Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Kamis, 18/12/2014 09:00 WIB

Libur Jangan Nganggur, Coba Kegiatan-kegiatan Ini, Yuk!

Liburan akhir tahun akan segera datang. Apa yang akan kamu lakukan? Sudah ada rencana seru?
Libur Jangan Nganggur, Coba Kegiatan-kegiatan Ini, Yuk!
Saat libur memang masa-masa yang menyenangkan. Berkumpul bersama orang-orang terkasih atau pelesir ke tempat baru biasanya menjadi pilihan. Namun, apakah liburanmu sudah cukup berkualitas? Atau sebenarnya kamu hanya membuang waktu luangmu?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, seperti dilansir mediabisnisonline.com dan annida-online.com, ini dia beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa belajar di masa liburan.


1. Kembali ke hobimu

Padatnya rutinitas, baik pekerjaan atau perkuliahan, sering kali membuat kita lupa akan hobi yang pernah digandrungi. Masa-masa liburan bisa menjadi momen bagi kita untuk kembali pada hobi, lo. Siapa tahu setelah lama tak tersentuh, ada banyak hal baru yang bisa kamu pelajari dari hobimu. Pun dengan mengembalikan minat pada hobi, emosi positif akan tumbuh dan membuatmu segar kembali sebelum menghadapi rutinitas setelah libur.


2. Coba tempat baru

Tidak ada salahnya mencoba tempat baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya. Sambil menikmati lingkungan baru, kamu juga bisa melihat realita yang belum pernah dialami. Dengan adanya pengalaman baru, otak kita akan merekamnya menjadi kisah perjalanan yang seru.


3. Olahraga

Terlalu sibuk bekerja sering kali membuat kita lupa menggerakkan tubuh. Nah, waktu-waktu liburan bisa kita manfaatkan untuk mengembalikan kebugaran dengan berolahraga. Bersepeda bersama teman dan keluarga atau sekadar jalan-jalan di pagi hari bisa menjadi alternatif olahraga yang murah. Badan bugar, pikiran pun kembali segar.


4. Berkumpul bersama keluarga

Liburan tidak harus identik dengan bepergian ke luar rumah. Berkumpul bersama keluarga juga bisa menjadi alternatif pembelajaran. Setelah disibukkan dengan pekerjaan, libur menjadi saat yang tepat untuk kembali  berkumpul bersama keluargamu. Sekadar bercengkerama atau menonton film bersama bisa menjadi pilihan quality time bersama keluarga.


5. Menulis pengalaman

Setelah menghabiskan waktu pelesir, tak ada salahnya menuliskan pengalaman-pengalaman liburanmu. Tidak harus panjang dan serius, kok. Semua pengalaman bisa kamu tuliskan sesuai gaya penceritaanmu sendiri. Selain menghilangkan stres, menulis juga bisa mengabadikan pengalaman hidupmu. Pasti asyik bukan, kalau kamu selalu punya kisah yang bisa diceritakan kepada anak cucu. Mengabadikan pengalaman dalam tulisan juga bisa memberi keuntungan material, lo. Lihat saja buku "The Naked Traveler" karya Trinity yang menjadi salah satu buku terlaris di Indonesia. Semua tulisannya bermuara dari pengalaman pribadinya.


Lakukan kegiatan berbeda

Terlepas dari lima opsi di atas, Rudi Widiyanto, M.Psi mengungkapkan bahwa agar bisa tetap belajar, liburan tidak harus diisi dengan kegiatan yang berat. “Kamu tidak perlu mengikuti training setiap hari hanya agar liburanmu bermanfaat,” kata People Development Manager ECC UGM ini. 


Bagi Rudi, libur adalah hak. Semua orang boleh memilih kegiatan apapun yang akan dilakukan pada masa liburnya. Untuk menentukan tujuan liburan, salah satu caranya bisa dengan melihat apa yang belum tersentuh selama kamu bekerja. “Semisal kognitif yang lelah, berolahraga bisa menjadi alternatif penyegaran. Sebaliknya bila fisik yang lelah, membaca buku bisa menjadi opsi mengisi liburan. Tapi jika psikologis yang lelah, sekadar hang out atau berkumpul bersama teman juga tidak masalah,” jelasnya. 


Mengisi liburan juga tidak harus pelesir ke tempat jauh. Intinya adalah melakukan hal yang berbeda dengan rutinitasmu. “Lakukanlah hal yang belum pernah dilakukan. Kegiatannya tidak harus selalu besar. Sebab di setiap hal baru pasti ada nilai-nilai baru yang bisa diserap,” Rudi memaparkan. 


Nah, ternyata liburanmu bisa diisi apa saja. Sebab belajar tidak selalu dari hal besar. Hal kecil pun selalu bisa memberi pengetahuan dan perubahan bagi dirimu. Selamat menikmati liburanmu!


Penulis    : Dian Puspita

Editor      : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Foto         : Adityo R.D.




[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
Libur Jangan Nganggur, Coba Kegiatan-kegiatan Ini, Yuk! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png