Enterpreunership, Selasa, 03/10/2017 00:00 WIB

Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing

L’Oreal melalui Friday Indepth berbagi pengetahuan mengenai bagaimana kunci sukses menggunakan media sosial dalam marketing. Apa saja ya? Simak rangkuman berikut ini.
Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing
Friday Indepth (FI) bersama L’Oreal yang telah digelar Jumat (29/9) lalu mengambil tema mengenai transformasi digital yang berpengaruh di bidang marketing.  Tak hanya itu lho guys, L’Oreal juga memberi salah satu rahasia sukses dunia digital marketing. 


Bertempat di Ruang Presentasi 2.1, Gedung KPFT UGM, FI kala itu sedikit berbeda karena pembicara melakukan presentasi interaktif via Skype. Digital Manager Consumer Products Division PT L’Oreal Indonesia, Fabian Prasetya Wijaya yang kala itu tak bisa hadir di tempat tetap mengisi acara melalui sambungan skype. Ia mengawali dengan menjelaskan peta pengguna internet yang ternyata berjumlah sangat besar dan meningkat tiap tahunnya. Tercatat dari data yang L’Oreal miliki, ada sekitar 132,7 juta pengguna internet di dunia. “Dari semua pengguna tersebut 106 juta orang menggunakan media sosial dan 371,4 melakukan mobile subcription, “ tuturnya.

Sedangkan pengguna smart phone diperkirakan berjumlah 45% dari angka tersebut. Salah satu penelitian terkini memaparkan bahwa rata-rata pengguna internet mengakses Facebook berkisar 3 jam 16 menit perhari dengan kecepatan internet di Indonesia rata-rata 10,8 Mbps.

Melihat dari data-data tersebut, dia dapat menggambarkan bahwa saat ini sudah begitu banyak orang terkoneksi dengan internet. Hal ini bisa menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan bagi dunia marketing untuk dapat memasarkan produknya secara digital. Kuncinya adalah marketer harus paham dan bisa membedakan karakteristik media sosial satu dengan yang lain berikut dengan karakter penggunanya.

Hal tersebut sangat penting dilakukan karena bisa menjadi dasar dalam pembuatan pemetaan kampanye dan ide besar marketing. Ia menganjurkan untuk membedakan bentuk kampanye yang akan digunakan di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Google, dan media sosial lainnya.

Sebagai contoh pada Facebook, alangkah lebih baik menggunakan poster-poster atau video-video yang berdurasi singkat namun dapat seketika menarik perhatian. Hal ini dilakukan karena sifat timeline Facebook yang pada umumnya karakter pengguna FB scroll-down dengan cepat dalam hitungan detik. Jika menggunakan Youtube, dapat bekerjasama dengan para beauty blogger atau vlogger yang memiliki banyak follower. Review yang mereka lakukan dapat menjadi sebuah cara mengenalkan brand. “Pesan akan menjadi efektif dan tepat sasaran jika dilakukan dengan cara yang tepat, pada saat yang tepat dan di media yang tepat pula, ” tegasnya.

Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam proses digital marketing menurutnya, yakni:

1. Melakukan buzz atau aksi marketing
2. Frequency and reach, atau melihat seberapa banyak user melihat dan menjangkau
3. Engangement, ikat calon costumer dengan penawaran menarik

4. Build purchase intention, perhatikan dan bangun minat costumer untuk membeli

“Marketing is no longer about the stuff that you make, but about the stories you tell, ” tegasnya. Ia menggarisbawahhi bahwa marketing sudah bukan menjadi sebuah alat saja, namun harus menyatu dengan pesan atau cerita menarik  yang kamu sampaikan.

Nah itu tadi salah satu cara supaya sukses untuk kamu yang sedang atau memulai marketing melalui media digital. Semangat ya guys! [careernews.id]

Penulis : Nikita Yolania
Editor : Puspa A. Mala
Foto : Puspa A. Mala

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up Enterpreunership,
Senin, 13/11/2017 15:48 WIB Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up
Dengar Konsumen dan Jadilah Entrepreneur Sukses! Enterpreunership,
Senin, 09/10/2017 00:00 WIB Dengar Konsumen dan Jadilah Entrepreneur Sukses!
Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing Enterpreunership,
Selasa, 03/10/2017 00:00 WIB Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing
Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu! Enterpreunership,
Selasa, 25/07/2017 00:00 WIB Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu!
Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png