Jobseeker / workplace, Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB

Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!

Hi Jobseeker! menjadi pribadi yang penuh toleransi akan membuatmu jadi jobseeker yang keren. 
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Membudayakan diri sebagai jobseeker penuh toleransi akan membuat kita disegani jobseeker lain. Hal itu akan membuat proses rekrutmen berjalan nyaman dan efektif. Berikut lima hal yang perlu dihindari supaya kamu jadi jobseeker yang keren.  
Pernahkah kamu mendapati jobseeker yang mengganggu saat sedang melamar atau mengikuti tes kerja? Main serobot saat mengantri saat memasukkan berkas lamaran di jobfair, atau bahkan saat psikotes berlangsung. Biasanya mereka menciptakan kegaduhan, atau bertanya kepada peserta lain tentang petunjuk teknis soal yang sebenarnya sudah dijelaskan. Hal tersebut membuat kamu kurang fokus terhadap soal-soal yang dikerjakan. Mengganggu banget kan? Apalagi hal tersebut membuat kita gagal tes. Pasti menjengkelkan ya?!

Ada kalanya seseorang melakukan sebuah perbuatan menjengkelkan tanpa disadari, membuat orang lain terganggu bahkan berakibat fatal terhadap masa depan karirnya. Berikut ini beberapa contoh tindakan yang terkadang dilakukan jobseeker, berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan pada orang lain:

1. Tidak konfirmasi saat dipanggil tes
Perusahaan membutuhkan konfirmasi darimu saat memanggil tes, gunanya untuk mengestimasi jumlah peserta yang akan datang tes. Dengan begitu perusahaan bisa mempersiapkan sarana yang nyaman untukmu mengikuti seleksi.

Dengan kamu tidak melakukan konfirmasi maka akan sangat merugikan perusahaan sekaligus jobseeker lain. Jobseeker lain bisa saja masuk dalam waiting list dan menunggu untuk didaftar sebagai peserta tes. Padahal di pihak mereka, panggilan tes tersebut adalah penting. Demikian halnya saat bersedia hadir tes, kamu juga wajib memberikan konfirmasi.

So guys, Tidak ada salahnya kan ya meluangkan sedikit pulsa dan waktu untuk sekadar membalas bisa tidaknya dirimu hadir mengikuti tes dan buatlah orang lain merasa nyaman untuk menyelenggarakan ataupun mengikuti tes. Janji?

2. Mengumpulkan berkas tak sesuai instruksi
Terkadang pihak perekrut menjumpai berkas lamaran yang masuk ke meja rekrutmen tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Misalnya, persyaratan kurang, tidak menuliskan kode posisi yang dilamar, atau membuat CV yang terlalu panjang dan tidak sesuai dengan posisi yang dilamar. Dengan mengumpulkan berkas sesuai persyaratan yang ditentukan akan membantu perusahaan menyeleksi berkas lamaran dengan lebih cepat.

3. Menanyakan hal yang sudah ada jawabannya di informasi lowongan
Respon jobseeker berupa pertanyaan tentang lowongan kerja atau event biasanya masuk via telepon, media sosial, maupun datang langsung ke front office. Sebenarnya keterangan sudah tercantum lengkap dalam pengumuman. Selain membuang waktu, terkadang hal tersebut membuat pertanyaan urgent orang lain jadi tidak terjawab.
Dengan bersikap bijak saat bertanya, akan menguntungkan orang lain yang mungkin memiliki pertanyaan lebih darurat dan memudahkan kerja. Alangkah lebih baiknya cobalah untuk meluangkan waktu membaca pengumuman dengan teliti. Bertanyalah jika memang ada info yang kurang jelas atau memberikan bermakna ganda.

4. Duduk bergerombol
Kadang-kadang kita bersama rekan satu jurusan melamar sebuah posisi yang sama. Hal ini bisa terjadi jika sebuah posisi dibuka untuk salah satu jurusan saja. Tak heran jika kemudian kita mendapatkan jadwal tes yang sama, dan sembari menunggu untuk tes, biasanya akan ngobrol dengan duduk bergerombol dan kurang mengindahkan etika. Misalnya duduk di tempat yang tidak seharusnya menjadi tempat duduk ataupun bercanda berlebihan bersama teman-temannya. Perbuatan ini bisa mengganggu kenyamanan sesama rekan jobseeker-mu lho.

5. Malas antri
Perbuatan yang satu ini jelas menunjukkan jobseeker yang kurang menjunjung etika. Sikap ini jelas mengganggu kenyamanan sesama jobseeker yang tengah mengantri. Cobalah untuk bersabar dan tidak menyerobot antrean. Selain sebagai bukti bahwa kamu adalah jobseeker keren, juga melatih dirimu untuk tidak tergesa dalam melakukan sesuatu. Mengantre akan menimbulkan ketertiban dan rasa menghargai sesama jobseeker untuk mendapatkan hak yang sama dalam memperjuangkan karir impiannya.

Dan ingat, bersikap sesuai etika tidak akan merugikan kita kok! Justru saling menghargai satu sama lain, baik dengan jobseeker, perusahaan, maupun penyedia layanan tenaga kerja justru menunjukkan betapa berharganya dirimu untuk menduduki posisi yang tengah kamu lamar saat ini.

Begitu juga halnya saat kamu akan berniat melamar pada lowongan-lowongan yang dibuka oleh perusahaan-perusahaan peserta 22nd Career Days UGM. Sampai dengan saat ini, sudah ada 39 perusahaan yang menyatakan berpartisipasi dalam event 22nd CD UGM yang akan digelar pada 12-13 Agustus 2017. Harap perhatikan beberapa ketentuan di atas, jangan lupa bahwa tidak hanya kamu yang membutuhkan pekerjaan. Ada banyak orang yang juga membutuhkannya dan berjuang bersama kamu untuk menjadi lebih mapan.

Nah, pernahkah kamu menjumpai hal-hal kurang menyenangkan lain yang kamu temui saat sedang melamar kerja? Bagi dengan careernews yuk! [careernews.id]

Penulis : Rita Pamilia
Editor   : Puspa A. Mala
Grafis   : M. Rizal

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik? Jobseeker / workplace,
Kamis, 19/10/2017 00:00 WIB Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik?
Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD Jobseeker / workplace,
Kamis, 12/10/2017 17:25 WIB Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png