Workplace, Rabu, 20/09/2017 00:00 WIB

Ternyata Hal Kecil Ini Bikin Karyawan Bahagia, Apakah Kamu Juga Menjumpainya?

Berikut ini ulasan mengenai salah satu hal yang bisa meningkatkan kebahagiaan karyawan. Apakah hal yang sama terjadi kepadamu?
Ternyata Hal Kecil Ini Bikin Karyawan Bahagia, Apakah Kamu Juga Menjumpainya?


Kebahagiaan karyawan adalah salah satu hal penting di kantor. Karena hanya karyawan bahagialah yang akan menghasilkan kinerja optimal bagi perusahaan. Siapa yang diuntungkan? Tentu saja keduanya.



Ya, jika karyawan merasa bahagia dan betah, perusahaan juga akan diuntungkan dengan kondisi tersebut. Nah, banyak hal bisa membuat karyawan bahagia di kantor. Dunia kerja yang saat ini didominasi oleh generasi milenial. Kebanyakan dari mereka akan merasa lebih betah bekerja di lokasi kerja ketika perusahaannya memberikan berbagai fasilitas gratis di kantor, misalnya gym center, game corner, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Faktanya, ternyata tak hanya hal itu yang membuat karyawan merasa betah dan bahagia lho. Sebuah survei online yang dilakukan peapod.com pada 2015 menyebutkan bahwa ada hal yang sederhana yang membuat karyawan senang. Snack gratis! Ya, hasil penelitian terhadap 1009 karyawan full time dengan perbandingan laki-laki dan perempuan sama menyebutkan, sebanyak 66 persen karyawan mengaku bahagia jika perusahaan menyediakan snack gratis.

Berdasar survei pula, perusahaan-perusahaan di Amerika bahkan sampai membuat fasilitas menarik di dapur mereka untuk menarik generasi milenial bekerja di tempatnya. Hal ini dilakukan karena survei menyebutkan sebanyak 66 persen generasi milenial akan menerima tawaran pekerjaan di perusahaan yang menyediakan fasilitas lebih baik, termasuk dalam hal snack gratis.

Lebih lanjut, sebanyak 48 persen memanfaatkan fasilitas snack gratis dari kantor satu sampai empat kali dalam seminggu. Sedangkan sepertiga responden lain memanfaatkan fasilitas ini minimal satu kali sehari. Karyawan mengaku memanfaatkan snack gratis dari kantor untuk mengisi kembali energi mereka di sore hari saat berada di lokasi kerja.

Lalu Snack Apa Yang Jadi Favorit?

Kopi dan teh jadi peringkat pertama, sebanyak 55 persen responden memfavoritkan dua minuman ini. Kemudian di posisi dua dengan perolehan 37 persen responden memilih buah dan sayuran untuk dijadikan camilan. Kemudian disusul snack gurih, dan yang terakhir adalah snack yang diolah dengan cara dipanggang, seperti roti-rotian. Uniknya hampir semua karyawan, tepatnya 83 persen responden, mengaku sangat menyukai snack ringan dan sehat seperti yoghurt dan buah. Jadi, walaupun sering ngemil di kantor tapi mereka bisa tetap sehat.

Bagaimana dengan tempat kerjamu? Apa perusahaanmu juga menyediakan snack gratis bagi karyawannya. Kalau belum, mungkin kamu bisa jadi pionir untuk mengusulkan ide ini ke bagian HRD.


Semoga menginspirasi. [careernews.id]



Penulis : Rita Pamilia
Editor : Puspa A. Mala
Grafis : Bentar Sadani

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Ternyata Hal Kecil Ini Bikin Karyawan Bahagia, Apakah Kamu Juga Menjumpainya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png