Workplace, Selasa, 22/10/2013 00:00 WIB

Pentingkah Bekerja Sesuai Passion?

Apakah pekerjaan Anda saat ini sudah sesuai dengan passion Anda?
Pentingkah Bekerja Sesuai Passion?
Anda patut bersyukur jika telah menemukan dan bekerja sesuai passion yang terpendam dalam diri. Tidak semua orang berhasil menemukannya sehingga berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Apabila setelah beberapa tahun bekerja tetapi belum merasa nyaman, Anda perlu melakukan evaluasi, sesuaikah pekerjaan itu dengan kepribadian Anda.

Menurut Aries Sinung Sukarno, HRD Nasmoco Group, cara untuk mengenal passion adalah mengetahui aktivitas maupun pekerjaan yang disenangi. Apabila Anda merasa senang dan bersemangat melakukan sebuah pekerjaan, bisa jadi itu passion Anda. Upayakan dengan maksimal dan terus gali potensi diri di bidang itu. Aries menjelaskan, berorganisasi bisa menjadi cara efektif untuk menemukan passion seseorang. 


Seperti disarikan dari wollipop.detik.com, ada beberapa tips yang patut Anda coba agar dapat menemukan minat dan bakat.

1.    Luangkan waktu untuk mencari pekerjaan yang menarik

Apabila pekerjaan saat ini tidak membuat Anda nyaman dan bahkan berpindah-pindah ke beberapa pekerjaan, sangat penting bagi Anda meluangkan waktu untuk mencari pekerjaan yang lebih menarik di hati. Jika belum bekerja, kenali dulu pekerjaan yang Anda senangi dan cari tahu informasi detilnya.


2.    Pertimbangkan keinginan dan kecintaan Anda terhadap satu bidang

Ketika melamar suatu pekerjaan, pastikan Anda tahu informasi lengkap pekerjaan itu. Sesuaikan dengan bakat dan minat Anda, jangan terpengaruh teman ataupun terburu-buru ingin memperoleh penghasilan sehingga melupakan passion Anda. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena telah bekerja di ‘jalur’ yang salah.


3.    Pikirkan keuntungan untuk Anda

Tujuan utama orang bekerja adalah untuk memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, perhatikan keuntungan yang akan Anda peroleh ketika terjun dalam sebuah pekerjaan. Namun perlu diingat, bekerja sesuai passion juga memotivasi orang untuk bekerja sepenuh hati. Bila sebuah pekerjaan dilakukan sungguh-sungguh maka hasilnya pun tidak mengecewakan, otomatis masalah finansial juga akan mengikuti.


4.    Mulai cari pekerjaan

Langkah terakhir setelah menemukan bakat dan minat adalah mulai mencari pekerjaan. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk dapat menggenggam pekerjaan yang diimpikan.


Evaluasi Pekerjaan Anda    


Setelah memperoleh kerja, ada baiknya Anda mengevaluasi diri. Lihat kembali apakah pekerjaan itu sesuai dengan passion Anda. Aries Sinung Sukarno menuturkan tiga cara yang pelu dilakukan untuk memastikan pekerjaan agar sesuai passion. Pertama introspeksi diri, lihat kembali apakah pekerjaan itu nyaman bagi Anda serta bagaimana kondisi lingkungannya.


Kedua, kemampuan menangani masalah kerja. Bila dapat bertahan menghadapi rintangan-rintangan yang muncul, maka berarti pekerjaan itu telah sesuai dengan Anda. Ketiga, lihat peluang untuk posisi yang lebih baik. Apabila Anda tahu jenjang karir pekerjaan itu baik dan sesuai minat Anda, jangan ragu untuk berkarya sepenuh hati mengembangkan diri dan perusahaan.


Anda masih belum menemukan passion? Jangan patah semangat ya. [CN/AR/CRTV/VIN]^^

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Pentingkah Bekerja Sesuai Passion? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png