News, Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB

Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker

Inovasi pelayanan karier bagi para pencari kerja millennial adalah bukti kepedulian Unika Atmajaya dalam menyediakan lowongan karier.
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Career Center Online System (CarcentOS) diluncurkan ECC sebagai ajakan kepada career center lain untuk memberikan pelayanan yang lebih humanis sekaligus mudah diakses. Unika Atmajaya Jakarta baru saja mengadopsi CarcentOS dalam menyelenggarakan jobfair.


Ingin membagikan pengalamannya di bidang campus career center dan jobfair, ECC UGM mengembangkan sebuah layanan karier bagi kampus yakni CarcentOS. Career Center Online System disingkat CarcentOS merupakan layanan berupa website karier yang berbasis online dan dapat diakses dua pihak yakni pencari kerja dan perusahaan.

Inovasi website dengan CarcentOS

Unika Atmajaya mulai menggunakan layanan CarcentOS untuk jobfair yang baru saja diselenggarakan pada 14-15 Maret lalu. Bertempat di kampus Unika Atmajaya Semanggi, di hari pertama diselenggarakan jobfair sudah tercatat 1.800 pengunjung baik alumni maupun umum. “Kami senang dengan banyaknya pengunjung yang terus mengalir meskipun waktunya sudah menjelang usai,” ungkap Kepala Bagian Pengembangan Karir dan Alumni (BKAK), FX. Eko Susanto .

Dalam penjelasannya, Eko menambahkan bahwa pembaruan atau inovasi wajib dilakukan mengingat mudahnya akses pada dunia secara digital. “Kami tidak ingin ketinggalan hanya dengan melakukan pelayanan yang begitu-begitu saja. Apalagi anak muda zaman sekarang yang sangat bergantung dengan digital seperti internet. Ya meskipun kami juga perlu belajar,” jelasnya dengan senyum.

Jobfair Unika Atmajaya ini dibuka pada tanggal 14-15 Maret oleh mulai pukul 09.00-16.00 WIB di Gedung Yustinus, Kampus Unika Atmajaya Semanggi. Jobfair ini diselenggarakan sebagai agenda rutin yang diadakan Unika Atmajaya melalui (BKAK). Saat ditemui Careernews.id Kepala BKAK, Lisa Esti Puji, M.Si mengungkapkan bahwa sebelumnya mereka hanya menggunakan website kampus untuk media informasi lowongan kerja. Namun saat ia dan timnya mengenal sistem CarcentOS perubahan segera dilakukan. “Kami sangat ingin memudahkan alumni dan pencari kerja lainnya dalam menemukan pekerjaan tanpa harus ribet ke mana-mana alias satu pintu,” jelasnya.

Pada website karier Unika Atmajaya saat ini telah tersedia beberapa fitur yang memudahkan pencari kerja dan perusahaan. Website karier ini dilengkapi menu apply online dan membership. Bagi pencari kerja yang tertarik dengan lowongan tersebut, mereka cukup apply secara online melalui website. Untuk dapat melakukan apply lowongan kerja mereka hanya perlu mendaftar sebagai member saja, tanpa dipungut biaya registrasi.

“Tadi saya mengisi registrasi di ruang laboratorium komputer dan semuanya mudah saja. Namun saya belum upload CV karena tidak membawa file, jadi saya apply lowongan dengan drop CV di booth perusahaan,” ujar alumni Universitas Bangka Belitung, Julianda

Perbedaaan mencolok lainnya yang terjadi adalah jika pada jobfair sebelumnya, Unika Atmajaya hanya menyajikan lowongan dari berbagai perusahaan, namun kali ini terdapat fasilitas pendukung, yakni booth carier coaching yang didukung oleh Coaching Indonesia. 

“Fasilitas konselingnya bermanfaat banget, mencerahkan saya harus gimana,” ujar alumni Gunadarma, Dwi Utami. Ia juga menyatakan bahwa sangat terbantu dengan website yang telah digunakan, karena cepat dan mudah. Selain menyediakan komputer untuk registrasi, para pengunjung jobfair juga diberikan kemudahan untuk masuk, dengan scan QR Code.

Melihat respon positif tersebut, ECC UGM optimis, CarcentOS dapat dikembangkan dan membantu dalam proses rekrutmen. Dengan begitu, penyerapan jobseeker dengan layanan yang tepat dapat diakomodasi dengan baik.

Untuk perusahaan atau instansi yang tertarik dengan layanan ini dapat menghubungi kami melalui layanan telepon (0274) 517728 atau akses laman www.carcentos.careercenter.id untuk info lebih lengkap.

Salam sukses selau!




Penulis : Rahayu Riesta

Editor : Puspa Aqirul Mala

Foto : Rahayu Riesta


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu! Workplace,
Selasa, 13/03/2018 15:20 WIB 6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png