Enterpreunership, Selasa, 25/07/2017 00:00 WIB

Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu!

Hi student! Sembari kuliah atau mencari lowongan kerja, pernah enggak kamu sempat berpikir untuk berwirausaha? Atau kamu malah sudah memiliki ide usaha? Tapi masih bingung mau mulai darimana?

Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu!
Untuk memulai dan membuka sebuah usaha, dibutuhkan persiapan mental, fisik, dan materi yang cukup. Diperlukan juga analisis-analsis yang berkaitan dengan usaha tersebut. Selain dari segi marketing, dari segi perhitungan keuangan juga sangat dibutuhkan kecermatan yang tinggi. 


Kolaborasi antara modal yang cukup dan analisis tepat bisa kamu gabungkan untuk memulai bisnismu. Namun terkadang, beberapa mahasiswa kesulitan saat menganalisis pendanaan atau permodalan bisnis. Padahal pendanaan merupakan hal yang sangat krusial.

          Pemerintah kini telah membentuk sebuah program yang mengakomodasi permasalahan tersebut. Bernama Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mampu menjawab permasalahan pendanaan bagi kalian yang memiliki ide usaha namun masih terkendala dalam hal permodalan.

Program ini dibuat oleh Kemenristekdikti atas dasar kesadaran bahwa pembangunan nasional tentu sangat didukung oleh bagaimana industri-industri di dalam negeri mampu membangun inovasi produk yang bermanfaat. Salah satu caranya tentu dengan penelitian dan pengembangan produk.

Produk yang diajukan adalah produk berbasis teknologi. Produk adalah hasil kerjasama dari tenan yang memanfaatkan dan mengembangkan produk bersama dengan inkubator sebagai pihak yang akan membantu melakukan inkubasi bisnis.

Inkubator yang dipilih harus berasal dari perguruan tinggi tempat produk dihasilkan dan memiliki tenaga ahli untuk melakukan inkubasi bisnis terkait produk yang akan dikembangkan. Sedangkan tenan terdiri dari sekelompok orang yang tengah memulai pengembangan perusahaan dan akan memanfaatkan produk yang dikembangkan bersama lembaga inkubator.

Produk yang bisa kamu ajukan dalam program ini haruslah produk yang memiliki nilai komersil, siap pakai, dan tidak mengalami perubahan signifikan seperti saat dirancang. Produk yang diusulkan bisa meliputi  produk pangan, kesehatan dan obat, energi, transportasi, pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, bahan baku, dan material maju.

 

Pelaksanaan Program

Untuk berpartisipasi dalam program pendanaan PPBT-PT ini pertama-tama kamu diminta untuk mengisi aplikasi online yang di dalamnya meliputi proposal produk. Jika seleksi substansi lolos, kamu akan menjalani seleksi wawancara. Selanjutnya adalah pengumuman hasil wawancara. Peserta yang lolos akan menjalani tes pendalaman produk dan RAB. Selanjutnya adalah pengumuman akhir. Jika lolos peserta akan menandatangani kontrak untuk selanjutnya menjalankan program.

Nah, setelah program dijalankan, satu tahun pertama peserta akan menjalani monitoring evaluasi. Jika lolos, pendanaan tahun kedua bisa diberikan. Jika tertarik, kamu bisa mulai melakukan persiapan untuk program tahun depan mulai sekarang. Untuk informasi detail seputar program, kamu bisa melihat di manual book 2017 di link berikut. https://goo.gl/77fFGf   

So guys, tidak lagi alasan untuk tidak berusaha mewujudkan ide bisnismu.

Ambil peluang ini dan jadilah pemenang!

 

Semoga menginspirasi.

 

Penulis : Rita Pamilia

Editor  : Puspa A. Mala

Grafis  : M. Rizal 

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up Enterpreunership,
Senin, 13/11/2017 15:48 WIB Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up
Dengar Konsumen dan Jadilah Entrepreneur Sukses! Enterpreunership,
Senin, 09/10/2017 00:00 WIB Dengar Konsumen dan Jadilah Entrepreneur Sukses!
Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing Enterpreunership,
Selasa, 03/10/2017 00:00 WIB Ini Dia Salah Satu Kunci Sukses Dunia Digital Marketing
Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu! Enterpreunership,
Selasa, 25/07/2017 00:00 WIB Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu!
Ide Bisnismu belum Terakomodasi? Program Ini Cocok Buatmu! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png