Jobseeker / workplace, Senin, 06/11/2017 00:00 WIB

Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!

Bagaimana menyikapi tawaran mutasi dari kantor? Simak tip yang berpengalaman di bawah ini!
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!


Pindah dari zona nyaman memang terasa menyebalkan. Banyak hal yang harus diadaptasi kembali sebagai karyawan pindahan. Nah, supaya hal tersebut tak menjadi hambatan kariermu, simak tip berikut ini ya!



Bagi kamu fresh graduate mungkin belum pernah merasakan mutasi. Mutasi kerja merupakan salah satu kebijakan perusahaan yang tujuannya untuk meratakan Sumber Daya Manusia (SDM) di suatu perusahaan. Kalau kamu penyuka tantangan, proses ini mungkin tak terlalu jadi masalah ya? Tapi, kebalikannya, kalau kamu merasa ini masalah besar, bisa gawat nih!

Dihimpun dari event Friday Indepth (FI), Jumat (27/10),  PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) yang merupakan perusahaan distribusi farmasi raksasa di Indonesia ini menghadirkan pembicara berpengalaman khusus membahas career path dan personal branding. Tokoh tersebut salah satunya adalah Branch Controller APL Jogja, Christina Maulina.

Secara interaktif, ia menyampaikan materi menarik terkait mutasi kerja. Christina Maulina banyak bercerita pengalamannya selama lebih dari 20 tahun berkarier bersama PT APL. “Berbekal ijazah Sekolah Menengah Farmasi (SMF), saya mengawali karier pada 18 Maret 1992 sebagai asisten apoteker di Kantor APL Cabang Aceh, “ tutur Christin, nama panggilannya.

Pada saat itu ia menaruh harapan besar pada PT APL karena menurutnya perusahaan ini berpotensi menjadi tempat pengembangan diri dan kariernya.  Selain itu ia melihat banyaknya kantor cabang APL di Indonesia yang membuatnya optimis menerima banyak pengalaman, kompetisi, dan sistem manajerial.

Karena APL memiliki banyak kantor cabang, kondisi tersebut membuat ia dan kawan-kawannya rentan mengalami mutasi. Berbagai pengalaman mutasi pernah ia alami, bahkan hingga keluar pulau tempatnya tinggal, Sumatera. “Setelah pindah dari Aceh, saya masih harus beberapa kali dipindahtugaskan oleh perusahaan ke Medan, Tangerang, Semarang, hingga akhirnya bisa berkumpul bersama keluarga lagi di Jogja,” jelasnya.

Selama mutasi yang dialami beberapa kali itulah ia juga merasakan perubahan jenjang jabatan dalam kariernya. Selama kurun waktu 10 tahun di Aceh ia beberapa kali menempati posisi yang berbeda, dari asisten apoteker, kasir, fakturis, staf operasional, officer bidang keuangan, kepala akuntan, dan terakhir branch controller. “Pernah turun level juga, tapi saya tetap positif dan semangat menjalaninya, saya yakin pasti suatu saat membuahkan hasil yang bagus, “ tegasnya.

Baginya, menghadapi kebijakan mutasi harus lapang dada dan dijalani dengan enjoy. Ia menambahkan, bahwa tak usah takut pada setiap tantangan yang diberikan perusahaan. “Selama kita berpikiran positif dan open minded, maka rejeki dan segala kebaikan lainnya pasti akan turut mengikuti,” jelasnya.

Pengalaman merintis kariernya dari posisi bawah membuatnya banyak belajar arti komitmen, kerja keras, detail, dan kerja cerdas. “Perusahaan tentu akan melihat loyalitas kerja karyawannya. Jangan takut berproses dari bawah karena dari situlah perusahaan dapat menilai loyalitas kinerja kita, Tuhan tidak tidur!, ” tegasnya.

Bila mengingat statusnya sebagai ibu dan juga istri, mungkin orang akan melihat bahwa ia cukup ngoyo dalam urusan karier. “Puji Tuhan, pilihan saya berkarier mendapat restu dan dukungan dari suami dan keluarga,” ungkapnya sambil tersenyum manis.

Meski kini berada di posisi yang tinggi, sebagai wanita karier ia ingin lebih banyak memberi manfaat bagi orang lain dan memberi ruang bagi dirinya untuk mengaktualisasikan ilmunya. Bersama APL ia turut berusaha memberikan layanan distribusi obat sampai dengan cepat kepada yang membutuhkan sehingga si penderita mendapat pelayanan kesehatan terbaik dan cepat.

Meski sering mengalami mutasi, ia tak pernah memiliki niat sedikitpun untuk  mengundurkan diri dari perusahaan yang membesarkannya.“Karena memiliki kesamaan nilai dan misi dengan hidup saya, mementingkan kejujuran diiringi dengan kerja keras dan doa adalah kunci, “ tutupnya mengakhiri sesi.



Penulis : Rahayu Riesta

Editor : Puspa A. Mala

Gambar : Puspa A. Mala


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png