Jobseeker / workplace, Kamis, 12/10/2017 17:25 WIB

Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD

Salah satu tahapan rekrutmen kerja ini kadang ditakuti oleh jobseeker. Enggak usah ikut-ikutan takut, ini dia tipnya!

Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD


Leaderless Group Discussion (LGD) jangan sampai membuat nyalimu down. Kamu hanya perlu memperbanyak keterampilan komunikasi untuk keluar sebagai kandidat terpilih dari tes satu ini.


LGD merupakan tes berkelompok yang digunakan perusahaan untuk menemukan kandidat berkualitas. Hasil tes ini akan menunjukkan bagaimana seseorang  mencari problem solving dalam sebuah permasalahan.

Pada artikel careernews.id sebelumnya kamu bisa mengetahui apa itu LGD dan fungsinya dalam tes perekrutan kerja. Coba refresh kembali ingatanmu dengan klik di sini. 

Dan berikut kami rangkumkan tip mudah menghadapi tes LGD ala careernews.id.

Pertama

Menurut Psikolog Yandi Satya, M.Psi, Psikolog, sebelum mengikuti tes LGD ada baiknya kamu berlatih terlebih dahulu dengan mencari contoh kasus tes LGD di internet. Tapi jangan jadikan contoh kasus itu sebagai patokan dalam menghadapi LGD ya. Bisa saja kasus yang akan kamu hadapi nanti berbeda 180 derajat dari contoh-contoh yang kamu cari.

Kedua

Beruntunglah bagi kalian yang aktif berorganisasi. Masih menurut Yandi Satya, “Aktif di kegiatan kampus atau kegiatan sosial lainnya akan sangat membantumu melatih komunikasi yang efektif.” Dalam sebuah organisasi kamu akan banyak menemui persoalan kelompok yang  melatihmu mengemukakan solusi. “Poinnya adalah, observer sedang menilai kita dalam berdiskusi. Kalau kita tidak berpendapat, bagaimana observer akan menilai kita baik?” tegasnya. 

Ketiga

Atau, kamu dapat latih skill komunikasimu bersama teman-temanmu. Ajaklah beberapa temanmu melakukan simulasi LGD dengan mengambil satu contoh kasus. “So, saat LGD tiba kamu sudah terbiasa untuk berargumentasi, mengambil poin penting dari beberapa opini, untuk kemudian 'urun rembug' memberikan solusi sesuai opsi-opsi yang ada,” jelas Konselor Karir Rudi Widiyanto, M.Psi, Psikolog. 

Keempat

Fokuslah pada permasalahan yang diajukan. Dalam tes LGD tidak ada moderator yang berperan sebagai pembuka dan penengah jalannya diskusi. Kalian hanya akan diberi suatu permasalahan yang harus diselesaikan bersama-sama. 

Kelima

Kamu tak perlu mendominasi dan selalu ngotot dengan idemu. Kamu bisa mengajukannya pada forum agar menemukan problem solvingnya. Kelompok diskusi punya wewenang penuh dalam pencarian jalan keluar. Pandai-pandailah dalam menempatkan diri karena LGD hanya akan mencari kandidat yang tahu menempatkan diri dan mengutarakan idenya dalam kelompok.

 

Sekali lagi, persiapan menghadapi LGD bukan sebuah persiapan yang bisa dilakukan sekejap mata. Perlu latihan rutin setiap saat, bahkan sejak kamu belum masanya mencari kerja. Bagi yang cenderung pasif, kamu bisa berlatih cara berkomunikasi efektif dimulai saat ini. Tak perlu cemas!

LGD hanya salah satu babak dari banyak babak yang membutuhkan keahlianmu, guys!

 

 

Penulis          : Rita Pamilia

Editor           : Rahayu Riesta

Grafis           : M. Rizal 

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD Jobseeker / workplace,
Kamis, 12/10/2017 17:25 WIB Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage Jobseeker / workplace,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage
Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB "Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png