Jobseeker / workplace, Senin, 18/09/2017 00:00 WIB

Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage

PT. Suntory Garuda Beverage berbagi ilmu mengenai iklim dunia pekerjaan saat ini dan tips dalam membentuk citra positif di tempat kerja. Selain itu, mereka juga membuka kesempatan berkarir lho!
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage
Friday Indepth (FI) ECC yang telah dilaksanakan pada  Jumat (15/9) kemarin menghadirkan Human Capital Business Partner PT. Suntory Garuda Beverage, Audi Lumbantoruan. Audi berbagi pengetahuan seputar perkembangan teknologi yang erat kaitannya dengan dunia kerja.

Secara interaktif, Audi menyampaikan materi dengan sangat menarik. Selain itu, peserta yang hadir juga sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan. Dengan tema Adapting in New Environment and Building Personal Branding at Work, Audi  mengawali diskusi dengan mengenalkan profil singkat PT. Suntory Garuda Beverage.

Perusahaan yang memiliki semangat Yatte Minahare! ini merupakan perusahaan joint venture antara Suntory, Jepang dengan Garudafood, Indonesia yang dimulai tahun 2011. Suntory Group sendiri memiliki 331 grup perusahaan yang tersebar di Eropa, Asia, Amerika, Oceania, dan tentunya di Jepang sebagai basis utama perusahaan ini.

Kemudian Audi juga menyinggung mengenai perkembangan teknologi di era globalisasi yang telah mengubah seluruh aspek di kehidupan saat ini. Ia memberi contoh pada sektor perindustrian. Di sektor ini tak jarang mengalami perubahan yang tidak bisa diduga (disruption), baik oleh pelaku bisnis, maupun pangsa pasar. Terlebih lagi seluruh sektor bisnis atau industri telah berubah ke arah digital. “Maka untuk saat ini, yang mampu bertahan di tengah arus globalisasi-lah yang pada akhirnya akan menjadi pemenang,” ungkap Audi.

Di samping itu, persaingan untuk mendapat pekerjaan pun akan semakin kompetitif. Sehingga, sangat penting untuk mempersiapkan segala yang bisa dijadikan bekal untuk menghadapi dunia pekerjaan, dimulai dari saat ini. Siapapun tak ada yang bisa menampik bahwa industri yang tengah populer saat ini berbeda dari dua puluh tahun yang lalu.

Disruption ini juga dialami oleh dunia perbankan yang kini semakin canggih dengan adanya fitur mobile banking. Contoh lain adalah salah satu perusahaan gadget yang pada era 2000-an menguasai pasar, namun kini collapse dikarenakan disruption di perusahaannya. “Artinya ada disruption, ada perubahan sampai sisi fundamentalnya. Kita saat ini hidup di zaman yang kadang kita tidak akan pernah tahu siapa yang akan menjadi kompetitor kita,” tambahnya.

Dengan adanya disruption itu, Audi menghimbau kepada anak muda untuk jangan menjadi orang yang terlena dengan situasi saat ini. “Pilihannya ada di tangan kalian, ingin jadi orang yang men-drive keadaan dengan menjadi aktor di balik inovasi yang ada, atau justru hanya jadi penyimak saja, “ tegasnya.

Terjadinya disruption terhadap sektor bisnis saat ini tentunya juga berimbas pada aspek-aspek sumber daya manusianya (SDM). Audi mengungkapkan bahwa saat ini memiliki keterampilan saja tidak cukup. Setiap orang juga harus mampu memikirkan strategi-strategi untuk kemajuan dirinya dan perusahaan. “Perusahaan akan lebih senang dengan karyawan yang tidak ada kata lelah untuk belajar,” tambahnya.

Selain itu, menurut Audi, kemapuan soft skill seperti komunikasi, negosiasi, membangun relasi, dan bahasa asing merupakan hal yang mutlak untuk dikuasai ketika sudah memasuki dunia kerja. Khusus untuk membangun relasi, Audi menganggap hal tersebut sangat penting mengingat peluang bisa datang kapanpun ketika seseorang mempunyai banyak relasi. Audi mengungkapkan yang tak kalah penting untuk dikuasai oleh seseorang adalah kemampuan memecahkan suatu masalah. Terlebih, kemampuan tersebut biasanya sangat dibutuhkan apabila seseorang ingin menempati posisi top management.

SGB Membuka Program SGB Next Gen

Pada kesempatan tersebut Talent Acquisition Specialist PT Suntory Garuda Beverage, Ken Wahyu Kartika mensosialisasikan program rekrutmen untuk jobseeker. Program yang diberi nama SGB Next Gen ini dibuka untuk siapa saja yang ingin berkarir menjadi orang yang menduduki posisi strategis (top management). Program ini akan berlangsung mulai dari Januari 2018 mendatang hingga Oktober 2020, yang mencakup proses seleksi hingga final assessment.

Nah bagi kamu yang tertarik berkarir di PT Suntory Garuda Beverage bisa langsung kirim CV, scan transkrip nilai, dan scan ijazah ke alamat email recruitment.sgbi@sgbi.co.id Tetap semangat untuk menggapai impianmu, ya!

Semoga menginspirasi. [careernews.id]


Penulis : Elvan Susilo

Editor : Puspa A. Mala

Foto : Devi Aprillia

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik? Jobseeker / workplace,
Kamis, 19/10/2017 00:00 WIB Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik?
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png