Web
Analytics
Career Issue, Jumat, 14/09/2018 10:35 WIB

MSD Pharma : Konsisten Kembangkan Mutu di Semua Aspek

Peningkatan kualitas tentunya harus dilakukan secara bertahap di segala lini, seperti yang dilakukan MSD Pharma.
MSD Pharma : Konsisten Kembangkan Mutu di Semua Aspek
Invention atau dapat diartikan sebagai penemuan baru bisa jadi merupakan hal yang penuh risiko. Hal tersebut justru menjadi sebuah nilai bagi perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, PT Merck Sharp Dohme Pharma, Tbk (MSD Pharma).

Dengan mengangkat 'inventing for life' sebagai motto perusahaan, perusahaan yang didirikan pada tahun 1891 ini senantiasa mencari solusi permasalahan dari masa ke masa. Meski pencapaian masa lalu dapat dikatakan selalu memuaskan, MSD Pharma tak lelah menciptakan harapan terbaik bagi kehidupan di masa yang akan datang.

Terdapat total 85 pabrik MSD Pharma yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Untuk kawasan Asia Tenggara, pabrik hanya didirikan di dua negara yaitu Indonesia dan Singapura. Di Indonesia sendiri, sejak awal berekspansi di tahun 2009, lokasi pabrik berada di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Adapun hasil produksi perusahaan yang sebagian besar berupa vaksin, vitamin, dan antibiotik ini, telah dipasarkan di seluruh Indonesia dan diekspor ke beberapa negara di kawasan Asia Pasifik seperti Singapura, Hong Kong, Korea, dan Thailand.

Seimbang Antara Bisnis dan CSR

Ditilik dari sisi sumber daya manusia, MSD Pharma membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada lulusan dari berbagai jurusan untuk bergabung dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. MSD Pharma berharap para kandidat yang ingin bergabung dengan Multi National Company (MNC) ini harus memiliki agility to learn, kepercayaan diri, dan bersikap apa adanya. Hal tersebut diutarakan oleh Eliza Rahmawati, HR Business Partner MSD Pharma kepada careernews.id di sela-sela gelaran 24th Career Days UGM. “Dalam seleksi wawancara, saya selalu menekankan ini bukan wawancara yang mana saya bertanya dan Anda menjawab. Melainkan kita berdiskusi secara terbuka dan apa adanya. Jangan minder karena bukan hanya para pencari kerja yang butuh pekerjaan melainkan kami juga butuh mereka,” terang Eliza.

Setelah diterima menjadi bagian dari MSD Pharma, para kandidat nantinya diharapkan dapat menanamkan rasa kedisiplinan yang tinggi dan memahami program CSR perusahaan. Menambahkan keterangan Eliza, Novian Zein selaku Plant Director MSD Pharma, menuturkan bahwa semua karyawan sejatinya menjadikan kedisiplinan sebagai kebutuhan. “Tidak bisa sedikitpun kami toleran terhadap aturan. Bisnis yang kami jalankan ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar, “ terang Novian.

Tak hanya berbisnis, di sisi sosial kemanusiaan, MSD Pharma melaksanakan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang senantiasa digalakkan. Seperti misalnya program pemberantasan Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah sekitar pabrik perusahaan ini berdiri. “Program tersebut sudah berjalan selama tiga tahun dan kini daerah tersebut sudah terbebas dari endemik DBD,” ujar Novian. Novian menambahkan bahwa terdapat tiga pilar yang digunakan dalam kegiatan CSR tersebut. Pertama yakni membangun akses masyarakat terhadap obat, selanjutnya adalah meningkatkan kualitas lingkungan hidup masyarakat, dan terakhir adalah edukasi ke masyarakat agar bisa mendapat kualitas hidup sehat. “Kami juga selalu tekankan ke seluruh karyawan kami agar selalu menanamkan nilai CSR ini di hati mereka,” tambah pria berkumis ini.

Reward Tanpa Hierarki dan Besar dengan Diversity

Dalam ranah kepegawaian MSD Pharma, prestasi tidak selalu diukur dengan capaian karir melainkan juga dalam menjaga hubungan sosial di lingkungan kerja. MSD Pharma punya cara menarik untuk memberikan apresiasi terhadap karyawannya. Tidak hanya reward dari atasan pada bawahan, namun bersifat 360 derajat artinya dapat diberikan satu pegawai terhadap pegawai lainnya dengan tidak memandang hierarki. “Reward dapat diberikan atas tindakan-tindakan dari yang paling sederhana sekalipun. Setiap orang adalah individual contributor, mereka dapat mengusulkan seseorang untuk mendapat reward dan itu terpantau dari segala sisi dengan sistem yang kami jalankan,” jelas Novian. Menarik sekali, bukan?!

Tidak berhenti di situ, untuk memaksimalkan kualitas ide dan kinerja, MSD Pharma memiliki misi untuk melakukan diversifikasi karyawan pada segala divisi. Meski perbandingan jumlah karyawan laki-laki dan perempuan sudah hampir seimbang, secara spesifik perusahaan ingin meningkatkan jumlah engineer perempuan di perusahaannya. “Diversity itu dapat menciptakan karya yang besar, karena akan ada banyak ide dan perspektif yang berkontribusi dalam lingkungan kerja,” papar alumnus Institut Pertanian Bogor ini.

Tertarik untuk mengenali perusahaan ini lebih lanjut? Kami setuju bahwa kamu harus bisa menjadi bagian dari sesuatu yang besar yang menanti di masa depan. Hal ini dikuatkan pernyataan Eliza, ”Diri kitalah yang dapat menentukan kesuksesan dan posisi kita dalam sistem besar dunia. Kami senantiasa mencari insan-insan yang terus belajar untuk menjadi bagian besar dari hal besar yang mereka tuju,” tutup Eliza.

Marilah kita membangun impian untuk meningkatkan dan menciptakan harapan yang baik bagi kehidupan. Sudah siap? [careernews.id]


Penulis  : Dyah Ayu Pratiwi
Editor   : Vinia R. Prima


Tags : MSD Pharma, merck sharp dohme pharma, wawancara, cdugm24, industri farmasi, lowongan farmasi, MNC Group, FMCG,
MSD Pharma : Konsisten Kembangkan Mutu di Semua Aspek | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png