Jobseeker / workplace, Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB

Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!

Dengan melakukan Pomodoro, segala pekerjaan yang kamu lakukan bisa selesai tepat waktu. Apa itu Pomodoro? Bagaimana cara melakukannya?
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
Apakah kamu adalah salah satu dari mereka yang sering merasa masih punya tumpukan pekerjaan padahal jam kantor sudah berakhir? Atau  kamu merasa waktu yang kamu miliki sebenarnya panjang namun pekerjaanmu sering mundur dari deadline?

Jika itu yang kamu alami, mungkin kamu perlu melihat ulang bagaimana manajemen waktumu di kantor. Manajemen waktu sangatlah penting untuk kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan hasil maksimal. Tentu kamu pun setuju dengan hal ini.

Jika manajemen waktu tidak oke, sudah bisa dipastikan kalau pekerjaanmu tidak akan maksimal. Deadline banyak yang mundur. Mengerjakan pekerjaan terburu-buru halnya akan menurunkan kualitas. Hal ini tentu akan berpengaruh pada karirmu di perusahaan. Hal ini berlaku juga lho buat kamu yang tengah dikejar deadline menyelesaikan skripsi.


Lalu Bagaimana Cara Efektif Untuk Melakukan Manajemen Waktu? 

Pada tahun 1980, Francesco Cirillo mengembangkan teknik manajemen waktu yang diberi nama Pomodoro. Pomodoro sendiri memiliki arti buah tomat dalam bahasa Italia. Nama ini terinspirasi dari timer berbentuk tomat di dapur yang dimiliki Cirillo sewaktu kecil?

Mengapa timer? Teknik Pomodoro memang menggunakan timer untuk membuat interval-interval dalam pekerjaan. Cara kerja teknik ini dalam membantu melakukan manajemen waktu adalah dengan membuat timer dalam bekerja.


Lalu, Caranya Bagaimana?

Pertama, tentukan hal apa saja yang ingin kamu kerjakan. Kedua, tentukan waktu kerja, biasanya 25 menit. Selama waktu tersebut kamu hanya boleh bekerja menyelesaikan pekerjaanmu. Jika timer telah berbunyi, kamu bisa beristirahat selama 3-5 menit. Nah, waktu 3-5 menit itu bisa kamu gunakan untuk membuka smartphone atau mengecek notifikasi media sosial. 

Selanjutnya, buat lagi interval yang sama dan lakukan istirahat setelah waktu kerja berakhir. Demikian seterusnya. Setelah empat kali periode, kamu boleh berisitirahat lebih lama, sekitar 15-30 menit. Menarik bukan?


Bagaimana, Apa Kamu Merasa Teknik Ini Cocok Denganmu?

Menurut Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli ECC UGM, teknik Pomodoro sebenarnya efektif untuk membantu seseorang melakukan manajemen waktu. Menurut dia, inti teknik ini melatih seseorang berkomitmen untuk selalu fokus terhadap pengerjaan tugas dalam kurun waktu tertentu, dengan bantuan stimulasi batasan waktu. “Beberapa free application dapat kita jumpai sebagai bentuk teknik pomodoro,” jelas Lia. 

Meski dirasa efektif untuk melakukan manajemen waktu, namun teknik ini hanya bisa diaplikasikan untuk pekerjaan yang sifatnya tidak berkaitan dengan orang lain, contohnya pekerjaan administratif. “Customer service misalnya, tidak bisa diberikan batasan waktu terlalu ketat karena melihat juga pada level kompleksitas masalah atau kasus yang tengah ditangani,” papar Lia.


Teknik Manajemen Waktu Lain

Menurut Lia, ada dua hal utama yang mengganggu konsentrasi kerja karyawan di kantor, yakni media sosial dan keasyikan mengobrol dengan rekan kerja. Menurutnya, hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat komitmen pada diri sendiri untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. “Akan lebih baik lagi jika membuat komitmen kelompok untuk saling menjaga fokus bekerja antara karyawan satu dengan lainnya,” tambahnya.

Pomodoro bisa jadi merupakan teknik manajemen waktu yang sifatnya jangka pendek karena intervalnya yang masih dalam skala menit. Selain teknik ini kamu juga bisa menjajal teknik lain dengan deadline waktu kerja yang lebih panjang. Bagaimana caranya?

Tentukan periode waktu kerjamu, apakah harian, mingguan, atau bulanan. Susun pekerjaan apa saja yang ingin kamu selesaikan. Lakukan! Jika targetmu tercapai, berikan reward pada diri sendiri. Jika target belum tercapai, kamu bisa memberikan punishment. Hal ini bisa dilakukan secara individu maupun secara organisasi dengan bantuan HRD. Sistem ini sekaligus menggunakan sistem reward dan punishment.

Bagaimana, kamu pilih teknik manajemen waktu yang mana? Tidak masalah mau memilih yang mana yang penting pekerjaan di kantor ataupun tugas kuliah bisa selesai tepat waktu ya. Selamat mencoba ya! [careernews.id] 



Penulis : Rita Pamilia

Editor    : Puspa Aqirul Mala

Grafis    : Tongki Aribowo
[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png