training akan diadakan dua kali dalam Bulan Juli, yakni tanggal 12 Juli dan 26 Juli 2018. Menarik kan? 

Klik di sini untuk ikut RPJI tanggal 12 Juli 2018

Klik di sini untuk ikut RPJI tanggal 26 Juli 2018


Jangan sampai 7 masalah di atas menggagalkan jalanmu menggapai karier yang cemerlang ya! Tetap semangat dan lampaui cita-citamu!


Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Foto : Muhammad Angga 



[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png