Jobseeker / workplace, Kamis, 23/10/2014 14:30 WIB

Tip Buat Kamu Karyawan Baru: Dari Dag-Dig-Dug Jadi Makin Yahud!

Sebagai orang baru di perusahaan, tentunya kamu masih meraba bagaimana caranya bersikap. Daripada terus-terusan kikuk, yuk, mending baca ini biar makin yahud!
Tip Buat Kamu Karyawan Baru: Dari Dag-Dig-Dug Jadi Makin Yahud!
Apakah kamu salah seorang yang sedang dag-dig-dug menunggu hari pertama masuk kerja? Jangan bingung dong. Kamu harus menunjukkan performa terbaik di hari pertamamu itu.
Pun demikian juga bagi kamu yang kini masih berstatus sebagai pegawai baru di salah satu perusahaan, kamu juga harus menujukkan kemampuanmu secara maksimal.

Namun, ingat, tunjukkan sesuai porsi, jangan terlalu berlebihan. Nah, mungkin beberapa tip berikut bisa kamu lakukan. Careernews sarikan beberapa langkah dari Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog, People Development ECC UGM, vemale.com, dan juga dari tip karir JobsDB.

1. Bangun komunikasi dan cari teman-teman baru
Hal penting yang harus kamu lakukan adalah memperkenalkan diri. Pastikan kamu mengenalkan diri kepada rekan-rekan, atasan, dan karyawan lain. Kamu tidak perlu berkeliling kantor. Namun saat disapa atau menyapa orang lain, pastikan kamu memperkenalkan diri. Carilah teman baru agar semangatmu juga semakin bertambah.

2. Dress to be impressed
Ketahui dress code kantor barumu, jangan sampai salah kostum. Saat ini memang banyak kantor yang memperbolehkan karyawannya berbusana lebih santai tetapi tentu masih ada batasannya. Maka dari itu, jangan sampai kamu dinilai negatif hanya karena busanamu.

3. Berpikir terbuka dan positif
Setiap orang tentunya memiliki karakter dan sikap yang berbeda. Siapkan dirimu untuk menghadapi konflik atau perbedaan ide yang mungkin terjadi. Berpikirlah terbuka terhadap perbedaan tersebut. Jika hasil pekerjaanmu dievaluasi dan dikritik rekan kerja atau atasan, jangan langsung kesal. Terbukalah terhadap setiap kritik yang membangun, baik dari atasan maupun rekan kerja. Anggap saja semua itu sebagai tantangan dan pembelajaran agar kamu bisa lebih berkembang dan matang.

4. Lakukan tugas dengan baik
Lakukan pekerjaan yang telah menjadi jobdesc-mu dengan baik. Beritahukanlah dan mintalah saran kepada atasan apabila kamu menemukan kesulitan. Jangan ragu untuk mengeksplorasi hal baru dan juga belajar dari keberhasilan rekan kerja di kantormu. Usahakan juga agar bisa menyelesaikan tugasmu tepat waktu dan bahkan tanpa revisi.

5. Percaya diri
Kamu sudah sejauh ini. Kamu adalah orang yang dianggap pantas untuk mengisi posisi yang kamu tempati sekarang, mengalahkan pelamar-pelamar yang lain. Lalu, untuk apa tak percaya diri? Percayalah pada kemampuan yang kamu miliki dan percaya bahwa kamu akan dihargai karenanya. Yakinlah bahwa kamu memang pantas dan kamu memang bisa! Semangat!

6. Waspadai masa percobaan

Hampir setiap perusahaan memberlakukan masa percobaan (probation) di mana rata-rata berlangsung selama tiga bulan. Perusahaan akan melihat performa karyawan barunya di sini dan ini justru merupakan kesempatan buatmu untuk membuktikan diri. Saatnya kamu menunjukkan performa terbaikmu dalam masa ini. Buktikan bahwa kamu memanglah seseorang yang bisa membuktikan segala kelebihan seperti yang telah kamu ucapkan saat interview, pun yang kamu tulis di CV-mu. Ingat, masa ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk terus mempekerjakanmu atau tidak. Santai saja, tetapi jangan lupa tetap berikan yang terbaik ya!


Semoga keenam tips di atas bisa membuatmu lebih bersemangat menjalani hari di tempat kerja barumu ya. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Taati juga semua tata tertib di perusahaan barumu. Buktikan bahwa kamu memang berkualitas dan buat perusahaan menganggapmu sebagai aset mereka!

Caiyo! [CN]


Penulis        : Vinia Rizqi
Editor         : Rifki Amelia
Grafis         : Tongki A.W

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Tip Buat Kamu Karyawan Baru: Dari Dag-Dig-Dug Jadi Makin Yahud! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png