Jobseeker / workplace, Kamis, 31/03/2016 11:48 WIB

Panggilan Seleksi ke Luar Kota, Seberapa Siapkah Kamu?

Kamu dipanggil ikut seleksi, tapi pelaksanaannya di luar kota? Jangan anggap enteng, ada banyak hal yang harus kamu siapkan!
Panggilan Seleksi ke Luar Kota, Seberapa Siapkah Kamu?
Pelaksanaan tes di luar kota mungkin terjadi di masa pencarian kerjamu. Bisa jadi pelaksanaannya dipusatkan di kantor utama perusahaan, atau memang hanya diadakan di kota-kota tertentu. Lalu, apa konsekuensi untukmu?


Hal Ini tentu mengharuskanmu melakukan perjalanan ke kota lain. Jadi, kamu pastinya membutuhkan persiapan matang untuk perjalanan seleksi di kota lain ini.


Perjalanan luar kota, jangan anggap enteng

Banyak tantangan yang harus kamu hadapi saat harus menempuh perjalanan yang cukup jauh ke kota tetangga. Tantangan ini bisa jadi kendala jika tidak kamu tangani dengan baik. Misalnya dari segi fisik, perjalanan jauh bisa menyebabkan kamu kelelahan, mengantuk saat tes, sakit, atau bahkan mengalami kecelakaan di perjalanan karena terburu-buru. Ini bisa mengurangi kesiapanmu dalam menjalani proses seleksi.

Selain itu, menempuh perjalanan antarkota juga bisa mengalami berbagai hambatan. Dari jalanan  macet, transportasi mogok, jarak tempuh yang jauh, dan lain sebagainya. Apalagi jika sampai terlambat, kamu bahkan bisa terancam tidak bisa mengikuti seleksi. Sayang sekali bukan, jika sudah lolos tapi justru tidak bisa mengikuti seleksinya?


Perhitungkan berbagai kemungkinan

Nah, untuk menghindari banyaknya hambatan yang bisa menggagalkan proses seleksimu, simak tips dari Sri Muliati Abdullah, M. Psi., Psikolog dan Senior Assesor ECC UGM, tentang bagaimana menyiapkan diri untuk menghadapi seleksi yang diadakan di luar kota ini, yuk!


1. Cari informasi pelaksanaannya

Pastikan bahwa kamu telah mengantongi informasi lokasi dan jam pelaksanaan. Jangan sampai salah jadwal, hubungi pihak pelaksana langsung, atau teliti kembali di pengumuman resminya untuk memastikannya.


2. Buat daftar

Buatlah daftar apa saja yang harus kamu bawa untuk kepentingan seleksi dan untuk kebutuhanmu selama berada jauh dari rumah. Beri tanda apa yang sudah ada di dalam tas sehingga tak ada yang terlewat. “Jangan sampai ada yang tidak terbawa padahal kamu sudah sampai di kota tujuan,” ujar Lia, panggilan akrabnya.


3. Datang lebih awal

Usahakan untuk datang paling tidak satu jam sebelum pelaksanaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu satu jam tersebut untuk menyiapkan berbagai keperluan dan registrasi. Kamu juga akan lebih tenang dengan datang tanpa tergesa-gesa.


4. Perkirakan waktu tempuh

Berapa lama durasi perjalanan hingga sampai ke lokasi tes? Untuk bisa sampai satu jam sebelumnya tentunya kamu harus berangkat lebih awal. “Akan lebih baik jika kamu menginap di kota tersebut untuk menghindari adanya kendala perjalanan yang berakibat pada keterlambatan mengikuti tes,” jelas Lia.


5. Cari penginapan

Jangan mencari tempat menginap saat sudah tiba di kota tujuan. Usahakan untuk mencarinya lebih dulu, dan melakukan booking. Pastikan lokasi menginap tidak terlalu jauh dari lokasi pelaksanaan tes.

Bagi kamu member ECC yang akan melaksanakan seleksi di Yogyakarta, kamu bisa mencari penginapan dengan menggunakan fasilitas merchant dengan harga spesial. Lebih lengkapnya, bisa kamu cek di sini. 

Namun, jika kamu ingin sedikit berhemat, kamu bisa menginap di rumah saudara, teman, atau kenalan yang berada di kota tersebut.

Datang sebelum hari pelaksanaan tes berimu banyak benefit, seperti terhindar dari keterlambatan dan bisa beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Kamu pun akan lebih siap secara fisik dan mental untuk menjalani proses seleksi.


6. Antisipasi segala keadaan

Mengantisipasi segala kemungkinan perlu kamu lakukan. Misalnya, jika kamu mudah masuk angin saat perjalanan, maka antisipasi dengan membawa obat dan hindari terpapar udara dingin. Selain itu, dari segi perjalanan, perlu kamu ingat bahwa jalanan tidak bisa dipastikan kondisinya. “Bisa saja kamu terjebak macet, keberangkatan yang di-delay, kendaraan mogok di jalan, dan lain sebagainya,” papar Lia. Antisipasi dengan datang maksimal sore sebelum hari pelaksanaan.

Kamu juga perlu mengingat bahwa jam berangkat ke lokasi tes biasanya bersamaan dengan jam berangkat sekolah dan kerja sehingga keadaan jalan jauh lebih ramai. Perkirakan kemungkinan ini juga, ya!


7. Informasi alur tes

Beberapa perusahaan mengadakan tes selama beberapa hari berturut-turut. Bagi yang lolos hari pertama, akan dipanggil untuk hari kedua, begitu seterusnya. Informasi kandidat yang lolos biasanya diumumkan di malam hari setelah pelaksanaan tes.

Kamu harus cermati alur tes perusahaan yang kamu lamar. Sebaiknya jangan pulang dulu jika kamu tahu kamu lolos ke tahap selanjutnya dan harus tes di hari berikutnya.


8. Siapkan bekal

Perjalanan dan hidup di luar kota meski hanya beberapa waktu, membutuhkan bekal yang lebih banyak. Pastikan kamu sudah membawa bekal yang cukup untuk mengikuti proses seleksi hingga selesai.

Nah, persiapan yang cukup akan membawamu pada performa terbaik daat mengikuti tes. Jangan sampai, kamu datang dalam keadaan terengah-engah dan nampak tidak siap. Semoga sukses meraih karir impianmu, ya!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD Jobseeker / workplace,
Kamis, 12/10/2017 17:25 WIB Jangan Takut! Ini Dia Tip Hadapi LGD
Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage Jobseeker / workplace,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Menghadapi Persaingan Global ala Suntory Garuda Beverage
Jobseeker / workplace,
Rabu, 13/09/2017 00:00 WIB "Think Again" Saat Menerima Tawaran Kerja, Agar Tak Menyesal Nanti
7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 31/07/2017 16:00 WIB 7 Tips Ini Bikin Kamu Prima Saat Cari Kerja
Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 12/07/2017 17:00 WIB Dear Jobseeker, Mari Bertoleransi dan Jauhi Lima Hal Ini!
Panggilan Seleksi ke Luar Kota, Seberapa Siapkah Kamu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png