Jobseeker / workplace, Senin, 30/10/2017 00:00 WIB

Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?

Pernahkah kamu menghadapi suatu kondisi yang sering berubah-ubah dalam hidupmu? Bagaimana kamu menghadapinya? 
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Hidup di masa sekarang memang tak mudah. Kondisi yang sering berubah-ubah menuntut kita untuk memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Jika tidak, kita akan kesulitan menyesuaikan diri dan fokus menggapai impian.



“Intelligence is the ability to adapt to change, (Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi pada perubahan, -red), ” papar Head of Corporate Human Capital Nabati Group, Nevyndatama Putranta saat memulai presentasi dengan meminjam quote Stephen Hawking di Friday Indepth Nabati Group, Jumat (13/10).

Menurut Nevyn di era sekarang ini kemampuan beradaptasi merupakan salah satu  kunci untuk meraih kesuksesan. Berbagai perubahan yang sering terjadi di lingkungan kerja menuntut karyawan harus bisa menyesuaikan diri dalam keadaan tersebut. “Bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan beradaptasi, tentu akan mengganggu performa baik diri sendiri, team work-nya, maupun lingkungan kerja di sekitarnya, “ terangnya.

Kemampuan adaptasi inilah yang ia tanamkan kepada setiap karyawannya. Selain menanamkan nilai-nilai green manufacturing, cheap energy, massive and easy water purify, isu ‘Adapt in new environment’ juga harus dikuasai. “Adaptasi itu sesuatu yang harus kamu kuasai, mahluk hidup yang tidak dapat beradaptasi dengan perubahan jadinya apa? punah kan?” jelas Nevyn

Sebagai seorang yang memiliki pengalaman kerja di beberapa perusahaan membuatnya memiliki banyak pengalaman akan adaptasi. Ia percaya bahwa kehidupan di dunia ini akan selalu mengalami perubahan. “Dunia berubah, bisnis berubah, lingkungan pun berubah. Fast-paced!” tambahnya.

Laki-laki yang pernah bekerja di Jepang dan Thailand ini juga menuturkan mengenai pengalamannya kerja di perusahaan asing. Menurutnya bekerja bersama orang-orang dengan latar belakang, bahasa, suku dan ras yang berbeda memberikan pengalaman menarik dalam hidupnya. Lingkungan kerja yang tiba-tiba berubah memaksa Ia harus bisa beradaptasi dengan segera. Minusnya, kebanyakan orang Indonesia ketika keluar negeri, pasti mencari pasti orang Indonesia juga. 

Kebiasaan menghindari tantangan dan mencoba tetap berada di lingkungan yang sama seperti inilah menurut Nevyn tidak akan dapat membuat seseorang berkembang. “Sebenarnya, begitu sampai disana (berada di luar negeri, -red), seharusnya sudah mau berubah, dan mau beradaptasi dengan siapapun, darimanapun. Semua orang pasti bisa menjalaninya, “ katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Talent Acquisition Nabati Group, Puti Anggunsari. Ia menambahkan, beradaptasi di lingkungan baru atau lingkungan yang sering berubah, bukan berarti kita harus bisa ini dan bisa itu. “Semua hal pasti mengalami perubahan, maka kita harus bisa mengikutinya, “ terangnya.  

Pengalaman dua kali bekerja di management trainee program pada perusahaan multinasional membuatnya peka membaca situasi sehingga mudah beradaptasi pada perubahan linkungan kerja.

Puti pun kemudian membeberkan kini banyak perusahaan yang menggalakkan kampanye digital transforming dan adapt in new environment. “Kenapa semua perusahaan-perusahaan mencari bibit dari generasi milenial? karena pada tahun-tahun tersebut millenials will take the lead. Mereka akan menduduki berbagai jabatan sentral yang mengambil keputusan-keputusan penting dalam perusahaan, ” terangnya.

Sebagai seorang Talent Acquisition Manager, ia kemudian menjelaskan orang seperti apakah yang akan banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Salah satu yang harus dimiliki adalah sikap agile atau lincah.  “Jangan jadi young dinosaurs, anak muda tetapi berfikiran tua, jadilah seseorang yang agile in environment, “ tutupnya.



Penulis : Nikita Yolania

Editor : Puspa A. Mala

Foto : Puspa A. Mala


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik? Jobseeker / workplace,
Kamis, 19/10/2017 00:00 WIB Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik?
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png