Jobseeker / workplace, Kamis, 27/03/2014 10:00 WIB

Jujur dan Berintegritas, Bekal Mantap Berkarir

Bekal apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pencari kerja?
Jujur dan Berintegritas, Bekal Mantap Berkarir
Tidak sedikit mahasiswa yang ingin segera menyelesaikan pendidikan agar segera bekerja di perusahaan idaman. Namun ternyata, perjalanan ke sana tidaklah mudah karena mereka harus bersaing dengan sesama pencari kerja dengan kompetensi yang juga tak kalah baik.

Menurut Prima Khusaifa Petronela, Associate Psikolog ECC UGM yang akrab disapa Lala, dunia kerja saat ini penuh dengan persaingan yang sangat ketat. Persaingan itu juga disebabkan kemajuan teknologi yang memudahkan orang untuk belajar. “Dunia kerja saat ini penuh dengan persaingan yang ketat. Salah satunya dipengaruhi majunya perkembangan teknologi yang memudahkan orang untuk belajar. Saat ini orang menjadi lebih pintar karena banyak sarana untuk belajar,” papar Lala.


Agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif, seseorang perlu mempersiapkan bekal hard skill  maupun soft skill  semenjak berada di bangku kuliah. Menurut Lala, mempersiapkan hard skill yang memadai dapat dilakukan dengan ikut pelatihan, seminar, magang, ataupun kegiatan lain yang mendukung dan sesuai dengan jurusan yang diambil. Sedangkan untuk memupuk soft skill, seseorang dapat melatih diri dengan bergabung di komunitas yang dapat mengasah sikap kepemimpinan dan kerja sama.


Ketatnya persaingan dunia kerja dirasakan oleh banyak perusahaan, salah satunya juga dialami Kompas. Sebagai salah satu media yang pamornya sudah tidak diragukan lagi, tentu Kompas tidak asal dalam memilih SDM yang layak bergabung di dalamnya. Sebenarnya, SDM seperti apa yang dicari Kompas?


Menjunjung Tinggi Profesionalitas dan Kekeluargaan


Menurut penuturan F.N. Terryan, GM Marketing Communication Kompas atau akrab disapa Terry, nilai kerja yang dijunjung tinggi oleh perusahaan ini adalah kredibilitas, independensi, dan humanisme. Nilai humanisme ini yang kemudian menjadikan karyawan Kompas memiliki rasa kekeluargaan yang kuat. Begitu pula yang dirasakan Aritasius Sugiya, SPV Layanan Informasi Kompas. Menurutnya, iklim kerja Kompas sangat profesional. Karyawan yang memiliki kompetensi dan prestasi akan memperoleh penghargaan sesuai apa yang telah dicapai, bukan bergantung pada lamanya bekerja.


“Semenjak saya gabung Kompas 18 tahun lalu sampai sekarang, belum pernah tebersit sekalipun untuk keluar dari Kompas. Rasa kekeluargaan dan profesionalitas dijunjung tinggi di sini. Kemampuan dan keterampilan kami juga semakin meningkat dari waktu ke waktu karena diklat yang terus menerus dilakukan,” ujar Aritasius saat ditemui di sela-sela acara Kompas Saba Kampus UGM 2013, Kamis (12/12).


Jujur Lebih Utama


Bekerja di perusahaan besar tentu menjadi dambaan bagi setiap pencari kerja. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat bergabung di sana karena setiap perusahaan memiliki kualifikasi yang mesti dipenuhi calon karyawan.


Bagi Anda yang tertarik bergabung bersama Kompas, Terry sedikit membeberkan kriteria SDM yang dicari perusahaan ini yaitu jujur. Pintar memang penting tetapi jujur lebih diutamakan. “Yang pertama jujur dulu, pintar baru nomor dua atau nomor sekian dan harus punya integritas. Kepintaran bisa dibentuk dan barang kali itu yang saya rasakan jadi poin plus di Kompas,” tukas Terry.


Bagaimana dengan jurnalis di Kompas? Untuk masalah pendidikan, Kompas tidak membatasi asal jurusan bagi calon karyawan mereka. Asalkan sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung perusahaan ini yaitu kredibilitas, integritas, independensi, dan humanisme, peluang untuk bergabung di dalamnya terbuka lebar.


Menurut A. Didiek Dwinarmiyadi, Genaral Manager of Human Resources and General Affairs Kompas, bila ingin menjadi jurnalis di perusahaan ini, lulusan harus memiliki kemauan untuk terjun ke lapangan. Berita tidak datang dengan sendirinya sehingga dibutuhkan jiwa-jiwa yang suka tantangan dan ‘berani’ ke lapangan untuk menggali informasi terbaru. Tentu untuk melihat cocok atau tidaknya calon karyawan dengan kriteria yang dicari Kompas, mereka harus melalui serangkaian tes seleksi, salah satunya adalah psikotes.


Sesuaikah Anda dengan pribadi-pribadi yang dicari Kompas? Terus asah kemampuan diri dan jangan ragu raih mimpi Anda ya! Semangat berjuang! [CN]


Penulis    : Siti Ariyanti

Grafis     : Tongki A.W.

Editor     : Vinia Rizqi, Rifki Amelia


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Jujur dan Berintegritas, Bekal Mantap Berkarir | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png