Jobseeker / workplace, Selasa, 27/01/2015 11:00 WIB

Mau Langsung Kerja Setelah Lulus? Sudahkah Kamu Punya Career Network?

Habis lulus langsung kerja, siapa yang tak mau? Salah satu kuncinya adalah membangun career network!
Mau Langsung Kerja Setelah Lulus? Sudahkah Kamu Punya Career Network?
Kamu salah satu mahasiswa yang bercita-cita lulus cepat dengan nilai cumlaude? Memang tak sedikit mahasiswa yang menginginkan hal serupa. Namun kerap kali mahasiswa yang telah diwisuda justru menjadi pengangguran karena belum mempersiapkan career network selagi masih kuliah. 

Tentu kamu tidak ingin mengalami hal serupa, bukan? Simak penjelasan berikut agar kamu semakin mantap mempersiapkan career network-mu sendiri!


Jalin career network tak bisa instan

Galuh Setia Winahyu, People Development Supervisor ECC UGM, menuturkan, career network tidak bisa dipersiapkan dengan instan sehingga harus dipersiapkan sejak awal. Galuh membagi dua tahap proses membangun career network, antara lain:


1. Tahap satu: prepare yourself

Tahap ini lebih mengarah pada persiapan diri sendiri yaitu building up career dan setting goal. “Persiapan diri itu bagaimana kita mengetahui strength and weakness, kemudian tujuan karir kita, membuat tahapan karir, jadi lebih ke prepare-nya kita dulu,” kata Galuh menjelaskan.


2. Tahap dua: network

Pada tahap inilah kamu sudah mulai bisa menjalin network karena sudah siap dengan diri sendiri. Menjalin network lebih mengarah pada cara kita mempromosikan diri dengan baik. “Kalau sudah sampai ke tahap tujuan karir, menjalin networking-nya akan lebih tepat. Dalam artian, ketika aku pengen jadi jurnalis, maka cari networking-nya ke arah yang memang di bidang jurnalistik, bukan kemudian di bidang bengkel,” pungkas Galuh. 


Promosi diri, bagaimana caranya?

Cara mempromosikan diri yang baik, menurut Galuh, adalah dengan mengutamakan strength dan keterampilan yang kamu miliki. Kamu bisa mulai menunjukkan kedua hal tersebut sejak duduk di bangku kuliah, salah satunya melalui UKM atau organisasi kampus. Selain itu, kamu pun bisa mempromosikan diri melalui media sosial. “Facebook-nya jangan hanya berisi keluhan. Kalau memang suka di bidang motivasi training, buatlah status-status yang memang bisa menginspirasi orang lain,” tegas Galuh. 

Melakukan promosi diri melalui media sosial seperti pernyataan Galuh terbukti penting lho. Ternyata ada juga perusahaan yang melakukan rekrutmen melalui media sosial. Seperti CG Power System Indonesia yang melakukan rekrutmen melalui LinkedIn. Menurut penuturan Ade Arief Tri Rachmanto, HR Manager CG Power System Indonesia, “Di situ (LinkedIn, -red) kita bisa searching orang profilnya seperti apa, dari perusahaan apa. Enaknya di LinkedIn, tentunya kita mau di perusahaan apapun, area yang kita inginkan kita bisa langsung dapet.”

Setelah career network terbangun dan promosi diri telah dilakukan, inilah saatnya untuk melakukan maintaining relation. “Pelamar harus jaga attitude dan personality tentunya. Dalam arti, kadang pada saat melamar, referensi pun diperlukan, misal referensi dari teman, atau referensi dari dosen,” kata Ade dalam menjelaskan pentingnya menjaga hubungan relasi.


Mendapat kartu nama officerberkah atau musibah?

Saat gelaran jobfair, tak jarang para officer memberikan kartu namanya kepada jobseeker. Mendapatkan kartu nama bukan berarti kamu bisa bebas menghubungi sang empunya. Salah bertindak, justru kamu bisa di-blacklist dari perusahaannya. Galuh mengatakan, “Yang harus kita lakukan adalah menyimpan dan menjaga komunikasi. Karena di situ (kartu nama, -red) ada email, kita bisa menghubungi lewat email tentang hal-hal yang ingin kita tanyakan.” Jangan sampai kamu menyebarluaskan akun atau nomor telepon officer yang bersangkutan. 

Saat kamu mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan officer perusahaan yang kamu inginkan, kamu dapat me-maintain hubungan dengan menyapa beberapa waktu sekali. Jika tidak di-maintain, relasi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Galuh menambahkan, menjalin komunikasi dengan officer bisa dengan menanyakan apa yang harus dipersiapkan jika ingin bergabung di perusahaan si officer. “Misal dengan menanyakan, ‘saya sudah di semester enam, apa yang bisa saya siapkan?’. Ketika sudah selesai melakukan apa yang disarankan, kita boleh report,” kata Galuh. 

Lulus cepat dengan nilai memuaskan memang indah. Namun jangan lupakan tugas selanjutnya setelah lulus. Maka, bangunlah career network seluas mungkin sejak kamu masih kuliah. Tetap semangat ya! [CN]



Penulis    : Desinta Wahyu K

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:25 WIB Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!
Mau Langsung Kerja Setelah Lulus? Sudahkah Kamu Punya Career Network? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png