Career Issue, Selasa, 02/01/2018 16:53 WIB

Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018

Tahun baru, semangat harus baru! Tahun 2018 nanti, lowongan apa saja ya yang bakal jadi tren? Intip ramalannya di sini yuk!

Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018


Apakah kamu termasuk dalam bagian mereka yang juga suka melamar posisi management trainee atau MT? Bersiaplah untuk bersaing dengan semakin banyak jobseeker di 2018!




Berdasar data ECC UGM selama 2017, kami mendapatkan hasil bahwa 9 dari 10 posisi dengan pelamar kerja terbanyak merupakan posisi MT. Posisi ini biasanya diikuti dengan syarat yang khas, yakni bisa dilamar oleh semua jurusan. Tak heran jika pelamarnya pasti membludak. Misalnya saja program MT dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk. yang mencapai 9200 pelamar atau Management Trainee Star dari Danone Indonesia yang telah menembus lebih dari 7004 pelamar. Jumlah yang tidak main-main bukan?

Jika MT adalah profesi kerja paling laris manis di 2017, lalu posisi kerja apa yang akan gemilang di tahun 2018?

Staf Ahli ECC UGM, Sri Muliati Abdullah, S.Psi., M.Psi mengatakan secara umum ada dua jalur karir yang masih berpotensi bagi jobseeker di 2018. Jalur karir tersebut terdiri dari jalur konvensional dan non konvensional.

Jalur konvensional adalah jalur karir yang arahnya ditentukan oleh perusahaan. Jalur ini terdiri dari dua hal, yakni jalur karir dengan mengikuti arah kerja perusahaan (berkembang tidaknya karir tergantung pada perusahaan dan karyawan hanya mengikuti) dan jalur karir di mana karyawan memiliki kemampuan untuk berkembang karena perusahaan juga memfasilitasinya. Program MT masuk dalam kategori kedua.

Sedangkan jalur non-konvensional adalah jalur karir di mana diri jobseeker sendirilah yang menentukan arah karirnya. Profesi yang masuk dalam kategori ini di antaranya wiraswasta, profesional independen, kolaborasi mandiri, dan freelance.

Menurut Lia, sapaan akrabnya, pasar kerja 2018 akan didominasi oleh generasi milenial yang berkarakter fleksibel dan suka tantangan. Jalur konvensional masih akan ramai diserbu angkatan kerja ini, termasuk program MT tentu saja.

Jumlah pelamar kerja akan terus bertambah tiap tahunnya. Sayangnya, daya serap perusahaan masih rendah. Untuk mengatasinya, Lia menyarankan generasi kerja saat ini untuk mulai melirik jalur karir non konvensional. “Jika ingin survive di segala kondisi, pencari kerja harus menyiapkan diri untuk bisa berkarir di jalur konvensional maupun non konvensional. Jumlah yang melamar kerja di perusahaan masih banyak. Namun peluang untuk bekerja di non konvensional sebenarnya lebih besar,” terangnya.

Kemajuan teknologi juga semakin mendukung peluang bekerja di ranah non konvensional. Dengan teknologi, setiap peluang-peluang baru yang bernilai manfaat lebih mungkin terjadi. Untuk itulah Lia juga menyarankan adanya sebuah kolaborasi.

Kolaborasi yang dimaksud adalah kolaborasi antarprofesi untuk memunculkan peluang karir baru. Ia mencontohkan misalnya seorang dokter yang berkolaborasi dengan IT dan memunculkan layanan konsultasi kesehatan berbasis online. “Ini merupakan peluang karir tanpa batas, kita bisa bekerja untuk siapa saja dan di mana saja,” tandasnya.

Bagaimana jobseeker? Peluang karir non konvensional sejatinya bisa menjadi peluang tanpa batas untukmu berkarir. Kamu bisa menjadi bos untuk dirimu sendiri dengan memilih jalur karir ini. Kamu bisa mulai dari hal kecil bersama temanmu yang sekiranya memiliki keahlian sesuai dengan ide kolaborasimu.

6 Profesi Berbasis Digital di Taun 2018

Berbicara tentang kemajuan teknologi, kompas.com juga baru saja melansir enam profesi yang diramalkan akan menjadi profesi paling dicari di 2018. Keenam profesi ini berkaitan seluruhnya dengan perkembangan teknologi dan informasi yang setiap detiknya selalu menuntut perubahan dan strategi baru.

1. SEO Specialist

Keahlian ini masih terbilang langka. Kemampuannya sangat dibutuhkan untuk membuat strategi pemasaran dan promosi digital yang tepat sasaran di media sosial.

2. Digital Marketer

Jaman sekarang, produk apa sih yang tidak dipasarkan secara online? Profesi ini akan ramai diincar perusahaan. Tidak hanya SEO, digital marketer juga harus memiliki keahlian copy writing dan optimalisasi media sosial.

3. Creative Designer

Karena jaman sekarang ketertarikan orang pada video atau infografis lebih besar dibanding teks, profesi ini sudah jelas akan banyak diburu perusahaan.

4. Web Developer

Dialah yang akan menjadi garda terdepan untuk pemasaran produk agar tampil apik di kanal digital. Sudah pasti posisi ini akan memiliki tempat khusus di perusahaan.

5. Data Scientist

Dunia maya penuh dengan informasi yang berubah menjadi big data setiap harinya. Data-data ini sangat penting diolah untuk berubah menjadi strategi pemasaran produk yang tepat sasaran. Data scientist akan banyak berperan di sini.

6. Social Media Specialist

Posisi ini mulai ramai diburu perusahaan beberapa tahun belakangan. Kemampuannya sangat penting untuk memanfaatkan media sosial seefektif mungkin dalam memasarkan produk.

Bagaimana, apa salah satu profesi di atas termasuk kamu banget, tidak? Apapun pilihan karirmu di 2018, tidak ada yang lebih penting selain kamu bisa menemukan karir yang memang sesuai dengan kompetensi dan passionmu. Mulailah bersiap, guys!


*Bantu kami untuk menggali lebih dalam mengenai minat dan harapan kariermu dengan mengisi polling untuk para pejuang karier. Klik di sini untuk mengisi polling ini. Terimakasih 


Penulis : Rita Pamilia

Editor : Puspa A. Mala



Tags : terawang 2018, career 2018, karier 2018, tip sukses melamar kerja, ecc,
Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018 | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png