Jobseeker / workplace, Selasa, 01/11/2016 11:02 WIB

Hindari Ucapkan Ini Biar Negosiasi Gajimu Enggak Gagal Total!

Jadi yang terakhir dari proses seleksi masuk perusahaan, jangan sampai hal-hal ini terucap saat menegosiasikan gajimu, ya!
Hindari Ucapkan Ini Biar Negosiasi Gajimu Enggak Gagal Total!
Dalam proses wawancara dan negosiasi gaji, setiap kata yang kamu keluarkan tentunya akan menjadi perhatian perekrut. Jujur boleh tapi perhatikan hal-hal penting ini agar kamu tak dapat kesan buruk.

Bayangkan, jika pewawancara terlanjur punya kesan buruk padamu utamanya pada perkataanmu. Bukan tak mungkin ia akan membicarakan perkataanmu itu pada kenalan dari perusahaan lain, yang mungkin juga kamu lamar. Reputasi buruk tentangmu akan menyebar, jadi perhatikan setiap hal yang akan kamu ungkapkan!

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu masukkan dalam daftar hitam ketika memasuki tahap negosiasi gaji, seperti dilansir dari Business Insider. Jangan sampai kesalahan yang menurutmu 'sepele' justru menyulitkan perjalanan karirmu, ya!


1. Jangan langsung bilang “Iya”

Ingat, ini adalah negosiasi. Jangan terburu-buru mengiyakan ketika perekrut baru pertama kali menyebut nominal tertentu. Tanggapi, berikan penawaran, dan tanyakan secara detail. Jadikan proses ini ajang untuk bernegosiasi, bukan sekadar memilih nominal angka semata.


2. Stop comparing!

Membandingkan dalam banyak hal memang tidak menyenangkan terutama bagi pihak yang dibandingkan. Kalimat seperti 'Saya sudah ditawari gaji lebih tinggi yaitu sekian oleh perusahaan lain', jangan sampai terucap.

Kendati kamu memang ditawari gaji lebih tinggi di perusahaan lain, tak perlu kamu sampaikan. Ini bukan teknik yang tepat untuk membuat mereka mau memberikan penawaran gaji lebih tinggi lagi.


3. Jangan katakan tidak

Dalam negosiasi gaji, kamu harus menjadi orang yang fleksibel dan mampu mengajukan penawaran saat nominal yang diberikan tak sesuai dengan ekspektasimu. Semerta-merta mengatakan 'tidak' artinya kamu menutup kesempatan untuk penawaran gaji ini.


4. Clueless is a big no!

Jangan datang tanpa persiapan. Jika kamu memang tidak tahu standar gaji untuk posisi yang kamu lamar, cari tahu sebelumnya. Mengatakan kamu tidak tahu saat ditanya soal ekspektasi gaji, justru menunjukkan bahwa kamu tidak tahu nilai dari dirimu.


5. Tidak yakin

Tunjukkan kepercayaan diri dan hindari kata atau kalimat yang menunjukkan ketidakpastian atau ketidakyakinan, seperti mungkin, bisa jadi, dan lain sebagainya. Berusahalah agar perekrut melihat kamu sebagai orang yang bisa mengukur kemampuan serta nilai dirimu sendiri.


6. Masalah pribadi

Mungkin, kamu punya masalah finansial yang cukup berat sehingga gaji tinggi jadi harapanmu. Namun, tidak perlu menyebutkan hal ini, perekrut tidak perlu tahu masalah yang kamu hadapi, serta berapa uang yang kamu butuhkan demi menyelesaikannya.


7. Jaga perkataan

Beberapa kata, kalimat, cara bicara, gesture, dan lain sebagainya, bisa menunjukkan maksud hatimu yang sebenarnya. Meski mungkin gaji yang ditawarkan sangat jauh di bawah ekspektasimu, tetap berusaha untuk menghormati mereka. Kamu bisa menolaknya nanti saat dinyatakan diterima, tak perlu merendahkan dengan perkataan yang tidak sopan.


8. Jangan sebut nominal terendah

Menyebutkan nominal terendah yang bisa kamu terima, bisa jadi bumerang. Jika mereka bisa memberi lebih dari itu, bisa jadi mereka nantinya justru memberimu gaji sesuai angka minimal yang kamu sebutkan.

Negosiasi gaji memang tidak bisa dianggap enteng. Salah sedikit, bisa berakibat gaji yang kamu terima nantinya tidak sesuai atau justru kamu sama sekali tidak dipertimbangkan untuk diterima. Pelajari dan siapkan dengan baik sebelum negosiasi, ya!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
5 Nasehat Sukses untuk Millennial dari Para Kreator Jobseeker / workplace,
Minggu, 30/04/2017 13:57 WIB 5 Nasehat Sukses untuk Millennial dari Para Kreator
Beberapa Kriteria Berikut Pengaruhi Kesempatanmu dalam Berkarir. Apa Saja? Jobseeker / workplace,
Selasa, 25/04/2017 11:22 WIB Beberapa Kriteria Berikut Pengaruhi Kesempatanmu dalam Berkarir. Apa Saja?
Awas! Ini Kesalahan Jobseeker yang Dianggap Sepele Tapi Fatal Menurut Rekruter Jobseeker / workplace,
Selasa, 25/04/2017 10:00 WIB Awas! Ini Kesalahan Jobseeker yang Dianggap Sepele Tapi Fatal Menurut Rekruter
Kamu Wajib Lakukan Ini Kalau Kamu Masih Bingung Ingin Kerja Apa Jobseeker / workplace,
Selasa, 18/04/2017 09:29 WIB Kamu Wajib Lakukan Ini Kalau Kamu Masih Bingung Ingin Kerja Apa
Kamu Belum Tahu Mau Kerja Apa? Mungkin Hal ini Masih Bersembunyi dalam Dirimu Jobseeker / workplace,
Senin, 10/04/2017 08:09 WIB Kamu Belum Tahu Mau Kerja Apa? Mungkin Hal ini Masih Bersembunyi dalam Dirimu
Hindari Ucapkan Ini Biar Negosiasi Gajimu Enggak Gagal Total! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png