Jobseeker / workplace, Sabtu, 25/11/2017 10:00 WIB

Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!

Wah hujan sudah rajin banget datang tiap hari. Cucian apek menghantuimu? Jangan biarkan mimpi buruk ini menghantuimu!
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!

Jelang akhir November ini hujan sudah mulai datang setiap hari. Selain harus dituntut untuk menjaga kesehatan, kamu juga dilarang untuk melupakan penampilan. Terlebih lagi masalah baju yang kamu pakai. Simak tip yang kami rangkum berikut untuk atasi masalahnya.



Untuk masalah baju di musim penghujan, pasti tak lain dan tak bukan adalah bau apek. Bau apek ini mungkin timbul lantaran baju yang kamu jemur tak kering sempurna. Akibatnya bakteri akan mudah berkembang di pakaian, dan membuat masalah baru lagi, salah satunya akan membuat pakaianmu lembap, dan berbau tak sedap. 

Masalah ini akan mengganggu performamu lho! Jangankan diri sendiri, teman kantor yang duduk di sebelah pun bisa tergangu, lho. Bahaya banget kan?

Tentu kamu enggak ingin hal semacam ini merusak mood dan mengganggu produktivitasmu di kantor, kan? Seperti dilansir Kompas.com, ada beberapa cara yang bisa membuat cucianmu tetap segar tanpa apek, walau dijemur tanpa bantuan sinar matahari. Yuk, simak sama-sama tip di bawah ini.

1. Menggunakan air bersih dan detergen merata

Tentu saja mencuci baju harus menggunakan air bersih dan detergen atau sabun. Detergen atau sabun berfungsi membasmi kuman yang menempel pada cucian. Dengan pemakaian yang rata dan menyeluruh, baju jadi benar-benar bersih dari kuman yang membuat baju berbau tak sedap. 

2. Pilih detergen yang mengandung ekstrak lemon

Fungsi ekstrak lemon adalah sebagai deodoran pada kain, terutama yang berbahan katun. Aroma lemon yang segar ini terbukti menempel lebih lama pada kain, bahkan saat lembab karena kurang sinar matahari sekalipun. Nah, jadi cucianmu tetap wangi deh, meskipun udaranya sedang lembap.

3. Rendam dengan pelembut dan pewangi

Merendam cucian yang sudah dibilas dapat menjaga cucian tetap lembut dan harum. Bahkan di beberapa merek pelembut dan pewangi pakaian dapat membantu mempercepat pengeringan baju, lho.

4. Bilas hingga bersih

Bilaslah cucian sampai gelembung sabun enggak tampak lagi. Residu sabun ini dapat membuat bajumu berbau tak sedap. Apalagi ditambah dengan kurangnya sinar matahari saat proses penjemuran, bau cucianmu jangan ditanya lagi! 

5. Gunakan pengering mesin cuci dan digantung

Cara lebih modern adalah dengan menggunakan pengering pada mesin cuci. Namun jika kamu belum memiliki mesin cuci, kamu bisa memerasnya hingga air dalam cucian tersisa sedikit. Kemudian, kamu bisa menjemurnya dengan cara digantung menggunakan hanger. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu pun bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.  

6. Jemur di dalam rumah

Saat musim hujan seperti ini, tempat terbaik untuk menjemur cucian adalah di dalam rumah. Kamu bisa menjemurnya di ruang belakang atau garasi, sepanjang terdapat tempat jemuranmu. 

7. Segera disetrika

Setelah kering, jangan lupa baju segera diambil dan disetrika, ya! Membiarkan baju terlalu lama di jemuran hanya akan membuat baju tersebut lembab karena masih hujan. Membiarkannya tertumpuk lama pun hanya akan membuatnya lembap karena bercampur dengan baju lain yang belum kering sempurna. Kelembabapan inilah yang nantinya memicu tumbuhnya bakteri hingga akhirnya bajumu pun apek. 

Oh ya, satu lagi, meskipun lagi musim hujan, jangan malas mencuci baju, ya! Semakin banyak tumpukan baju kotor hanya akan membuat bakteri dan kuman yang berkembang semakin banyak. Gunakan tip di atas agar cucianmu enggak lagi lembab dan apek. 

Kondisi baju berbau seperti ini jangan sampai terjadi saat kamu sedang melakukan interview kerja ya. Recruiter tentu akan merasa terganggu dan bisa jadi kamu akan mendapatkan penilaian yang kurang menyenangkan. Sudah siap kan menjalani interview? Atau sama sekali belum ada panggilan? Jangan patah semangat! Segera daftarkan diri kamu dalam 10th Graduation Fair. Puluhan lowongan kerja dari perusahaan partisipan siap menantimu hingga 8 Desember mendatang!


Semoga bermanfaat!




Penulis  : Tri Puspitasari

Editor    : Puspa A. Mala

Grafis    : Bentar Sadani


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya! Jobseeker / workplace,
Sabtu, 25/11/2017 10:00 WIB Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png