Jobseeker / workplace, Rabu, 27/12/2017 13:25 WIB

Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!

Pernahkah kamu merasa sulit masuk ke dalam kehidupan sosial di kantormu? Atau kamu merasa menjadi bahan pembicaraan di kantor?  

Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!
Bekerja dalam sebuah perusahaan terkadang memberikan kejutan-kejutan yang tak terpikirkan sebelumnya. Selain harus mengerjakan tugas kantor dengan baik, kamu juga harus bisa melebur dengan kehidupan sosial di kantor. Lantas bagaimana jika tak berjalan sesuai harapan?

Terlebih lagi posisimu adalah karyawan yang baru masuk di sebuah perusahaan. Akan ada banyak hal baru terjadi, dan mungkin membuatmu kaget. Perlu waktu untuk beradaptasi, baik pada pekerjaan, maupun kehidupan sosial di kantor. Tak jarang kamu akan merasa kikuk, dan bingung harus bertindak bagaimana.

Staf Ahli ECC UGM, Sri Muliati Abdullah, S. Psi, M. A mengatakan kondisi yang memang real ini merupakan kasuistik dan tidak terjadi semua perusahaan. “Biasanya terjadi pada perusahaan yang jarang melakukan rekrutmen kerja, bisa jadi karyawan lama kurang siap menghadapi perubahan yang terjadi, “ tuturnya.

Meski begitu penting bagi kamu untuk mengantisipasinya dengan cara yang tepat. Karena jika tidak, akan mengganggu perjalanan karirmu. Situasi ini mungkin akan semakin parah jika teman-teman kantormu ternyata tak kunjung menerima keberadaanmu. Mereka bisa saja menganggap apa yang kamu lakukan adalah salah. Ujung-ujungnya kamu merasa menjadi orang yang dikucilkan dalam lingkungan tersebut. 

Tenang, jangan buru-buru mengundurkan diri dari pekerjaanmu. Mungkin tip yang kami rangkum ini bisa menjadi solusinya.

1. Pahami dan lakukan riset kecil 

Lia, nama sapaan Sri Muliati Abdullah, menjelaskan hal yang perlu kalian lakukan pertama kali adalah memahami bagaimana kehidupan sosial di lingkungan kerja berjalan. Bila perlu lakukan riset kecil mengenai sifat-sifat perorangan dalam kantormu, bagaimana mereka berkomunikasi, gaya bahasa yang digunakan, dan kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan mereka, seperti nongkrong bareng, karaokean, dan lain sebagainya. Namun jangan sampai kegiatan ini mengganggu pekerjaanmu ya!

2. Inisiatif dan aktif, namun jangan agresif 

Penting bagi karyawan baru untuk mengambil sikap inisiatif, dan aktif. Inisiatif maksudnya memulai duluan, hal ini bisa kamu lakukan dengan menyapa duluan kepada seniormu, mengajak ngobrol duluan, bagi-bagi cemilan, dan lain-lain. Namun jangan sampai inisiatif dan aktifmu ini berlebihan ya, takutnya malah terkesan agresif. 

3. Beri jangka waktu dan jangan ragu ambil keputusan 

Setelah kamu merasa cukup inisiatif dan aktif, jangan lupa memberi tenggat waktu untuk aksi tersebut. Lia menambahkan, untuk menentukan jangka waktu ini kamu samakan saja dengan lama masa percobaanmu. “Cara gampangnya samakan saja masa percobaan kerja, biasanya satu sampai dua bulan sudah bisa menyesuaikan diri, baik kerja maupun kehidupan sosial, “ terang Lia.

Setelah masa percobaan tersebut kamu bisa menentukan pilihan untuk menandatangani surat kontrak kerja selanjutnya atau tidak melanjutkan karirmu di perusahaan tersebut. Tentunya keputusan tersebut harus kamu pertimbangkan masak-masak, supaya tidak menimbulkan sesal di kemudian hari.

Nah, itu tadi tip tentang cara-cara melebur dengan teman-teman kantormu. Semoga bisa membantu permasalahan tentang karirmu. Semua orang pasti berharap memiliki kehidupan kantor yang seimbang antara tugas dan kehidupan sosial di kantor, kan? 



Penulis : Maharsitama Anindhita

Editor : Puspa A. Mala

Grafis : Anugerah Wisnu


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja? Jobseeker / workplace,
Selasa, 19/12/2017 00:00 WIB Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja?
Hujan Menyapa Lagi? Jaga Hangat Tubuhmu Dengan Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/12/2017 00:00 WIB Hujan Menyapa Lagi? Jaga Hangat Tubuhmu Dengan Ini!
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya! Jobseeker / workplace,
Sabtu, 25/11/2017 10:00 WIB Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png