Jobseeker / workplace, Senin, 24/10/2016 11:06 WIB

Yakin Panggilan Tes yang Kamu Dapat Itu Asli?

Pernah menjumpai panggilan tes mencurigakan? Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?
Yakin Panggilan Tes yang Kamu Dapat Itu Asli?
Dapat panggilan kerja pasti bikin jobseeker bahagia. Namun, jangan cepat larut dalam kesenangan memeroleh panggilan kerja dulu. Tetap waspada! Beberapa dari sekian panggilan kerja yang kamu terima mungkin saja palsu alias abal-abal.


Lalu bagaimana sih ciri-ciri panggilan kerja palsu?

Menurut Gita Aulia Nurani, People Development Manager ECC UGM, biasanya jobseeker akan menerima email dengan domain yang tidak resmi dari perusahaan tempat ia melamar. Mereka kebanyakan menggunakan domain email umum seperti Gmail.com, Yahoo.com, atau Hotmail.com. Walaupun demikian, hal ini merupakan ciri umum. Patut pula diwaspadai domain-domain e-mail pengirim panggilan kerja yang berupa “...co.id”. Beberapa kasus panggilan kerja yang palsu ternyata bisa juga mengirim e-mail menggunakan domain yang terlihat seolah resmi seperti domain perusahaan asli.

Selain itu, ciri panggilan palsu yang kini jadi tren modus kejahatan adalah penggunaan jasa agensi travel. Dalam panggilan tersebut, jobseeker diharuskan menggunakan jasa travel atau agensi perjalanan tertentu untuk datang ke lokasi tes.

Korban akan diminta untuk membuat reservasi tiket keberangkatan dan membayar sejumlah uang pada agensi tersebut. “Sekarang itu (perusahaan-red) udah enggak boleh menarik biaya dari jobseeker. Biasanya ketentuannya kalau misal di luar kota pelaksanaannya, dengan menggunakan sistem reimburse,” ungkap Gita. Jobseeker akan dibebaskan memilih transportasi yang digunakan untuk menuju lokasi seleksi. Selanjutnya, mereka dapat meminta penggantian atau reimburse tiket perjalanan tersebut pada perusahaan. Tentunya sistem reimburse ini berlaku apabila perusahaan sebelumnya sudah menyetujuinya.

Nah, kalau kamu sampai menemui panggilan tes yang terlihat mencurigakan, kamu bisa mempraktikkan beberapa ini, ya!


Cek website resmi perusahaan

Perusahaan yang mengadakan rekrutmen pada umumnya akan mempublikasikan segala informasi berkaitan dengan proses seleksi calon karyawan di website resminya. Buat jobseeker yang menerima panggilan kerja, cek ulang kebenaran informasi tersebut di website resmi perusahaan yang kamu lamar. Beberapa seleksi panggilan hoax kerap mengatasnamakan instansi pemerintah. Jika itu terjadi padamu, pastikan kamu cek di website resmi mereka yang berdomain 'go.id'.


Cek di pusat karir tempat kamu mendaftar

Sejumlah jobseeker mendaftar lowongan kerja melalui pusat-pusat karir layaknya ECC UGM. Jika kamu merasa mendaftar melalui cara tersebut, cek kebenaran informasi panggilan kerjamu di pusat karir tersebut. ECC UGM memberikan layanan tanya jawab dengan mengirimkan e-mail langsung ke alamat admin ECC UGM, yakni admin@ecc.ft.ugm.ac.id.


Tanyakan pada peserta lain yang juga mendaftar

Jika jobseeker punya teman yang mendaftar di perusahaan yang sama, coba tanyakan apakah ia juga menerima panggilan kerja atau tidak. Cara ini bisa digunakan untuk memastikan dugaan adanya panggilan kerja palsu, yang biasanya hanya menyasar pada beberapa orang tertentu secara acak.

Buat para jobseeker, selalu waspada ya! Jangan lupa cek ulang kebenaran panggilan kerjamu.



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Hero Oka

[CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya? Workplace,
Selasa, 27/12/2016 14:57 WIB [CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya?
[Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok! Jobseeker / workplace,
Selasa, 20/12/2016 09:41 WIB [Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok!
[CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes! Jobseeker / workplace,
Selasa, 15/11/2016 10:40 WIB [CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes!
[CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi? Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 14:06 WIB [CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi?
[CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu! Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 11:26 WIB [CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu!
Yakin Panggilan Tes yang Kamu Dapat Itu Asli? | CAREERNEWS
1484288745_homepag_event_1.png