Jobseeker / workplace, Senin, 28/10/2013 00:00 WIB

Kiat Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Artikel berikut mungkin dapat membantu Anda menumbuhkan percaya diri. Yuk, simak!
Kiat Tumbuhkan Rasa Percaya Diri
Sudah tidak diragukan lagi, rasa percaya diri yang tinggi dapat menunjang kesuksesan di segala bidang. Percaya diri akan menumbuhkan keyakinan bahwa kita dapat mengerjakan segala tugas dengan baik. Sri Muliati Abdullah M. A., Psi, Senior Assesor Bidang Psikologi ECC UGM, atau akrab disapa Lia ini menuturkan, kunci dari percaya diri adalah persepsi.

Orang yang tidak percaya diri cenderung selalu membangun persepsi negatif di pikirannya. Ketika bertemu lawan bicara misalnya, mereka khawatir kalau pembicaraannya tidak akan didengar sehingga ragu-ragu untuk berbicara. Saat mendapat tugas, ia juga ragu akan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas itu.


Apabila saat ini Anda masih merasa kurang percaya diri, Anda dapat membangunnya mulai dari dalam diri Anda. Penampilan luar, isi yang berupa kecerdasan dan juga kedewasaan adalah komponen pendukung percaya diri yang dapat terus Anda kembangkan. Nah bagi Anda yang belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips yang disampaikan Lia berikut:


1.    Bangun persepsi yang positif
Persepsi yang baik akan membawa pengaruh positif bagi anggota tubuh lain. Bila dapat berpikir positif, rasa percaya diri akan meningkat. Anda tidak perlu ragu menunjukkan kemampuan Anda di hadapan umum. Anggap semua yang ada di sekitar akan mendukung hal-hal apapun yang Anda lakukan. Bila berbicara dengan seseorang yang membuat minder, anggap saja orang itu baik dan dapat membantu apa yang kita mau. Bangun persepsi dalam pikiran bahwa dia bersedia memberikan segala informasi yang diperlukan sehingga tidak membuat Anda canggung dalam berbicara.


2.    Cari pembanding sebanyak-banyaknya

Untuk membangun rasa percaya diri, Anda perlu mencari perbandingan yang positif untuk memperkaya pengalaman Anda. Pembanding itu dapat berasal dari buku, media dan berbagai sarana lainnya. Setelah memperoleh bahan perbandingan, tetapkan formulasi yang tepat bagi Anda. Misal Anda menyukai gaya berbicara dari seorang motivator terkenal. Anda bisa saja menirunya asalkan tetap menunjukkan style Anda yang sebenarnya.


3.    Ikuti seminar dan workshop

Dengan mengikuti seminar ataupun workshop, pengetahuan Anda akan terus bertambah. Secara tidak sadar Anda akan memiliki banyak referensi dan sudut pandang yang beragam dalam mengerjakan setiap tugas yang harus Anda selesaikan.


4.    Aktif organisasi

Anda akan bertemu banyak orang dan belajar memecahkan masalah dalam sebuah organisasi. Proses ini sangat penting untuk membangun rasa percaya diri seseorang.


5.    Lakukan magang

Bila masih kuliah, Anda juga perlu melakukan magang untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Pada saat magang Anda akan belajar dunia kerja yang sesungguhnya serta bertemu dengan karakter karyawan perusahaan yang beragam. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang luas, Anda akan lebih merasa percaya diri dalam kehidupan Anda.


6.    Berani mencoba
Jangan ragu mencoba hal-hal yang semula membuat Anda kurang percaya diri. Bangun persepsi positif di pikiran Anda dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Mencoba pasti ada saat-saat gagal. Namun akan lebih kalah lagi bila Anda tidak pernah mencoba sama sekali.

Bangun persepsi yang posistif di pikiran Anda dan jangan ragu untuk mencoba. Dan yang paling penting adalah be your self! [CN/AR /CRTV/VINI]^^

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi! Jobseeker / workplace,
Selasa, 27/02/2018 11:30 WIB Pomodoro, Cara Biar Fokus dan Bebas Distraksi!
6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja! Jobseeker / workplace,
Kamis, 22/02/2018 00:00 WIB 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Interview Kerja!
Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran Jobseeker / workplace,
Kamis, 08/02/2018 14:57 WIB Ini Cara Agar Kamu Tetap Inovatif Meski Jadi Karyawan Kantoran
Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu Jobseeker / workplace,
Kamis, 04/01/2018 13:06 WIB Ikuti Tip Ini Untuk Hindari Malas Dan Bosan Dengan Pekerjaanmu
Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi? Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:28 WIB Tahun 2018 Tinggal Hitungan Hari, Sudahkah Kamu Bikin Resolusi?
Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini! Jobseeker / workplace,
Rabu, 27/12/2017 13:25 WIB Sulit Melebur Dengan Teman Kantor? Sabar, Mungkin Kamu Perlu Ikuti Tip Ini!
Kiat Tumbuhkan Rasa Percaya Diri | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png