Career Issue, Kamis, 06/09/2018 10:00 WIB

Sebelum Melamar, Yuk Kepoin Agensi Iklan Nasional Maupun Internasional Ini!

Mau menjadi bagian dari industri periklanan? Ada baiknya kamu membaca profile para agensi iklan di sini.
Sebelum Melamar, Yuk Kepoin Agensi Iklan Nasional Maupun Internasional Ini!
Seperti dalam artikel sebelumnya, kita tahu bahwa bekerja di industri iklan memiliki keunikan tersendiri. Jam kerja yang fleksibel dan tuntutan untuk menelurkan ide kreatif sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mereka yang berkecimpung di dunia ini.

Bagi kamu yang tertarik menjajaki karir dan merealisasikan minat di bidang iklan, kamu tentu perlu tahu agensi-agensi iklan mana saja di negeri ini yang sudah berkecimpung lama di industri ini.


Agensi Iklan Internasional


1. Ogilvy and Mather Indonesia (https://www.ogilvy.com/)
Ogilvy and Mather Indonesia adalah agensi iklan di bawah Ogilvy Worldwide yang sudah lama menjalankan bisnisnya di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Dalam menjalankan usahanya, Ogilvy memiliki motto “we sell or else” yang memiliki arti bahwa dalam membuat iklan tidak hanya harus kreatif atau efektif saja, tapi harus berimbang antara keduanya. Dikutip dari mix.co.id, ada beberapa brand yang dipegang Ogilvy, di antaranya Unilever, Konimex, Nestle, Indosat, Coca Cola, dan Indofood

2. Dentsu (http://dentsuindonesia.co.id/hello/)
Berbicara tentang agensi iklan papan atas negeri ini tentu Dentsu akan masuk daftarnya. Perusahaan iklan asal Jepang ini memang berjaya di Asia, khususnya Asia Tenggara. Dilansir dari SWA.co.id, pasar iklan Indonesia memiliki tingkat tertinggi di Asia Tenggara. Jadi tak mengherankan jika Dentsu juga ingin berkecimpung di pasar iklan negeri ini.

Berita terbaru, pada 2017 silam Dentsu memperkenalkan teknologi terbarunya bernama Emotion Analyzer. Teknologi ini sejatinya merupakan electroencepalograph, sebuah aplikasi yang bisa langsung mendeteksi respon customer setelah menikmati produk tertentu dengan konsep yang disederhanakan. Dengan teknologi ini Dentsu berkomitmen untuk bisa menyajikan data analisis customer dengan lebih cepat dan efektif. Adapun klien Dentsu di Indonesia terdiri dari banyak perusahaan besar, di antaranya Toyota, Panasonic, Yamaha, WWF, BNI, Yakult, Glico, dsb.


3. Hakuhodo (https://www.hakuhodo-global.com/network/pt-hakuhodo-indonesia.html)
Satu lagi agensi iklan Jepang di Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa, yakni Hakuhodo Indonesia. Dilansir di liputan6.com, pada 2016 silam agensi ini mendapat gelar Agency of The Year 2016 di ajang Citra Pariwara. Prestasi ini kembali ditorehkan dengan didapatnya 9 medali sekaligus oleh Hakuhodo Indonesia di ajang periklanan regional Adfest 2017 di Pattaya.

Dalam menjalankan bisnisnya, Hakuhodo memiliki filosofi sei-katsu-sha yang artinya Hakuhodo tidak memperlakukan orang-orang hanya sebagai customer. Mereka hidup dan memiliki karakter yang berbeda. Filosofi ini memandang customer sebagai individu yang lengkap dengan gaya hidup, aspirasi, dan mimpi-mimpi mereka sekaligus.

4. Leo Burnett (http://leoburnett.co.id)
Jika kamu sering memperhatikan iklan dari produk Telkomsel, McDonald, Coca Cola ataupun P&G, maka ada Leo Burnett di balik hasil karya tersebut. Leo Burnett Kreasindo Indonesia atau juga dikenal dengan Leo Burnett Group Indonesia adalah bagian dari Leo Burnett Worldwide yang merupakan sebuah agensi iklan berpusat di Amerika Serikat.
Beberapa penghargaan yang diraih oleh Leo Burnett di antaranya sebagai "Network of the Year 2013", dan McDonald's "2013 Brand of the Year" dalam ajang FAB Award. Ajang ini sendiri merupakan ajang penghargaan khusus untuk hasil karya yang terkait makanan dan minuman. Selain itu, di ajang Citra Pariwara 2013, Leo Burnett juga mengantongi beberapa penghargaan yakni sebagai 'Best of Outdoor', 'Best of Integrated Campaign', dan 'Best of Radio’.

5. Mullen Lowe (http://indonesia.mullenlowe.com/)
Tentu masih teringat beberapa waktu silam ada sebuah iklan Indomie lawas yang kembali ditayangkan kembali di layar kaca televisi nasional setelah diproduksi ulang dengan konsep yang sama. Ya, Mullen Lowe adalah agensi yang bekerja di baliknya.

Mullen Lowe yang berasal dari Amerika Serikat ini merupakan salah satu agensi periklanan papan atas negeri ini yang juga banyak menyabet banyak penghargaan di bidang kreatif. Kliennya juga terdiri dari banyak brand ternama, di antaranya Unilever, Sale Stock, Garuda Indonesia, Indofood, dsb.

Salah satu penghargaan yang diraih Mullen Lowe adalah penghargaan di ajang Citra Pariawara 2017. Mullen Lowe meraih 4 gold, 2 Silver, 1 Bronze and Best Radio. Mullen Lowe sekaligus menjadi second agency of The Year 2017 dalam ajang yang sama. Pada ajang yang sama di 2016, Mullen Lowe masuk sebagai Digital Agency of The Year 2016.

6. BBDO (bbdoasia.com)
Merupakan salah satu agensi periklanan internasional yang berkantor di Jakarta. BBDO merupakan salah satu agensi papan atas di Indonesia yang berpusat di New York, Amerika Serikat. Pada 2007, BBDO Worldwide mendapatkan gelar sebagai "Most Awarded Agency Network in the World" oleh Gunn Report.  
Selain prestasi di bidang periklanan, ternyata desain interior kantor BBDO Indonesia di wilayah Kota Kasablanka, Jakarta, sering menjuarai award desain perkantoran lho. Desain interior mereka sendiri dikerjakan bersama dengan Delution Architects.

Nah, kalau enam agensi internasional di atas rata-rata berkantor di Jakarta, ada juga lho beberapa agensi iklan lokal di Yogyakarta yang juga tak kalah menorehkan prestasinya.

Agensi Iklan Lokal yang Berlokasi di Yogyakarta


1. Srengenge (http://srengenge.co.id/)

Srengenge lahir di jogja sebagai agensi iklan yang berfokus pada pembuatan dan pengembangan strategi iklan maupun kampanye menggunakan media konvensional maupun digital. Awal berdirinya pada 1999 Srengenge lahir sebagai studio foto atelier. Dengan berkembangnya kebutuhan pasar, Srengenge berubah nama dan konsentrasi industri sampai pada 2009 kemarin ia memantapkan diri sebagai Srengenge Culture Lab hingga sekarang. Salah satu klien besar Srengenge adalah BRI.


2. Syafaat Marcomm
Syafaat berdiri sejak 2007 dengan nama Rancang Grafis Syafaat. Seperti Srengenge, Syafaat mengikuti perkembangan kebutuhan pasar dan sempat berganti nama menjadi Syafaat Advertising hingga pada akhirnya menjadi Syafaat Marcomm pada 2010 lalu hingga sekarang. Keunikan Syafaat sebagai agensi iklan adalah konsentrasinya untuk membuat branding yang efektif, efisien, namun berbasis syariah.

Beberapa prestasi Syafaat di antaranya medali bronze untuk iklan TVC Simply Fresh Laundry dan Brand Activation “Waroeng Steak & Shake” di Pinasthika Creativestifal 2015. Selain itu syafaat juga meraih dua medali emas di Pinasthika Creativestifal 2014 untuk kategori Digital Social Movement. Beberapa kliennya di antaranya PMI, Bulog, beberapa kampus besar DIY, dsb.

3. Rwemedia (http://www.rwebhinda.com/)
Rwemedia merupakan salah satu agensi periklanan digital yang berbasis di Jakarta maupun Yogyakarta. Pada 2013, sebagai pendatang baru di digital advertising agency, Rwemedia berhasil meraih 5 medali di ajang Pinashtika Awarding Night. Perusahaan yang pernah menjadi klien Rwemedia di antaranya Indosat, Bloomberg, Kayuh Nusantara, Pertamina, Polygon, dsb.

4. Mara Advertising
Merupakan salah satu agensi periklanan di Jogja yang sudah berkiprah di bidangnya selama 30 tahun. Beberapa perusahaan yang pernah menjadi klien Mara adalah Mayora, Konicare, Suzuki, Datsun, Djarum, Neutron, dsb.

Nah, itu tadi beberapa agensi iklan di level internasional, nasional, maupun lokal Yogyakarta. Kamu tertarik yang mana? Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk mencari tahu dulu profil dan portofolio perusahaan secara lebih lengkap sebelum melamar ya.


Eits, soal melamar pekerjaan, di mana sih biasanya perusahaan-perusahaan iklan memasang lowongan pekerjaannya? Nantikan infonya di artikel kami selanjutnya ya. [careernews.id]



Penulis : Rita Pamilia

Grafis   : Tongki Aribowo

Editor   : Vinia R. Prima


Tags : careerdays, cdugm24, ugm, agensi periklanan, iklan, industri periklanan, ahensi, overheardahensi
Sebelum Melamar, Yuk Kepoin Agensi Iklan Nasional Maupun Internasional Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png