Career Issue, Kamis, 22/02/2018 09:21 WIB

Sepele Tapi Bawa Pengaruh Besar Saat Jobfair!

Terlihat tak seberapa tapi hal-hal ini wajib kamu perhatikan saat ikut jobfair, lho. Coba simak artikel berikut ini.
Sepele Tapi Bawa Pengaruh Besar Saat Jobfair!
Seringkali, ada hal-hal kecil sepele tapi penting, luput dari perhatian jobseeker saat ke jobfair. Meski sederhana, hal-hal ini bisa lebih mengefisienkan waktu dan memberi impresi yang baik di mata officer. Pun bisa jadi faktor yang buatmu diterima di perusahaan impian!

Meski dijejali oleh ribuan jobseeker, officer perusahaan bisa saja memerhatikan setiap orang yang datang ke booth-nya. Jika kamu memberi impresi yang baik, kamu tentu tidak akan 'menodai' lamaran kerja yang kamu masukkan. Bagaimana jika kamu membuat kesalahan kecil yang bisa jadi membekas di ingatan officer? Bisa-bisa, jalan karirmu menuju pekerjaan impian tersandung karena hal tersebut.

Nah, untuk menghindari beberapa kesalahan kecil yang bisa kamu cegah saat datang ke job fair nanti, Careernews akan sedikit berbagi. Simak yuk, apa saja yang perlu kamu siapkan dan kamu ingat!


1. Klip kertas dan lem

Dua hal yang terkesan sepele ini banyak manfaatnya lho. Ketika kamu harus menyatukan beberapa dokumen sesuai permintaan perusahaan, klip kertas akan sangat dibutuhkan. Jika kamu menggunakan stapler, kamu bisa merusak dokumen ketika harus mengelompokan per jenisnya, apalagi jika di situ kamu juga mesti melampirkan pas foto.

Sedangkan untuk lem, beberapa perusahaan ada yang meminta kamu menempelkan pas foto di CV, jadi bawalah perekat kertas ini agar kamu tidak bingung mencarinya di lokasi nanti. Kecil, tapi penting, bukan?


2. Alat tulis lengkap

Dengan membawa alat tulis lengkap, kamu akan siap ketika diminta menulis atau mengisi sesuatu selama jobfair berlangsung. Apalagi jika ternyata kamu langsung dipanggil untuk ikut tes tertulis, tidak membawa alat tulis lengkap bisa fatal dan memberi impresi kurang baik pada perekrut. Bawalah pena, pensil 2B dan HB, peraut pensil, dan penghapus. Usahakan tidak hanya satu, bawa cadangan untuk berjaga-jaga jika rusak atau hilang.


3. Map plastik

Usahakan untuk menyimpan berkas-berkas yang kamu bawa dalam map plastik. Ini menghindari kotor atau basah dengan berbagai sebab. Selain itu, susunlah dengan rapi tiap berkas. Kelompokan per bundel, jadi saat harus menyerahkan ke perusahaan kamu tidak perlu menyusun lagi berkas yang diperlukan.


4. Lepas jaket

Bagi kamu yang naik motor, seringkali kamu lupa dan tetap mengenakan jaket ketika masuk ke area jobfair. Jangan sampai terjadi, memakai jaket akan membuatmu terkesan tidak rapi dan formal.


5. Sapu tangan atau tisu

Suasana jobfair yang ramai dan padat bisa membuatmu lebih banyak berkeringat. Bawalah tisu atau sapu tangan untuk membersihkannya. Kamu tentu tidak ingin diingat oleh officer perusahaan sebagai jobseeker yang 'keringatnya menetes-netes', bukan?


6. Watch your attitude

Bukan cuma penampilan, attitude-mu juga jadi perhatian perekrut, lho. Meski ingin menarik perhatian dan memberikan impresi yang baik pada officer perusahaan, tetap jaga kesopanan ya. Jangan memberi tanggapan atau bertingkah berlebihan dalam merespon penjelasan mereka.

Bertanya pada mereka memang bisa memberikan impresi yang baik tapi usahakan kamu melontarkan kalimat yang bermutu, jangan ajukan pertanyaan yang 'bodoh,' baik di booth, ataupun saat presentasi perusahaan. Jika memang kamu tidak punya pertanyaan untuk diajukan, maka jangan memaksakan diri dengan pertanyaan ala kadarnya.


7. Baca informasi lebih dulu sebelum bertanya

Di setiap booth, biasanya disediakan informasi seputar lowongan, berikut kualifikasi, berkas yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti, dan tanyakan pada officer perusahaan jika masih ada yang kurang jelas. Informasi tersebut dipajang bukan sekadar untuk hiasan tapi untuk memudahkan jobseeker dan juga officer itu sendiri.


8. Download katalog dan teliti lowongan

Kamu juga harus melihat dulu lowongan apa yang dibuka sebelum datang ke jobfair. Akses melalui website perusahaan, atau website penyelenggara jobfair. Di 23rd Career Days pada 3-4 Maret nanti, kamu bisa mengakses informasi lowongan lebih dahulu via online, melalui website ECC UGM. Jadi, ketika sampai di jobfair, kamu sudah mengantongi informasi dan menyiapkan berkas yang kamu butuhkan sebelumnya. Lebih efisien dan hemat energi, bukan?


9. Cermat baca papan petunjuk

Area jobfair yang luas tidak perlu membuatmu kalah mental dan merasa lelah sebelum 'bertanding.' Antisipasi dengan membaca semua papan petunjuk dengan cermat. Seperti di mana letak toilet, pintu keluar, ruang presentasi, ruang seleksi, dan lain sebagainya. Kamu juga perlu mencermati peta area acara yang ada di sana. Jadi, kamu tak perlu buang waktu hanya karena bingung mencari.


10. Bawa air mineral

Padatnya suasana jobfair tentu akan menguras energimu. Jangan lupa bawa bekal air mineral secukupnya untuk mengobati rasa lelahmu. Pastikan botolnya tertutup rapat agar tidak tumpah saat dimasukkan ke dalam tas bersamaan dengan berkas-berkasmu.

Bagaimana, bukan hal-hal besar bukan? Tapi jika terlupa, bisa jadi menimbulkan masalah besar. Jemput karir impian harus dengan persiapan matang, dan usahakan tanpa cela. Semoga sukses, ya!


Sudah siap datang ke 23rd Career Days pada 3-4 Maret mendatang? Jangan lupa unduh kartu masukmu ya.

Bagi member, cukup klik banner cetak tanda masuk pada halaman akun headquarter akun masing-masing. Bagi non member bisa klik pranala berikut :

http://bit.ly/registrasiCD23.




Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses! Enterpreunership,
Jumat, 27/04/2018 16:23 WIB Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses!
6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu! Workplace,
Selasa, 13/03/2018 15:20 WIB 6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
Sepele Tapi Bawa Pengaruh Besar Saat Jobfair! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png