Career Issue, Senin, 26/03/2018 15:52 WIB

Ternyata Si Introvert Bisa Jadi Public Speaker Hebat! Bagaimana Bisa Ya?

Pribadi si introvert bisa jadi seseorang yang tidak kita duga sebelumnya. Namun, si pendiam ini ternyata bisa melakukan hal yang tidak kita duga sebelumnya.

Ternyata Si Introvert Bisa Jadi Public Speaker Hebat! Bagaimana Bisa Ya?

Don't judge book by its cover! Meski terkenal pribadi yang tidak banyak mengungkapkan segala sesuatu melalui kata-kata, ternyata seorang introvert bisa menjadi public speaker yang hebat lho! Kok bisa ya?


Dalam sebuah tayangan yang berjudul Why Introverts Make Great Public Speakers yang ditayangkan di gingerpublicspeaking.com, Susan Cain menuliskan sebuah penemuan yang cukup mengejutkan. Cain mengungkapkan bahwa seorang introvert ternyata memiliki potensi lebih besar untuk menjadi seorang public speaker yang luar biasa.

Pernyataan ini disampaikan Cain karena melihat berbagai alasan, antara lain: 

1. Introvert suka sendiri dan berpikir

Mereka lebih mampu memikirkan konten yang ingin disampaikan di depan publik secara lebih mendalam. Secara fisik, persiapan mereka juga lebih baik karena mereka cenderung lebih teratur dalam hal waktu makan, istirahat, dan proses menenangkan diri.

2. Introvert adalah pribadi yang melayani

Mereka menyadari bahwa diri mereka tidaklah lebih penting dari konten yang ingin mereka sampaikan. Mereka bukanlah entertainer yang fokus untuk membuat audience terhibur dan menyukai mereka. Introvert merasa dirinya adalah guru dan seorag pemberi. Mereka lebih fokus untuk menyiapkan konten yang bermanfaat bagi audiensnya, bukan semata-mata konten yang mencuri perhatian.

Bagi kamu yang merasa introvert, setuju tidak dengan temuan ini?

Siapa Saja Bisa Jadi Public Speaker Hebat

Masih ingat kan dengan sosok Agnes Marhilo Esteria yang pernah kami tulis? (klik di sini untuk baca tentang Agnes). Kisahnya bisa menjadi salah satu contoh tentang studi kasus ini. Agnes merupakan seorang perempuan yang aktif sebagai public speaker, penyiar radio, dan host. Profesi yang erat kaitanya dengan pribadi ekstrovert ini ia bangun dari masa mudanya. Namun tahukah kamu, ternyata Agnes dulunya seorang yang kurang percaya diri dalam berbicara di depan umum lho!

Kemudian, public speaking skill  oleh Agnes didapatkan dari mengikuti LSM. Bahkan secara tidak sengaja yakni saat tiba-tiba seniornya meminta dirinya untuk menjadi trainer di salah satu penyuluhan. “Dari situlah aku mulai sadar dan menemukan potensi dari diri yang bisa aku kembangkan, “ kisah perempuan yang mengidolakan Sarah Sechan dan Ivy Batuta. 

Agnes kemudian mulai mengembangkan bakatnya di bidang public speaking, meski awalnya ia bukanlah sosok ekstrovert.  

Ditinjau dari sudut pandang Psikologi, menurut Talent Development Manager ECC UGM, Gita Aulia Nurani, sebenarnya introvert maupun ekstrovert sama-sama memiliki peluang menjadi public speaker yang handal.  

Gita memberi alasan khusus untuk studi kasus introvert ini lebih ke sudut pandang dalam memandang suatu problem. “Mereka lebih objektif, mandiri, mengamati, menganalisa masalah dulu sebelum berpendapat di muka umum sehingga daya analisis lebih sensitif, “ katanya.  

Saat menjadi public speaker, introvert akan bicara lugas dan langsung pada inti masalah.  “Hal inilah yang membuat beberapa dari mereka meraih atensi besar, karena bicara secara tepat sasaran, ” jelas Gita.

Meski begitu, Gita menekankan bahwa menjadi public speaker tidak hanya milik sang introvert. Siapa saja berpotensi untuk cemerlang di bidang ini. Kuncinya cuma satu, yakni berlatih dan membiasakan diri. 

Public speaking tidak hanya tentang cara bicara. Ada konten dan gestur tubuh yang membuat pendengar makin yakin dengan orang tersebut. Jika ini tidak dibiasakan, maka hasilnya pun tidak akan maksimal, ” tambahnya. 

Mulailah Menjadi Public Speaker 

Kamu merasa jadi introvert dan ingin belajar berbicara di depan umum dengan baik? Gita memiliki beberapa tips untuk memulainya, ini dia! 

1. Materi Yang Keren 

Kesuksesan menjadi public speaker selalu dimulai dengan persiapan materi. Siapkan konten semaksimal mungkin dan sesuai kebutuhan audiens. 

2. Practice Make Perfect  

“Perbanyak melatih bicara di depan kaca atau merekam suara sendiri, dengarkan ulang!” ujarnya 

3. Review 

Mintalah review dan masukan dari rekan tentang penampilanmu. Jangan menolak kritik. “Buka diri agar kamu jadi lebih baik,” tandasnya. 

Kamu punya pengalaman seru terkait pengalamanmu berbicara di depan umum? Bagikan pada kami di kolom komentar ya. [careernews.id] 



Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Puspa Aqirul Mala  

Grafis : Anugerah Wisnu


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses! Enterpreunership,
Jumat, 27/04/2018 16:23 WIB Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses!
Ternyata Si Introvert Bisa Jadi Public Speaker Hebat! Bagaimana Bisa Ya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png