Jobseeker / workplace, Kamis, 31/12/2015 15:26 WIB

Hai Pencari Kerja, Sudahkah Daftar Ini Masuk di Resolusi 2016-mu?

Tahun baru identik dengan awal baru. Momen ini jadi momen untuk menetapkan target yang ingin dicapai selama tahun depan.
Hai Pencari Kerja, Sudahkah Daftar Ini Masuk di Resolusi 2016-mu?
Berbicara masalah resolusi, bukanlah berbicara tentang sebagus apa targetan yang ingin kita raih di masa depan. Hal terpenting dari sebuah resolusi ialah proses dalam pencapaian targetan tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika para pencari kerja tidak membuat resolusi tahun baru yang terlalu 'neko-neko'. Buatlah resolusi yang realistis tapi tetap optimistik.

Kali ini, Careernews ingin memberikan tips bagi sobat pencari kerja, berupa beberapa resolusi yang bisa kamu jadikan sebagai resolusi tahun baru 2016-mu, yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Upgrade kelengkapan diri

Resolusi sederhana ini bisa langsung kamu jalankan di awal tahun. Resolusi menarik yang masih jarang terpikirkan orang banyak ini, dikutip dari Tonfeb.com.

Maksud dari kelengkapan diri yang di-upgrade adalah kelengkapan yang lumrah kamu persiapkan untuk melamar kerja. Hal-hal terkait kelengkapan diri yang dimaksud, seperti memperbarui pas foto dan Curiculum Vitae, membersihkan email dan file laptop yang sudah tidak digunakan lagi, mempersiapkan wardrobe khusus untuk mengantisipasi hal-hal terkait seleksi penerimaan kerja atau wawancara mendadak, dan lain sebagainy.


2. Upgrade kompetensi diri

Setelah melakukan pengembangan pada kelengkapan diri, ada baiknya pada resolusi selanjutnya, kamu melakukan upgrade terhadap kompetensi dirimu. Kompetensi diri dapat berupa kompetensi soft skill, seperti kemampuan memimpin, komunikasi efektif, teamwork, dan kompetensi lain. Hal ini diungkapkan oleh Siska Marga Rene, Konselor ECC UGM.

Siska berujar, tren penerimaan kerja saat ini lebih mencari dan mengutamakan kandidat yang memiliki soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Hal ini karena perusahaan membutuhkan kandidat yang telah mempersiapkan diri dan dirasa mampu beradaptasi dengan dinamika dunia kerja.

“Jadi, tren yang sekarang berkembang, kandidat yang dicari tidak lagi kandidat yang hanya mumpuni secara ilmu,” ucap Siska.


3. Review atau membuat review

Banyak hal yang bisa ditulis tentang review karirmu, mulai dari keberhasilan atau kegagalan, serta tren-tren yang sedang berkembang di ranah kerja yang kamu geluti. Melakukan review terhadap tren di dunia kerja yang kamu geluti akan sangat berguna apabila ranah pekerjaanmu sangat dinamis dan terkait hal-hal yang bersifat digital. Misalnya, kamu bekerja di dunia desain grafis, arsitektur, penulis berita portal online, atau sejenisnya. Jika kamu sudah melakukannya di tahun lalu, kamu tinggal mengulas review-mu sebagai pertimbangan di tahun ini.

Siska turut menambahkan, hal-hal selanjutnya yang dapat kamu perhatikan untuk di-review adalah kompetensi yang dibutuhkan dalam ranah kerja yang sedang atau ingin kamu geluti. Jika masih ada kompetensi ilmu yang belum terpenuhi, jobseeker bisa me-review kegiatan training yang telah dipublikasikan dari biro-biro, pusat pelatihan, atau graha karir terkait.


4. Mulai memikirkan masalah keuangan

Resolusi ini sangat berguna untuk para pencari kerja, atau mereka yang masih belum bekerja tetap, entah magang atau sebagi freelancer karena aspek keuangan cepat atau lambat pasti akan kamu hadapi. Kamu bisa memulainya dengan membuat laporan keuangan atau rincian biaya hidup bulanan yang juga sederhana.


5. Menabung

Masih berkisar di ranah keuangan, resolusi ini sederhana tapi paling susah untuk dilakukan karena resolusi ini membutuhkan konsistensi sepanjang tahunnya. Bukan apa-apa, mencari kerja juga terkadang membutuhkan modal. Misalnya kamu ingin menambah pengalaman melalui seminar-seminar atau job training yang kebanyakan bersifat berbayar. Maka menabunglah!

Kelima resolusi ini sangat sederhana dan pasti akan berandil dalam menunjang karirmu di masa depan. Jika kamu sepakat, tunggu apa lagi? Tambahkan lima poin ini dalam resolusi tahun baru 2016-mu. Semangat, kawan!



Penulis          : Fahmi Rijalul

Editor            : Yuana Anandatama

Foto               : Riska Hasnawaty

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:25 WIB Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!
Hai Pencari Kerja, Sudahkah Daftar Ini Masuk di Resolusi 2016-mu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png