Jobseeker / workplace, Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB

Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?

Dalam hitungan hari, kita akan mengalami pergantian tahun. Menyambut tahun baru nanti, apakah kamu sudah membuat list target dan resolusi untuk tahun 2018?
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?


Boleh saja menyambut tahun baru dengan suka cita. Namun apakah kamu sudah mengecek target tahun ini? Berapa persen yang sudah terlaksana? Dan apa resolusimu untuk tahun depan?



Kunci membuat resolusi 2018 adalah dengan melakukan assessment atau penilaian pada diri sendiri. Biasanya dilakukan dengan melakukan review daftar target tahun 2017. Apakah target sudah banyak yang terlaksana atau masih ada beberapa yang belum bisa terlaksana. Proses review ini juga membantu kita untuk merencanakan resolusi dan target di tahun depan.

Dan yang terpenting dari pembuatan target dan resolusi tahun depan adalah buatlah target se-realistis mungkin. Merujuk pada artikel yang sebelumnya, Psikolog ECC UGM, Gita Aulia Nurani, M. Psi, mengungkapkan bahwa penting bagi kita untuk membuat target tahunan sesuai dengan kondisi real diri sendiri.

Terlalu tinggi membuat target merupakan penyebab utama kamu gagal mencapai target tersebut. “Biasanya target yang terlalu tinggi membuat kita malas, sehingga menimbulkan banyak permakluman, jadi kita enggak punya effort lebih atau motivasi untuk meraih “ tuturnya.

Nah, untuk memudahkan kamu membuat target tahun depan, careernews akan merangkumkan beberapa tip untuk membuat target. Tentu kamu bisa bebas menentukan apa yang menjadi resolusimu di tahun 2018. Namun, agar lebih terkonsep kamu bisa membaginya dalam beberapa area, antara lain:

1.    Spiritual dan Keluarga

Tentu saja urusan dengan Tuhan dan keluarga menjadi area pertama yang harus diprioritaskan. Hubungan dengan pencipta pun harus masuk dalam resolusi, seperti lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, lebih banyak beribadah, lebih mengasihhi semua makhluk hidup, lebih berbakti kepada orang tua, menjalin silaturahmi, dan lain sebagainya.

2.    Karier dan Pengembangan Diri

Bagi mahasiswa, karier di sini berlaku seperti pendidikan, kompetisi karya ilmiah, jabatan dalam organisasi kemahasiswaan, aktif dalam proyek dosen, dan lain-lain. Bagi karyawan, karier berlaku reputasi dan hasil kerja di kantor, jenjang jabatan dan gaji, penguasaan bidang lain, karier pada pekerjaan sampingan, dan lain-lain. Sedangkan untuk pengusaha, karier berlaku pada kemajuan usaha yang sedang dirintis.

3.    Finansial

Siapa pun kamu, entah mahasiswa ataupun pekerja, apalagi wirausaha, tentu harus memiliki target keuangan. Untuk mencapai target ini pun diperlukan resolusi-resolusi. Sebagai contoh, kamu adalah karyawan yang setelah melakukan review tahunan, sering mengalami masalah keuangan. Kamu pun bisa membuat resolusi dengan menghubungi link-link mu untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Bahkan jika kamu benar-benar memahami dirimu sendiri, jangan-jangan kamu memiliki bakat entertainer dan bisa menjadi vlogger.

4.    Hobi

Setelah membuat resolusi yang cukup serius, inilah saatnya kamu membuat resolusi yang sekadar untuk fun. Target terkait hobi ini bisa jadi akan menjauhkanmu dari kondisi stres. Sebagai contoh, kamu adalah seorang traveler lokal yang belum pernah ke luar negeri. Ini saatnya bagimu melakukan perjalanan ke luar negeri. Atau kamu kebetulan anak rumahan yang menginginkan tantangan baru. Kamu bisa mulai melakukan hal-hal baru seperti pergi berjelajah ke luar kota.

Terkadang, perjalanan melaksanakan resolusi tidaklah mulus. Kamu tentu sudah mengetahuinya berdasarkan review yang pernah kamu lakukan, kan? Untuk itu, penting kiranya untukmu membuat plan b, atau bahkan plan c, yang mana meskipun bentuk tindakannya berbeda, tetapi arah muaranya tetap pada tujuan yang sama.

Bagaimana, sudah siap membuat resolusi tahun 2018?



Penulis : Tri Puspitasari

Editor : Puspa A. Mala

Grafis : Anugerah Wisnu

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:25 WIB Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!
Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja? Jobseeker / workplace,
Selasa, 19/12/2017 00:00 WIB Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja?
Hujan Menyapa Lagi? Jaga Hangat Tubuhmu Dengan Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/12/2017 00:00 WIB Hujan Menyapa Lagi? Jaga Hangat Tubuhmu Dengan Ini!
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya! Jobseeker / workplace,
Sabtu, 25/11/2017 10:00 WIB Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png