Jobseeker / workplace, Senin, 22/08/2016 10:10 WIB

Datang dari Luar Kota Khusus Buat ke 20th Career Days UGM? Ikuti Pedoman Ini!

Jobfair akbar satu ini akan dihelat di Jogja. Kamu yang mau datang, ada beberapa hal yang perlu kamu catat!
Datang dari Luar Kota Khusus Buat ke 20th Career Days UGM? Ikuti Pedoman Ini!
Tak akan repot jika jobfair diadakan di kota tinggalmu. Beda jika kamu ikut jobfair di kota lain, jelas butuh persiapan ekstra. Kamu harus memikirkan banyak hal, misalnya transportasi, tempat istirahat, dan lain sebagainya.

Kamu yang dari luar kota, ada pedoman untuk ikut jobfair kota lain tanpa perlu repot lho. Sri Muliati Abdullah, M. Psi., Psikolog dan Senior Assessor ECC UGM, akan berbagi cara mudah menyiapkan diri untuk datang ke 20th Career Days, di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM nanti. Baca dan praktekkan, yuk!


1. Sudah tahu info lengkapnya, belum?

Pastikan bahwa kamu sudah mengantongi informasi lokasi, tanggal, dan jam pelaksanaan jobfair. Jangan sampai salah jadwal ya! Kontak langsung ECC UGM untuk memastikan atau teliti lagi pengumuman resminya.

Kamu juga mesti cari tahu seputar pelaksanaan acara ini nanti. Bagaimana cara masuknya, perusahaan apa saja yang ada di sana, fasilitas yang disediakan, bagaimana cara apply di tiap perusahaan, dan lain sebagainya. Kunjungi microsite  20th Career Days UGM untuk tahu info detailnya. 


2. CV, cover letter, ijazah dan berkas lain: wajib dibawa!

Selain bawaan pribadi, hal lain yang perlu kamu siapkan dengan teliti adalah berkas untuk kepentingan jobfair. Pastikan kamu sudah punya beberapa CV dan cover letter yang ditujukan untuk perusahaan incaran. Bawa juga beberapa lembar foto kopi ijazah, transkrip nilai, serta pas foto berbagai ukuran.

Selain itu, kamu juga perlu siapkan CV, cover letter, dan pas foto dalam bentuk soft file. Ini untuk berjaga-jaga jika ternyata kamu butuh lebih banyak dan menghindari gagal melamar karena berkas yang rusak atau hilang. Ingat, jika berkas tertinggal atau kurang dan kamu tidak membawa cadangan, keberangkatanmu ke luar kota bisa sia-sia.


3. Cegah lelah perjalanan, cari penginapan low cost sekitar UGM

Jika kota asalmu jauh, sebaiknya kamu menginap agar tidak lelah dan bisa menyiapkan keperluan untuk besok. Kamu bisa menginap di rumah teman atau mencari penginapan. Di sepanjang Jalan Kaliurang dan Gejayan, yang tidak jauh dari GSP, banyak terdapat penginapan murah yang bisa kamu jadikan tempat istirahat. Cari juga di daerah sekitar UNY, Rumah Sakit Sardjito, Terban, dan kawasan lain yang tidak jauh dari UGM.

Untuk kamu member ECC, kamu bisa gunakan kartu member untuk menginap di merchant penginapan dengan harga lebih murah. 


4. Lebih hemat dan bebas macet, manfaatkan transportasi umum

Kamu harus lebih dulu melakukan riset tentang kondisi di sana, terutama soal transportasi. Untuk mencapai GSP, kamu bisa menaiki beberapa tranportasi umum. Misalnya taksi, bus kota, ojek, bus Trans Jogja, becak, dan lain sebagainya.

Untuk bus umum, pilih yang melewati Jalan Kaliurang atau kawasan Bulaksumur UGM. Untuk Trans Jogja, cari yang bisa membawamu turun di shelter Kopma UGM, atau di halte portable Fakultas Kedokteran Gigi. Keduanya yang terdekat untuk menuju GSP. Agar tidak tersesat, tanyalah pada petugas dan jelaskan kemana tujuanmu.


5. Kawasan kampus, bertebaran warung makan hemat ala mahasiswa

Tak perlu bingung mencari tempat makan. Di sekitaran kawasan UGM dan UNY, bertebaran berbagai tempat makan, dari yang murah meriah hingga yang seharga uang saku satu pekan. Beragam jenis makanan dari berbagai daerah bisa kamu nikmati, banyak pula yang buka selama 24 jam.

Dari sore hingga larut malam, sepanjang Jalan Kaliurang banyak warung tenda yang dibuka dan menyediakan menu dengan harga murah dan rasa yang lezat. Selain itu, di kawasan kos mahasiswa banyak terdapat Burjo atau Warmindo, yaitu warung makan murah meriah dan menyediakan berbagai menu makan harian yang bisa kamu temui di setiap jam. Jika ingin makan sehat, kunjungi warung makan prasmanan yang menyediakan menu masakan rumahan sayuran dan lauk pauk dengan harga hemat. Jadi, jangan takut kelaparan, ya!


6. Jangan hanya satu baju, siapa tahu langsung interview!

Buatlah daftar apa saja yang harus kamu bawa untuk kepentingan selama di luar kota, dan juga untuk kebutuhanmu selama berada jauh dari rumah. Jangan sampai ada yang tidak terbawa padahal kamu sudah sampai di Yogyakarta.

Perjalanan dan hidup di luar kota meski hanya beberapa waktu, butuh bekal yang lebih banyak. Apalagi 20th Career Days UGM diadakan selama dua hari, usahakan kamu selalu datang setiap hari. Selain itu, Career Days nanti ada beberapa perusahaan yang langsung mengadakan tes tertulis atau walk in interview. Jadi, siapkan baju dan sepatu yang formal sesuai dengan standar ketika kamu akan mengikuti wawancara kerja. Jangan hanya bawa satu pasang baju ya, siapkan dua atau lebih.

Tenang saja, Yogyakarta adalah kota yang ramah bagi siapa saja. Jika tersesat atau kebingungan mencari lokasi, kamu bisa bertanya pada orang yang kamu temui. Asalkan tetap sopan dan low profile, mereka pasti akan membantumu dengan senang hati. Kamu juga pasti akan bertemu dengan banyak jobseeker lain dari luar kota yang bisa diajak pergi bersama. Sampai bertemu di 20th Career Days UGM nanti, hati-hati di jalan, ya!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan Jobseeker / workplace,
Selasa, 14/11/2017 15:09 WIB Simak Kisah Mereka Yang Kerja Tak Sesuai Jurusan
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin! Jobseeker / workplace,
Senin, 06/11/2017 00:00 WIB Dimutasi Kerja? Enjoy Aja, Simak Tipnya Dari Christin!
Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya? Jobseeker / workplace,
Senin, 30/10/2017 00:00 WIB Adaptasi Buat Kamu Kuat Hadapi Tantangan, Kok Bisa Ya?
Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik? Jobseeker / workplace,
Kamis, 19/10/2017 00:00 WIB Sangat Aktif Bicara Saat LGD, Apa Bakal Selalu Dinilai Baik?
Datang dari Luar Kota Khusus Buat ke 20th Career Days UGM? Ikuti Pedoman Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png