Jobseeker / workplace, Rabu, 12/10/2016 09:13 WIB

Pilah Pilih Portal Karir Kredibel, Bebas dari Penipuan!

Info lowongan dan pekerjaan, kini tak lagi sulit didapat dengan adanya banyak portal karir. Namun, bisakah kamu kenali mana yang terpercaya dan mana yang tidak?
Pilah Pilih Portal Karir Kredibel, Bebas dari Penipuan!
Jika dulu surat kabar jadi media paling jitu dalam mengiklankan lowongan, kini kemajuan teknologi memudahkannya. Jobseeker bisa menemukan seputar lowongan dan karir melalui berbagai situs yang khusus menyediakan informasi mengenai dua hal tersebut.

Beberapa situs berfokus pada penyediaan lowongan saja. Pun, ada banyak pula yang dilengkapi dengan berita serta artikel seputar karir. Nah, memilih dan memilah portal karir terpercaya tentu sangat penting kamu lakukan. Terlebih maraknya penipuan, buatmu harus makin selektif dalam menerima info. Faktanya, banyak sindikat penipuan yang semakin 'pintar', tak hanya bermodal e-mail, mereka bahkan membeli domain untuk website palsu.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan pedoman untuk menilai, apakah portal karir tertentu menyajikan info yang valid atau justru sebaliknya. Simak, yuk!


1. Tak kenal maka kepoin

Banyak lembaga tertentu yang punya portal karir, terutama lembaga pendidikan tinggi. Jika portal karir yang kamu baca menyatakan mereka bagian dari lembaga tertentu, cari tahu dulu lembaga apakah itu, dan apakah benar mereka punya portal karir dengan nama dan domain tersebut.

“Pastikan juga lembaganya itu valid dan kredibel,” tukas Dewi Astuti, Manajer Brand Communication ECC UGM. Ia melanjutkan, jobseeker perlu menyelidiki track record dari lembaga serta portal karir yang dibaca. “Kalau memang portal itu pernah menyajikan informasi tidak benar atau hoax, bisa jadi itu tidak terpercaya,” ujarnya.

Dewi menambahkan, cara paling mudah mendeteksi apakah sebuah portal terpercaya atau tidak, adalah dengan mengetik nama situs tersebut di mesin pencarian. Jika portal itu tidak kredibel, namanya pasti muncul dalam threat forum-forum, sebagai situs yang menyajikan informasi yang tidak bisa diandalkan.

Sedangkan menurut Rahmi Kartika Sari Prayitno, dalam mencari lowongan ia cenderung mengandalkan portal karir milik universitas atau situs yang sudah sangat dikenal. “Jadi bisa dipastikan, mereka terpercaya,” tukas jobseeker asal UGM ini.


2. Sajikan data primer

Portal karir banyak yang tak semata-mata hanya menyajikan info lowongan saja tapi juga artikel yang berkaitan dengan dunia kerja. Menurut Dewi, mereka yang tidak menyajikan data primer dalam artikelnya, perlu diwaspadai. Jika artikel yang mereka tayangkan hanya berupa saduran, tanpa survei dan olah data mandiri, bisa jadi kurang kredibel.

“Sebenarnya menyadur tidak apa, asal tidak seluruhnya, dan harus dicantumkan sumbernya,” papar Dewi. Menurutnya, portal karir yang demikian menjadikan mereka tampak tidak bertanggung jawab dan juga tidak berbobot. Bukan tidak mungkin, info lowongan yang ditampilkan pun tidak bisa dipertanggungjawabkan.


3. Portal karir baru, tetap selidiki dulu

Beberapa portal karir baru mungkin belum lama muncul sehingga belum punya track record apapun. Dewi menyarankan, untuk menyikapi hal ini, ada satu cara yang paling mudah. “Cari tahu ke website resmi perusahaan bersangkutan yang diiklankan, apakah mereka membuka lowongan tersebut,” jelas Dewi.

Kamu juga bisa mengetik lowongan tersebut di mesin pencarian dan lihat apakah banyak portal karir lain yang juga menampilkan. Karena terkadang, perusahaan memang tidak memasang di website resminya.

Cara ini sudah dilakukan oleh Rahmi. Ia menuturkan, konfirmasi ke perusahaan adalah cara yang paling mudah. “Kalau di website tidak ada, saya langsung telepon ke hotline perusahaan tentang lowongan itu,” ujarnya. Nah, menelepon ke perusahaan itu tidak ada salahnya lho, untuk memastikan!


4. Portal karir, sifatnya membangun

Menyajikan info seputar pekerjaan, portal karir seharusnya memiliki jiwa untuk membangun dan mengedukasi. Jika portal menyajikan info yang mungkin menampilan sisi negatif dari dunia karir, bukan berarti bertujuan menjatuhkan. Namun justru memberikan insight seputar karir, yang berguna bagi masa depan pembacanya. “Artinya, mereka peduli terhadap masa depan pembaca, itu justru portal karir yang baik dan terpercaya,” ujar Dewi.

Kamu sendiri, sudahkan selektif memilih mana portal karir yang kredibel untuk mencari pekerjaan yang paling tepat? Jangan sampai salah pilih ya. Ingat, kejahatan yang memanfaatkan teknologi semakin marak. Jadi, cerdaslah mengantisipasi!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya! Jobseeker / workplace,
Sabtu, 25/11/2017 10:00 WIB Baju Anti Apek Walau Musim Hujan, Ini Tipnya!
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Pilah Pilih Portal Karir Kredibel, Bebas dari Penipuan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png