Jobseeker / workplace, Selasa, 30/05/2017 00:00 WIB

3 Format Penulisan CV Kece Buat Melamar Kerja!

Tiga format CV ini membuat profile dirimu makin cemerlang.
3 Format Penulisan CV Kece Buat Melamar Kerja!
Menulis CV baiknya disesuaikan dengan kompetensi dan tujuanmu membuatnya lho!
Membuat CV memang menjadi syarat wajib pertama ketika kamu ingin melamar sebuah pekerjaan. CV dibuat sesuai dengan jenis pekerjaan yang ingin kamu lamar. Hal inilah yang mungkin sering kamu baca ketika membaca artikel seputar tips membuat CV.

Namun tahukah kamu, membuat CV ternyata juga perlu memperhatikan tujuan kamu melamar kerja dan level kompetensi yang saat ini kamu miliki? Secara umum, terdapat tiga format dalam menulis CV. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan tujuanmu membuat CV. Sebelum memutuskan format yang akan diambil, penting juga untukmu memperhatikan kondisi dan kompetensi diri. Apa saja formatnya?

1. Chronological Resume
Format ini adalah format yang paling umum dibuat di dunia kerja. Chronological resume mengedepankan pengalaman kerja untuk ditampilkan. Di sini kamu bisa menuliskan daftar pengalaman kerjamu, mulai yang terbaru sampai yang sudah pernah kamu jalani.

Format ini cocok bagi jobseeker yang ingin meraih mobilitas karir ke level yang lebih tinggi. Format ini juga cocok bagi kamu dengan jalur karir yang telah mantap, ingin melamar pekerjaan dengan bidang yang sama dari sebelumnya, serta tidak memiliki gap pengalaman kerja yang besar. Jika kamu adalah pemula atau jobseeker yang ingin berubah bidang pekerjaan, mungkin kamu bisa menggunakan format penulisan CV yang lain.

Chronological Resume bisa dipakai oleh mereka yang ada di entry sampai executive level. Contoh penulisan Chronological Resume bisa klik di sini.

2. Functional Resume
Berbeda dengan sebelumnya, Functional resume tidak berfokus pada pengalaman kerja. Penulisan CV dengan format ini berfokus pada skill dan prestasi yang kamu punya. Format ini cocok bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja atau ketika kamu ingin melamar pekerjaan yang bidang kerjanya berbeda sama sekali dengan pengalaman kerjamu sebelumnya.

Functional Resume juga cocok untuk kamu yang memiliki gap kerja cukup besar, misalnya ketika kamu sempat tidak bekerja di perusahaan dalam jangka waktu cukup lama. Contoh penulisan Functional Resume bisa klik di sini.


3. Combination Resume
Sesuai namanya, format penulisan CV ini adalah gabungan dari chronological dan functional resume. Di awal CV kamu bisa menuliskan skill dan kompetensi yang kamu punya. Selanjutnya kamu bisa menuliskan pengalaman kerjamu yang relevan di bawahnya. Penulisan CV dengan format ini akan bermanfaat ketika kamu ingin menampilkan pada perusahaan mengapa kamu cocok untuk diterima di posisi yang kamu lamar berikut dengan pengalaman yang kamu punya.

Format ini juga cocok bagi kamu yang ingin menampilkan skill yang relevan untuk pekerjaan yang tengah kamu lamar atau ketika kamu ingin mencari pengalaman di industri kerja yang berbeda. Format ini tepat digunakan ketika kamu memang terbilang jago di bidang pekerjaan yang kamu geluti. Cek di sini untuk format CV tersebut.

Format mana yang kamu pilih? Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk menampilkan kualifikasi yang paling relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Gunakan layout sesuai dengan bidang industri yang akan kamu lamar dan bersiaplah membuat CV yang bisa meraih perhatian perusahaan dalam 15 menit pertamanya. Semoga sukses! [careernews]


Penulis  : Rita Pamilia

Editor    : Vinia R. Prima

Grafis    : Bentar R. Sadani


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB "Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu? Jobseeker / workplace,
Jumat, 07/07/2017 12:00 WIB Mereka Merasakan Kemudahan Mengerjakan Online Assessment ECC. Kalau Kamu?
Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan! Jobseeker / workplace,
Rabu, 05/07/2017 10:00 WIB Charge Kemampuan Setelah Lebaran, Berjuang Kembali Jadi Lebih Mapan!
3 Format Penulisan CV Kece Buat Melamar Kerja! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png