Jobseeker / workplace, Selasa, 24/02/2015 11:00 WIB

Menjadi Jurnalis Travel Profesional? Hmm, Siapa Takut!

Jadi jurnalis travel profesional itu tak cuma jalan-jalan tetapi juga harus siap menghadapi banyak tantangan. Berani?
Menjadi Jurnalis Travel Profesional? Hmm, Siapa Takut!
Berkarir sebagai seorang jurnalis travel tidak hanya membutuhkan kemampuan yang handal dalam bidang jurnalistik. Sebagai seorang petualang yang bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain, seorang jurnalis travel diperhadapkan pada tiga hal yaitu mobilitas, tuntutan efisiensi, dan kualitas karya. 

Jurnalis travel yang profesional adalah mereka yang memiliki sejumlah paket skill untuk menjawab tiga tuntutan di atas. Dengan demikian, ia mampu memanjakan pembaca dengan rasa dan cerita dari sebuah perjalanan. 

Tips dari Teguh Wicaksono yang pernah mengecap pengalaman sebagai jurnalis travel National Geographic ini akan sangat membantumu untuk memiliki satu paket skill menjadi seorang jurnalis travel profesional. Simak yuk! 


1. Tanpa riset = percuma saja

Riset adalah PR seorang jurnalis travel yang hendak terjun ke lapangan. Sebelum liputan, kerjakan dua hal tersebut terlebih dahulu untuk membuat liputanmu lebih efisien. Riset membantu memberikan gambaran akan tempat destinasimu, apa saja yang akan kamu temui, sehingga kamu tahu apa saja yang harus dipersiapkan. “Datang tanpa hasil riset akan membuat perjalanan Anda percuma,” ungkap Teguh.


2. Biar efektif, susun agenda

Sama seperti riset, menyusun agenda liputan juga harus dikerjakan sebelum turun ke lapangan. Agenda liputan adalah susunan rencana kegiatanmu selama liputan, yang dibuat berdasarkan outline tulisan. 

Destinasi tempat yang dituju tentu saja memiliki banyak hal menarik yang perlu dieksplorasi satu persatu, mulai dari kuliner, masyarakat, dan budaya lokal lainnya. Agenda itu akan membantumu untuk mencapai efisiensi waktu peliputan. “Meliput sebuah destinasi wisata bukanlah kegiatan liburan. Pastikan Anda tetap profesional dan efektif selama liputan,” tegas Teguh.


3. Berlatih berkisah melalui tulisan

Kisah merupakan kekhasan dari travel writing. Tujuan seseorang membaca artikel travel tidak hanya untuk mencari informasi mengenai  fakta yang seluruh dunia sudah tahu, seperti lokasi, kuliner khas, dan sebagainya. Informasi tersebut bisa didapatkan hanya dengan berselancar di Google. Pastikan tulisanmu berisi kisah dengan memberikan konteks terhadap tulisan. “Berikan konteks terhadap tulisan dan pastikan bahwa fakta yang Anda tawarkan kepada pembaca masih valid, relevan, dan masuk akal,” tambahnya.


4. Perluas comfort zone

Seorang jurnalis travel harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Keharusannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang bisa saja memiliki perbedaan drastis (misalnya dari pantai ke hutan terpencil) adalah satu tantangan yang pasti ditemui oleh seorang jurnalis travel. Untuk itu, menurut Teguh, seorang jurnalis travel harus memperluas zona nyamannya yang memungkinkannya untuk cepat beradaptasi. 

Bagaimana? Siap menjadi jurnalis sekaligus petualang? Baca juga pengalaman Teguh Wicaksono menjadi jurnalis travel, hanya di Careernews! [CN]



Penulis    : Grattiana Timur

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

[CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya? Workplace,
Selasa, 27/12/2016 14:57 WIB [CANDID] Kerja Malah Bikin Tubuh Makin Gemuk, Kenapa Ya?
Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja Jobseeker / workplace,
Senin, 23/01/2017 14:05 WIB Ini Jawaban yang Bisa Kamu Berikan Saat Ditanya Soal Penempatan Kerja
[Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok! Jobseeker / workplace,
Selasa, 20/12/2016 09:41 WIB [Capture] Salah Saat Proses Wawancara? Kamu Bisa Hindari Itu Kok!
[CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes! Jobseeker / workplace,
Selasa, 15/11/2016 10:40 WIB [CAPTURE] Ini lho, Lima Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Psikotes!
[CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi? Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 14:06 WIB [CANDID] Part 1 - Jobseeker, Sudahkah Kamu Lakukan Hal Ini Saat Proses Seleksi?
[CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu! Jobseeker / workplace,
Selasa, 08/11/2016 11:26 WIB [CANDID] Butuh Partner Buat Capai Impian Karir? Ini Dia yang Tepat Buat Kamu!
Menjadi Jurnalis Travel Profesional? Hmm, Siapa Takut! | CAREERNEWS
1484288745_homepag_event_1.png