Jobseeker / workplace, Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB

Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu

Merasa jenuh menghadapi rutinitas kerja sebetulnya hal wajar. Tapi, kalau bisa dihindari kenapa tidak?
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Berdasarkan Jurnal Frontiers in Psychology yang dilansir dari www.frontiersin.org,  Andreas Elpidorou, seorang peneliti dari University of Louisville, menggambarkan perasaan bosan layaknya seperti terjebak secara emosional. Bagaimana ya mengatasinya? Simak dulu rangkuman tip berikut ini!

Merasa bosan dengan rutinitas pekerjaan dan juga lingkungan kerja mungkin saja pernah dialami setiap pekerja. Ada beberapa faktor pemicu yang menimbulkan perasaan ini, baik secara internal maupun eksternal. Kalau tidak mau produktivitas kerjamu menurun, simak dulu tip berikut ini:

1. Bangun suasana menyenangkan

Suasana kerja yang tidak nyaman terkadang membuatmu tidak bersemangat dalam bekerja. Ciptakan hubungan baik antar-karyawan penting untuk membangun suasana menyenangkan di kantor. Suasana kerja yang kondusif dan hangat membuat nyaman dalam melakukan kegiatan kerja. Kamu juga bisa mencoba mengatur ulang tata letak barang-barangmu di kantor. Seperti halnya rumah, tempat kerja yang nyaman dan rapi membuatmu terus bersemangat dan enjoy!

2. Temukan hal yang kamu suka

Sebesar apapun gaji yang kamu dapatkan, apabila tidak sesuai dengan passion-mu, secara otomatis kamu tidak  akan melakukan pekerjaan dengan maksimal. Bukan hanya malas dan bosan, bahkan strespun bisa melandamu bila kondisi tidak mendukung. Keadaan tubuh yang dilanda stres akan membuat tidak bersemangat melakukan apapun.

Nah, luangkanlah waktumu untuk mencari hal yang menarik dari pekerjaanmu. Hal itu akan mengalihkan pikiran dari kebosanan dan memberimu kesempatan untuk mengeksplorasi hal baru.

3. Cari hiburan

Sekali waktu cobalah untuk melakukan kegiatan lain di samping rutinitas pekerjaan yang membelenggu.  John Jamilkowski, Direktur kreatif senior di jaringan kabel TNT, mengatakan bahwa ketika dia mendapati dirinya bosan dengan sebuah proyek, dia akan mencoba bermain-main dengan media baru seperti media sosial. Mengalihkan perhatian sejenak pada media sosial dirasakannya mampu mengurangi rasa malas bekerja.

4. Lakukan self control

Kontrol dalam diri yang meliputi pemahaman diri, kesadaran diri, dan adanya komitmen dalam diri menjadi poin penting dalam pekerjaanmu.  Sikap disiplin yang ditanamkan dalam diri kita, selain akan membuat semua pekerjaanmu lebih terorganisir, juga membawa nilai-nilai etika yang baik di lingkungan.

“Dengan mengetahui minat karier seseorang akan mampu mengontrol dirinya dengan baik, sehingga peluang mencapai prestasi terbuka lebar. Orang dengan self control yang baik juga lebih sehat secara mental dan fisik dibanding mereka yang tidak,” tambah Iftitah Intikhobah, dari Tim People Development ECC.

5. Cari pekerjaan lain 

Jika kamu merasa malas dan bosan setiap hari, atau hampir setiap hari,  bisa saja itu merupakan gejala dari pekerjaan yang tidak tepat.  Sebagai pilihan terakhir kamu boleh mengajukan resign dan carilah pekerjaan lain. Pemilihan pekerjaan yang tidak sesuai justru dapat mematikan keterampilan  maupun kemampuan yang kamu miliki. Daripada daya kreativitas dan produktivitasmu terhambat, sudah saatnya kamu mencari pekerjaan baru.

Nah, sebelum memutuskan memilih pekerjaan ada baiknya bila kamu melakukan online assessment untuk mengetahui kelebihan dan kekuranganmu. ECC UGM menyediakan online assessment gratis yang bisa diakses melalui dengan login di website ECC. Dengan melakukan online assessment tersebut setidaknya kamu bisa lebih mengenali dirimu dan minat kariermu.

Tetap semangat dan positif ya!


*Bantu kami untuk menggali lebih dalam mengenai minat dan harapan kariermu dengan mengisi polling untuk para pejuang karier. Klik di sini untuk mengisi polling ini. Terimakasih.  



Penulis : Ryma Aulia

Editor : Rahayu Riesta

Grafis : Rizal Muhammad

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Tak Hanya Penampilan Yang Perlu Kamu Update Saja, CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Yang Perlu Kamu Update Saja, CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png