Workplace, Rabu, 05/10/2016 10:10 WIB

Jadi Atasan Buat yang Usianya Lebih dari 35 Tahun? Pasti Bisa!

Saat harus memimpin sebuah tim yang anggotanya lebih tua, apakah kamu merasa tertantang atau justru khawatir?
Jadi Atasan Buat yang Usianya Lebih dari 35 Tahun? Pasti Bisa!
Banyak perusahaan yang tak lagi memandang usia sebagai parameter dalam menempatkan pegawainya. Hal tersebut memungkinkan Generasi Y atau Z tergabung dalam sebuah tim atau departemen yang usia anggotanya beragam. Namun, jika dipercaya sebagai leader dalam tim tersebut, kira-kira apakah generasi muda ini sudah siap?

Situasi seperti ini seringkali dialami oleh fresh graduate yang langsung dipercaya memimpin sebuah tim. Mereka adalah Generasi Y atau Z yang harus mengorganisasi sebuah kelompok kerja, dimana anggotanya sudah lebih senior daripada mereka, dengan karakterstik yang berbeda pula. Apalagi, generasi yang lebih tua ini sering diidentikkan dengan sifat yang konvensional atau kolot. Tentunya, ini akan menjadi tantangan yang menarik bagi Generasi Y atau Z. Namun, untuk melakukannya, generasi muda ini perlu memahami lagi bagaimana perbedaan karakter setiap generasi. Di lingkungan kerja, saat ini komposisinya diisi oleh tiga, yaitu Generasi X, Y dan Z.

Nah, jika kamu adalah Generasi Y atau Z, kamu perlu punya pengetahuan yang lebih mumpuni dalam menghadapi Generasi X ini. Yuk, simak cara-cara memimpin mereka, dari Sri Muliati, Staf Ahli Psikolog ECC UGM ini!


1. Pahami potensi yang ada

Keterampilanmu dalam memetakan kemampuan anggota kelompok sangat dibutuhkan. Menurut Sri Muliati, atau akrab disapa Lia, Generasi Y atau Z harus mampu membagi tugas sesuai keterampilan anggota kelompoknya. “Hal ini akan memudahkan dalam mencapai goal yang ditargetkan tim dan perusahaan,” jelasnya.

Sebagai contoh, untuk pekerjaan yang lebih mengandalkan tekhnologi, sebaiknya diserahkan ke anggota yang satu generasi denganmu. Sedangkan untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, bisa kamu percayakan ke Generasi X yang ada di kelompokmu.


2. Pelajari karakteristik setiap anggota tim

Menyelami karakter masing-masing anggotamu, merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi perbedaan pendapat. Sebagai leader, saat terjadi konflik antara anggota, kamulah yang berperan sebagai penengah. Dengan memahami masing-masing karakter dari Generasi X, Y atau Z, kamu tidak akan kesulitan dalam mengambil sikap terhadap anggotamu. Dalam hal ini, jiwa kepemimpinan sangat diperlukan. “Sebagai pemimpin harus bisa berperan sebagai orang yang mau menerima keluhan dan bahkan memberikan nasihat ke anggotamu,” papar Lia.


3. Dapatkan respek Generasi X

Semakin kamu menghormati orang lain maka semakin besar juga respek yang kamu dapatkan. Sebagai leader, kamu memang lebih ‘tinggi’ secara jabatan. Namun, jangan lupa, Generasi X punya lebih banyak pengalaman. Pun secara usia, mereka patut untuk kamu hormati.

Namun di sisi lain, kamu juga harus menunjukan kemampuanmu. Billy Boen, melalui bukunya yang berjudul ‘Young On Top’ mengatakan, dengan membuktikan bahwa kamu mampu melakuan pekerjaan dengan baik, merupakan cara paling tepat untuk mendapatkan respek anggota tim kamu yang lebih tua. Intinya, buat agar Generasi X yakin bahwa kamu mampu memimpin mereka.

Ketika menjadi pemimpin, artinya kamu bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi dalam tim tersebut. Maka, jadilah pemimpin yang cekatan serta penuh tanggung jawab. Karena dengan begitu, kamu akan mendapatkan dukungan penuh dari anggota tim, tidak peduli berapa usiamu. Tetap semangat dalam melalui berbagai tantangan, ya!



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
8 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung Workplace,
Kamis, 03/08/2017 12:00 WIB 8 Cara Jitu Sisihkan Gaji Untuk Ditabung
[CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya? Workplace,
Selasa, 27/12/2016 14:57 WIB [CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya?
[CANDID] Sukses Ala Google Company, Ini Rahasianya! Workplace,
Jumat, 28/10/2016 11:06 WIB [CANDID] Sukses Ala Google Company, Ini Rahasianya!
[CANDID] Enam Cara Biar Kamu Enggak Susah Ingat Nama Orang Workplace,
Jumat, 21/10/2016 10:53 WIB [CANDID] Enam Cara Biar Kamu Enggak Susah Ingat Nama Orang
Jadi Atasan Buat yang Usianya Lebih dari 35 Tahun? Pasti Bisa! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png