Jobseeker / workplace, Kamis, 23/06/2016 11:55 WIB

Hati-hati, Oknum Penipu Bermodus Panggilan Rekrutmen Makin Pintar!

Mulai dikenali banyak jobseeker apa saja trik-trik yang digunakan, penipu pun mengembangkan cara lain.
Hati-hati, Oknum Penipu Bermodus Panggilan Rekrutmen Makin Pintar!
Penipuan bermodus panggilan rekrutmen perusahaan masih saja terjadi. Kendati banyak jobseeker yang kini lebih teliti, para penipu tidak berhenti, justru mencari cara lain yang lebih meyakinkan calon korban. Apa saja?

Ada beberapa cara yang kini mulai digunakan oleh mereka. Simak ya, agar kamu tidak jadi korbannya!


Mengganti nama e-mail

E-mail tak hanya terdiri dari alamat saja tapi ada nama pengguna yang harus dicantumkan. Nah, beberapa e-mail hosting memang ada yang sudah memiliki pengaman ekstra. Pengguna tidak bisa seenaknya mengganti nama dengan nama perusahaan misalnya.

Namun, ada juga e-mail hosting yang membebaskan pengguna mengganti dengan nama apa saja. Ini dimanfaatkan oleh penipu untuk memberi nama pengguna dengan alamat e-mail asli dari perusahaan. Ia akan membuat e-mail dengan domain yang hampir mirip seperti milik perusahaan yang akan diatasnamakan. Kemudian, dengan mengganti nama pengguna seperti e-mail asli perusahaan, calon korban bisa saja tertipu.

Sebagai contoh, jika mereka akan mengatasnamakan ECC, maka mereka akan membuat e-mail admin@ecc.co.id. Namun, untuk lebih meyakinkan maka ditambahkan e-mail asli ECC pada kolom nama pengguna. Jadi,  nama pengirim yang muncul menjadi: admin@ecc.ft.ugm.ac.id <admin@ecc.co.id>.

Ini bisa sangat mengecoh calon korban karena pada inbox e-mail, nama pengirim yang akan muncul adalah sesuai nama pengguna, bukan alamat e-mail mereka. Jobseeker bisa mengira bahwa panggilan ini adalah asli karena menggunakan e-mail sesuai yang ada di website perusahaan, tanpa mereka sadari bahwa e-mail tersebut sebenarnya ada nama rekayasa yang dibuat penipu.


Website perusahaan

Tak hanya membuat e-mail, mereka juga rela bersusah payah membuat website tiruan sesuai dengan domain e-mail palsu mereka. Contohnya, jika alamat website ECC yang asli ada ecc.ft.ugm.ac.id, mereka akan membuat dengan domain ecc.co.id. Konten website-nya tentu saja disesuaikan dengan skenario penipuan yang mereka lancarkan.


Nama officer

Penipu juga berusaha mencari nama HRD atau orang dalam perusahaan untuk dicantumkan sebagai orang yang bertanda tangan di bagian lampiran surat panggilan rekrutmen palsu. Tanda tangan pun akan dibuat semirip mungkin. Jobseeker pun akan mudah percaya tanpa berpikir panjang.


Alamat pengiriman berkas

Dalam rekrutmen, beberapa perusahaan memang meminta calon kandidat mengirimkan berkas secara offline. Alamat kantor yang diberikan pun akan dipalsukan sehingga tidak akan sampai ke perusahaan yang asli.


Nomor telepon

Tak kurang akal, penipu biasanya memberikan telepon yang hampir mirip dengan yang asli. Hanya berbeda satu angka saja sehingga seringkali bagi jobseeker yang kurang teliti, akan mudah terkecoh.

Berhati-hati pada setiap panggilan seleksi yang datang memang harus tetap kamu lakukan. Pastikan kamu mencari info yang benar seputar alamat, website, dan kontak asli perusahaan. Ingat, pasti akan ada kejanggalan yang bisa kamu temui pada modus penipuan seperti ini. Teliti semua aspek yang bisa menjadi poin-poin penipuan.

Panggilan asli dari perusahaan selalu menunjukkan profesionalisme dari berbagai segi, mulai dari cara penyampaian, penulisan kalimat, dan lain sebagainya. Bagi panggilan seleksi apapun yang meminta sejumlah uang, kamu harus ekstra hati-hati. Konfirmasi ke perusahaan secara langsung bisa jadi pilihan yang tepat.

Tetap teliti, hati-hati dan selalu waspada, ya!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Hero Oka

[CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya? Workplace,
Selasa, 27/12/2016 14:57 WIB [CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya?
Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 23/01/2017 14:05 WIB Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja
[Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok! Jobseeker / workplace,
Selasa, 20/12/2016 09:41 WIB [Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok!
[CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes! Jobseeker / workplace,
Selasa, 15/11/2016 10:40 WIB [CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes!
[CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi? Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 14:06 WIB [CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi?
[CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu! Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 11:26 WIB [CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu!
Hati-hati, Oknum Penipu Bermodus Panggilan Rekrutmen Makin Pintar! | CAREERNEWS
1484288745_homepag_event_1.png