Jobseeker / workplace, Minggu, 22/02/2015 02:00 WIB

Sekilas Kunci Menjadi Wartawan Kuliner

Suka makan tentu saja bukan satu-satunya syarat menjadi seorang wartawan kuliner. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggeluti profesi ini.
Sekilas Kunci Menjadi Wartawan Kuliner
Mungkin kamu membayangkan menjadi wartawan kuliner itu menyenangkan. Makan di sana, makan di sini, sambil bercerita. Kamu akan berjalan-jalan dan mampir makan tiap kali menemukan kuliner khas. Tunggu dulu, kamu perlu tahu hal-hal berikut ini sebelum jadi wartawan kuliner.

Rizkie Nurindiani, seorang freelancer di Tabloid Saji dan Majalah Sedap yang pernah bekerja tetap di detikFood memberikan beberapa saran yang bisa kamu lakukan jika ingin menjadi seorang wartawan kuliner. Tak banyak saran dari perempuan yang juga pernah mengelola website trulyjogja.com ini. Jadi kamu bisa mencobanya. Apa saja?


1. Pahami bidang

Profesi jurnalis umumnya memiliki spesifikasi tertentu. Kita mengenal beragam jenis jurnalis, seperti jurnalis kuliner, olahraga, musik, otomotif, dan lain-lain. Oleh karenanya, pemahaman akan bidang jurnalisme yang ditekuni menjadi penting bagi wartawan yang menekuninya. Pemahaman ini bisa didapat dari orang yang lebih berpengalaman, atau dari sumber-sumber berupa buku. 

Dalam konteks jurnalis kuliner, buku-buku kuliner bukan hanya terdiri dari buku resep. Buku-buku tentang filosofi makanan, hubungan antara makanan dengan suatu peradaban, buku-buku yang membahas aspek kuliner lainnya, wajib untuk dikonsumsi seseorang yang ingin menggeluti dunia tersebut.


2. Cintai dunia kuliner

Seseorang yang tidak menyukai musik, tentu akan kesulitan dalam menulis suatu hal tentang musik. Pun begitu pula kasusnya pada bidang jurnalisme lain termasuk kuliner. Pemahaman tanpa adanya rasa suka terhadap bidang yang ditekuni tentu saja akan terasa kurang. Mencintai bidang yang ditekuni sedikit banyak juga akan memengaruhi kinerja seseorang dalam menekuni bidang tersebut.


3. Jangan hanya menilai rasa

Hal yang paling penting dan harus diperhatikan dari profesi ini adalah, seorang jurnalis kuliner tidak hanya melulu menilai rasa sebuah masakan. Banyak aspek yang dapat dinilai dari sebuah makanan. Hal-hal seperti ide kreatif, kesuksesan, filosofi, dan lain-lain, juga dapat menjadi pembahasan yang menarik untuk ditulis. Beberapa media yang berfokus di bidang kuliner bahkan memiliki pantangan bagi jurnalisnya dalam menilai rasa.


4. Dimulai dari blog

Sebagai seorang mahasiswa atau pencari kerja, blog adalah media yang harus dipertimbangkan. Blog dapat menjadi portofolio yang memengaruhi penilaian kerja, serta menjadi ajang latihan bagi mereka yang belum memiliki waktu untuk bekerja tetap di bidang jurnalis kuliner. Bahkan bukannya tidak mungkin, blog bisa menjadi media profit tersendiri walau hanya sebagai kerjaan sampingan.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu yang bercita-cita menekuni jurnalisme kuliner ya. Baca juga kisah jurnalis kuliner Rizkie Nurindiani yang membagikan tips di atas. Selamat mengejar cita-cita! [CN]



Penulis    : Fahmi Rijal

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Sekilas Kunci Menjadi Wartawan Kuliner | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png