Career Issue, Kamis, 15/02/2018 12:37 WIB

Karier Nonkonvensional Makin Menggiurkan dan Bikin Terkenal!

Selain menjanjikan secara finansial, bekerja di dunia nonkonvensional juga bisa bikin terkenal lho!
Karier Nonkonvensional Makin Menggiurkan dan Bikin Terkenal!


Majunya teknologi membuat manusia berpikir kini lapangan kerja tak hanya berasal dari bidang konvensional saja. Bagi millennial, momen ini dijadikan titik tolak untuk menghasilkan sebuah karya, setuju enggak?


Karenanya, kini pekerjaan tak lagi seputar kerja kantoran yang dianggap konvensional. Generasi millenial, memanfaatkan kemajuan teknologi bisa jadi peluang karier yang menjanjikan. 

Dikutip dari artikel idntimes.com berjudul 10 Pilihan Karier Seru Buat Anak Millenial, Yakin Masih Mau Jadi PNS?, generasi millenial memainkan peranan terbesar dari perkembangan tren tersebut. Hal ini terbilang wajar mengingat betapa dekatnya generasi tersebut dengan kemajuan teknologi.

Melalui berbagai social media, generasi millennial kini bebas berkarya untuk saling beradu kreativitas, dan tak sedikit yang mendapat apresiasi. Hal ini lantas membuka peluang karier yang bahkan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Sebut saja vlogger, social media influencer,  food blogger, content video creator, dan masih banyak lagi kegiatan berbasis ide kreatif lainnya yang bisa mendatangkan uang.

Belajar Dari Youtuber

Salah satunya Edho Zell, seorang content video creator yang wajahnya tak jarang mondar-mandir di layar Youtube. Salah satu artikel jawaban.com yang berjudul ‘Cerita Edho Zell Soal Sulitnya Membangun Karir Jadi Youtuber’, Edho mengungkapkan kunci utama sukses dalam melakoni kariernya adalah konsistensi. 

Ia mengaku untuk membangun karier nonkonvensional sangatlah tidak mudah. Pertama karena kebanyakan youtuber mengejar materi, padahal dalam tahun pertama, untuk income pemula tidak terlalu banyak. 

Hal tersebut diakui Edho merupakan tantangan paling besar yang pasti dialami seorang Beginer YouTuber. Salah satu cara untuk tetap konsisten dalam berkarir di Youtube adalah dengan memiliki prinsip untuk membagikan nilai-nilai positif ke semua orang yang menyaksikan video-video yang telah dibuat. Prinsip itulah yang membuat seorang Edho Zell saat ini dikenal sebagai salah satu YouTuber ternama Indonesia, dengan segala kesuksesan yang telah ia raih.

Lalu apa saja sih hal menarik yang bisa didapat dari bekerja di bidang nonkonvensional?

Penghasilan Fantastis dan Dikenal Banyak Orang

Dengan Memilih bekerja di bidang nonkonvensional akan ada banyak pengalaman baru yang akan ditemui. Contohnya, seorang vlogger/social media influencer yang sudah memiliki kredibilitas bisa saja ditawari untuk menjadi bintang iklan produk tertentu. Hal tersebut mulai sering dilakukan oleh beberapa brand produk mengingat saat ini popularitas seseorang yang bekerja di dunia nonkonvensional tidak bisa dianggap remeh. 

Dikutip dari artikel detikINET yang berjudul “Menggantungkan Hidup Sebagai Youtuber, Bisakah?” pada tahun 2014 silam, Benazio Rizki atau yang lebih dikenal dengan Benakribo menegaskan bahwa bekerja di bidang nonkonvensional saat ini bisa dijadikan pekerjaan fulltime dan bukan sekadar iseng semata. Dengan terus berinovasi secara kreatif, Bena mengungkapkan bahwa dirinya bisa mendapatkan pemasukan dari Youtube. “Sekarang banyak perusahaan yang menggandeng YouTubers untuk membuat video. Kita ajukan konsep, buat videonya yang menarik dan di-upload ke akun Youtube,” tambahnya.

Bebas Menjadi Diri Sendiri

Memilih bekerja di bidang nonkonvensional artinya tidak akan ada batasan bagi seseorang dalam mengekspresikan dirinya. Seseorang yang telah sukses dalam menekuni karir di bidang ini tentu membawa karakter yang kuat dari dirinya yang mampu menjadi daya tarik untuk orang lain. 

Ini tentunya merupakan hal yang sangat positif karena bisa memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya social media menjadi hal yang sangat menguntungkan.  Selain itu, mereka yang menekuni pekerjaan di bidang nonkonvensional lebih leluasa dalam mengeksplorasi apa yang menjadi ketertarikannya dalam berkarya. Sehingga banyak karya-karya hebat yang tercipta atas kejujuran sang kreatornya. Seperti yang diungkapkan Edho bahwa dirinya memiliki misi yang jelas dalam menekuni karirnya sebagai seorang YouTuber, dan tidak sedikit yang mengapresiasi karya-karya Edho.

Belajar Hal Baru Dari Sesama Kreator

Memilih berkarir di bidang nonkonvensional artinya harus siap dengan ritme kerja yang dinamis. Seperti halnya perkembangan teknologi, bidang ini menuntut para aktor di dalamnya untuk terus berinovasi dalam memproduksi karya-karya baru. Hal tersebut biasanya dimanfaatkan oleh sesama kreator untuk melakukan sebuah kolaborasi karya untuk menciptakan sebuah inovasi yang fresh.

Dengan semakin populernya bidang pekerjaan nonkonvensional ini tentunya menambah warna baru dalam dunia pekerjaan di Indonesia. Terlebih lagi, bidang ini nampaknya masih terbilang menjanjikan selama teknologi terus berkembang. Peluang ini tentunya harus dimanfaatkan, terutama oleh generasi millenial yang tumbuh bersama perkembangan teknologi. Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk menekuni karir di bidang nonkonvensional?




Penulis : Elvan Susilo

Editor : Puspa Aqirul Mala

Grafis : M. Rizal 


Tags : kerja seru, kerja bidang nonkonvensional, seru, sukses, terkenal, youtuber, semua jurusan, bukan kantoran
Kamu Produktif Apa Sibuk? Ketahui di Sini! Career Issue,
Kamis, 05/07/2018 17:04 WIB Kamu Produktif Apa Sibuk? Ketahui di Sini!
Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima? Career Issue,
Minggu, 10/06/2018 23:01 WIB Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima?
Karier Nonkonvensional Makin Menggiurkan dan Bikin Terkenal! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png