Jobseeker / workplace, Selasa, 01/08/2017 14:00 WIB

Ini Cara Praktis Tingkatkan Skill Bahasa Inggris, Bantu Raih Karir Internasional

Ingin berkarir di perusahan dengan lingkup internasional? Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Tilik cara ini.
Ini Cara Praktis Tingkatkan Skill Bahasa Inggris, Bantu Raih Karir Internasional
Setiap perusahaan pasti ingin berkembang, tidak hanya ada di ranah lokal tapi juga internasional. Dulu perusahaan cukup mencari karyawan yang pintar, loyal, mampu bernegosiasi, dan jujur.
Namun untuk saat ini, hal tersebut belumlah cukup. Untuk berkembang ke ranah internasional, perusahaan akan mencari karyawan yang mampu dan siap menjawab tantangan global.

Salah satu persyaratan yang lantas dicari perusahaan untuk calon karyawannya adalah penguasaan bahasa asing. Mau tidak mau kemampuan yang satu ini memang wajib kamu miliki, apalagi jika kamu memang mengincar MNC, perusahaan asing, atau perusahaan yang berprospek melakukan ekspansi ke luar negeri.

Menurut Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli ECC UGM, kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan untuk saat ini. Ketika pemimpin perusahaan incaranmu adalah orang asing, atau ketika perusahaan akan melakukan ekspansi ke luar negeri, dan ketika perusahaan memiliki kerjasama baik dengan relasi di luar negeri, sudah tentu perusahaan akan mencari karyawan dengan kemampuan berbahasa Inggris.

Tak hanya itu, kemampuan bahasa Inggris juga akan membantumu mampu melakukan pengembangan diri. “Ilmu yang digunakan untuk mengembangkan diri secara mandiri diharapkan tidak hanya yang bermuatan lokal atau yang berbahasa Indonesia saja, tapi yang global dan pastinya berbahasa Inggris,” terang Lia, sapaannya.

Memilih bahasa asing

Bahasa Inggris sudah pasti menjadi bahasa asing wajib yang harus kamu kuasai di dunia kerja. Lalu, adakah bahasa asing lain yang wajib dikuasai? Menurut Lia, banyak pilihan bahasa yang bisa dipelajari. Pilih sesuai arah gerak dan latar belakang induk perusahaan incaranmu. “Misalnya kamu ingin bekerja di Shell, maka selain bahasa Inggris kamu juga perlu menguasai bahasa Belanda karena induk perusahaan ada di negara tersebut,” ujarnya.

Selain itu, pemilihan bahasa asing yang ingin dipelajari bisa juga mempertimbangkan banyak sedikitnya perusahaan yang menggunakan. Misalnya, bahasa Inggris wajib dikuasai karena digunakan secara umum di dunia, pilih bahasa Mandarin untuk digunakan di negara-negara Asia Timur dan lain sebagainya.

Cara asik belajar bahasa
Belajar berbahasa asing tidak bisa dilakukan secara instan. Tidak cukup 1 – 2 minggu sebelum tes kerja. Belajar bahasa asing adalah sebuah proses yang harus dilakukan secara rutin.

Lia mengatakan bahwa belajar bahasa asing membutuhkan ketekunan dan keinginan untuk rutin mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi yang merasa lemah dalam penguasaaan bahasa. Misalnya dengan mendengarkan lagu atau menonton film bahasa asing, berbicara dnegan native speaker, atau membaca artikel dalam bahasa asing.

Karena di dunia kerja nanti kamu dituntut aktif dalam berkomunikasi, kemampuan bahasa asingmu juga harus komplit. Tidak hanya bisa membaca dan menulis, tapi kamu juga harus baik dalam mendengarkan dan berbicara. Pelajari aksen dan bahasa sehari-hari yang sering digunakan dalam aktivitas di kantor.

Dikutip dari youthmanual.com, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melatih bahasa asingmu. Nonton film atau video dalam bahasa asing misalnya. Aktivitas ini bisa melatihmu mempelajari kosakata dan pelafalan yang benar dari sebuah bahasa asing. Tidak harus film, kamu bisa juga melatihnya dengan menonton video via Youtube.

Selain itu, menulis adalah cara efektif untuk melatih bahasa. Kalau tidak bisa menulis novel atau tulisan serius, kamu bisa mulai dengan menulis diary atau bahkan status di media sosial dengan bahasa asing favoritmu. Kalau ada yang tiba-tiba mengkritik? Santai saja, anggap saja teman-teman media sosialmu sedang menjadi editor gratis bagi hasil karyamu.

Tak hanya itu, kemajuan teknologi juga membuatmu semakin mudah untuk mempelajari bahasa asing melalui gadgetmu. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain sebagai berikut :
1. Duolingo
Aplikasi ini tersedia secara gratis baik untuk Android dan iOs. Kamu bisa belajar bahasa asing dengan format yang menyenangkan seperti bermain game. Tak hanya bahasa Inggris saja yang bisa kamu pelajari, namun juga bahasa asing lainnya.
2. Memrise
Lewat aplikasi yang pernah meraih penghargaan dari Google Award 2017 ini kamu juga bisa belajar bahasa asing melalui sebuah permainan. Seperti halnya Duolingo, kamu juga bisa belajar bahasa asing lainnya melalui aplikasi gratis ini.
3. CoffeeStrap
Sedikit berbeda dengan lainnya, aplikasi ini menyediakan fitur berupa penutur asli sesuai bahasa yang ingin kamu pelajari. Merekalah yang akan mengoreksi grammar atau kosa kata bahasa asingmu! Seru, kan!
4. Lingualy
Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, maka kamu juga harus rajin membaca artikel berbahasa Inggris. Aplikasi ini akan membantumu menemukan arti kata yang tidak kamu ketahui pada artikel yang kamu baca. Cukup tekan pada kata tersebut maka akan langsung muncul artinya.
5. Learn English with Aco

Aplikasi ini tersedia gratis dan dapat diunduh baik di Andrid ataupun iOs. Aplikasi ini membantu kamu membaca dalam bahasa Inggris, menulis, mendengar, berbicara, percakapan, pengucapan, terjemahan, tata bahasa, dan kosa kata. Terdapat juga kamus bilingual lebih dari 40 bahasa termasuk Bahasa Indonesia.


Segala persiapan tersebut bisa kamu gunakan untuk bersiap melamar ke perusahaan multinasional, seperti halnya Merck Sharp Dohme (MSD) Pharma. Salah satu perusahaan produsen obat terbesar asal Amerika ini bakal membuka lowongan untuk semua jurusan. Temukan semua informasinya dalam sharing bersama Plant Director MSD Pharma dalam kesempatan ini.


Terakhir, tetap berlatih dan konsisten menggunakan bahasa asingmu, walaupun sedang hari libur. Mempelajari bahasa asing adalah sebuah proses yang harus konsisten dilakukan setiap hari. Libur sebentar saja, skill bahasa asingmu bisa menurun bahkan hilang. Ups!

Nah, selamat berlatih! Bagi kamu yang merasa sudah cas cis cus dengan bahasa asingnya, ingat untuk selalu melatihnya ya. [careernews.id]


Penulis       : Rita Pamilia

Editor         : Vinia R. Prima

Grafis         : M. Rizal


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD Jobseeker / workplace,
Kamis, 12/10/2017 17:25 WIB Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage Jobseeker / workplace,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage
Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB "Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Ini Cara Praktis Tingkatkan Skill Bahasa Inggris, Bantu Raih Karir Internasional | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png