Jobseeker / workplace, Rabu, 07/06/2017 00:00 WIB

CV Europass Bisa Jadi Alternatif Untuk Kamu Pakai!

Sebab, CV Europass memiliki format yang cukup detail dalam memaparkan skill, kompetensi, dan pengalaman. Seperti apa bentuknya?
CV Europass Bisa Jadi Alternatif Untuk Kamu Pakai!
Belajar ke luar negeri sedang diminati makin banyak pelajar selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini turut didukung dengan banyaknya program beasiswa yang ditawarkan pada para pemburu ilmu, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Eropa jadi salah satu wilayah yang paling diincar.
Jika kamu tengah mempersiapkan berkas untuk melamar sekolah, mendaftar beasiswa, atau mungkin melamar pekerjaan ke Eropa, mungkin tidak asing dengan istilah Europass.

Europass adalah program yang dicanangkan Parlemen dan Kedutaan Eropa mulai 15 Desember 2004 lalu melalui Surat Keputusan nomor 2241/2004/EC. Dikutip dari thebalance.com, Europass dibuat untuk membuat standar yang sama agar setiap orang yang datang dan ingin meraih tujuan karir atau pendidikannya di Eropa bisa memiliki hak yang sama. Europass juga dibuat untuk meningkatkan standar kehidupan masyarakat Eropa secara umum.

Europass terdiri dari lima dokumen: Europass Certificate Supplement, Europass Diploma Supplement, Europass Mobility, Europass Language Passport, dan Europass Curriculum Vitae (CV). Tiga dokumen awal hanya bisa dikeluarkan oleh organisasi berkompeten tertentu. Sedangkan dua terakhir bisa kamu persiapkan sendiri.

Seperti halnya melamar kerja, CV adalah bagian penting dari proses yang akan kamu jalani, termasuk Europass CV. Format CV ini sudah banyak diadopsi di seluruh belahan dunia. Kamu juga bisa mengaplikasikannya untuk melamar kerja di Indonesia karena formatnya yang jelas dalam menyampaikan kompetensi.

Seperti halnya format CV pada umumnya, Europass CV memuat beberapa informasi yang wajib kamu cantumkan, seperti informasi personal, deskripsi pengalaman kerja, deskripsi training dan pendidikan, serta deskripsi skill atau kompetensi. Setiap poin dijabarkan beserta dengan periode waktu dan penjelasannya.

Kamu bisa mengunduh contoh format Europass CV di sini

Sebelum kamu menulis Europass CV-mu, ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan panduan:
1. Tuliskan skill dan kompetensimu secara jelas dan logis. Perhatikan unsur detail termasuk juga memperhatikan penulisan kata serta besar kecilnya huruf yang digunakan.
2. Dua halaman cukup untuk merepresentasikan kompetensimu dalam sebuah CV. Bijaklah menuliskan kompetensi dan skill yang ingin ditampilkan. Hal ini dikarenakan penting bagimu memikat instansi incaranmu dalam 10 detik pertama mereka melihat CV-mu. Bagi beberapa orang yang melamar posisi eksekutif, detail dalam menyampaikan pengalaman masa lalu memang sangat penting. Mereka bisa menggunakan lebih dari dua halaman untuk menulis CV.
3. Tetap dan selalu untuk menuliskan konten CV sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Pertegas bagian CV yang sekiranya bisa membuat perusahaan melihatmu sebagai kandidat yang memang potensial dan cocok untuk diterima. Jangan memasukkan data yang tidak seharusnya di CV karena pasti akan ketahuan sebelum maupun saat interview.
4. Gunakan font dan layout sesuai dengan apa yang telah dianjurkan. Font dan layout pun telah distandarkan melalui Surat Keputusan nomor 2241/2004/EC.

5. Karena CV-mu harus memikat saat dibaca 10 detik pertama, maka gunakanlah kalimat singkat/to the point.


CV ini juga bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk mendaftarkan diri ke perusahaan impianmu dalam gelaran 22nd Career Days UGM pada 12-13 Agustus 2017 mendatang. Kamu pun bisa mendapatkan insight dari Senior Vice President Bank Mandiri dan Plant Director Merck Sharp Dohme (MSD) Pharma dalam sesi Career Workshop Road to 22nd Career Days, 10 Agustus 2017. Cek info lengkap dan silakan daftar di sini : https://ecc.ft.ugm.ac.id/event/site/careerworkshop


Bagaimana, siap membuat CV yang memikat dalam 10 detik pertamanya? [careerbews]

Penulis    : Rita Pamilia
Editor      : Vinia R. Prima
Grafis      : M. Rizal

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB "Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu? Jobseeker / workplace,
Jumat, 07/07/2017 12:00 WIB Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu?
Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan! Jobseeker / workplace,
Rabu, 05/07/2017 10:00 WIB Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan!
CV Europass Bisa Jadi Alternatif Untuk Kamu Pakai! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png